redesain-navbar Portlet

null

Blog

Penilaian SNMPTN Terbaru: Ketahui dan Cermati 5 Poin Penting Ini

Terdapat beberapa poin penting dalam penilaian SNMPTN.

Penilaiaan SNMPTN, photo by bongkarn thanyakij on pexels

Tahu tentang kriteria penilaian SNMPTN itu penting kalau Sobat Pintar ingin mengikuti jalur seleksi masuk PTN yang satu ini. Apalagi, ada proses panjang yang harus kita siapkan di SNMPTN. Artinya, semakin awal kita tahu cara seleksi SNMPTN, harapannya semakin baik pula strategi kita agar lolos dalam jalur seleksi ini.

Lantas, apa saja yang kita perlu tahu tentang sistem penilaian SNMPTN? Yuk, kepoin semua poin-poin penting di bawah ini agar Sobat tak lagi bertanya-tanya apa saja syarat lulus SNMPTN.

 

1. Nilai rapor itu penting, tapi bukan segalanya

Sobat Pintar tentu tahu kalau kriteria penilaian SNMPTN yang utama adalah nilai rapor. Bukan tanpa alasan bila juara kelas direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN. Nilai rapor memang menjadi kriteria SNMPTN yang penting, tapi bukan satu-satunya apalagi penentu lolos tidaknya seleksi.

 

2. Kualifikasi individu menjadi kriteria SNMPTN yang utama

Pada dasarnya semakin baik dan konsisten (stabil) nilai rapormu, semakin besar pula peluangmu untuk lolos SNMPTN. Yet again, rapor bukan satu-satunya kriteria penilaian SNMPTN.

Lagipula bukankah kualitas kita tak hanya terwakilkan oleh nilai rapor? Maka prestasi-prestasi kita di luar kelas, seperti lomba-lomba yang kita ikuti di tingkat daerah, nasional, hingga internasional, juga punya peran penting dalam sistem penilaian SNMPTN. Jangan diabaikan ya, Sobat!

 

3. Indeks sekolah tak kalah penting dengan nilai rapor

Disamping nilai rapor, indeks sekolah juga turut menjadi bagian dari kriteria penilaian SNMPTN. Jika nilai rapor mencerminkan prestasi akademik kita sebagai pelajar, indeks sekolah dapat diilustrasikan sebagai "rapornya sekolah."

Indeks sekolah mencakup berbagai kriteria, seperti jenis kelas (IPA, IPS, atau Bahasa), akreditasi sekolah (A,B, atau C), dan prestasi sekolah di lomba-lomba tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Jadi bukan hanya rapor kita yang penting, Sobat. Tapi siapa yang mengeluarkan rapor itu juga penting dalam kriteria penilaian SNMPTN.

 

4. Kriteria, cara penilaian, dan seleksi pada setiap PTN berbeda

Bagi PTN yang dituju, penilaian indeks sekolah juga mencakup jumlah siswa yang lolos dan nilai SNMPTN pada tahun sebelumnya, track record sekolah, hingga prestasi dan IPK alumni sekolah. Akan tetapi, kriteria dan cara penilaian SNMPTN pada satu PTN tak sama dengan kriteria dan cara penilaian SNMPTN pada PTN yang lain.

Sebagai contoh, kriteria penilaian SNMPTN yang pernah diterapkan oleh Universitas Gadjah Mada mencakup (1) nilai rapor, (2) prestasi non-akademik, (3) ranking sekolah, (4) prestasi alumni sekolah selama kuliah di UGM, (5) rasio pendaftar dan yang diterima pada tahun sebelumnya, (6) track record sekolah, dan (7) hasil UN (sebelum dihapus).

 

5. Hitung passing grade untuk prediksi lolos di SNMPTN

Yup! Ternyata bukan hanya SBMPTN saja yang ada passing grade-nya, Sobat. Dengan metode yang berbeda, kita bisa menghitung dan menghasilkan passing grade di SNMPTN. Fungsinya sama, yaitu sebagai perkiraan apakah nilai kita sudah melewati "nilai batas penentu kelulusan" atau belum.

Karena cara penilaian SNMPTN menggunakan nilai rapor, penentuan passing grade SNMPTN juga dari nilai rapor. Nah, bagaimana cara menghitung passing grade SNMPTN dari nilai raport?

Cara menghitung passing grade SNMPTN dari nilai raport adalah dengan membandingkan nilaimu dengan nilai alumnus sekolah yang telah lolos SNMPTN di PTN yang dituju. Misalnya, Sobat Pintar ingin mengikuti SNMPTN di Jurusan Kedokteran Gigi UGM.

Tanyakan ke wali kelas atau guru BK bagaimana agar Sobat dapat memperoleh informasi nilai alumnus tersebut. Kemudian, bandingkan nilaimu dengan nilai alumnus yang telah lolos SNMPTN di Kedokteran Gigi UGM.

Karena Kedokteran Gigi merupakan jurusan Saintek, hitung nilai rata-rata mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jika nilaimu sama atau lebih tinggi dari nilai alumnus tersebut, Sobat Pintar punya peluang untuk lolos SNMPTN!

Cara menghitung passing grade SNMPTN dari nilai raport ini mudah untuk dilakukan, bukan? Namun masih ada poin penting yang harus diperhatikan, yaitu cara seleksi SNMPTN mulai dari membuat akun LTMPT hingga finalisasi dan cetak kartu peserta.

Perhatikan betul setiap langkah dan tenggat waktunya, jangan sampai ada yang terlewat. Termasuk pula, persyaratan portofolio pada jurusan-jurusan tertentu. Dengan teliti mencermati persyaratan serta mengetahui kriteria dan sistem penilaian SNMPTN, semoga semakin besar peluangmu lolos di SNMPTN, Sobat!

210

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp