redesain-navbar Portlet

null

Blog

Teknik Komputer: Ilmu yang Dipelajari mulai SMK sampai Perguruan Tinggi

Teknik Komputer, sebagai jurusan di perguruan tinggi, merupakan ilmu yang dapat dipelajari di SMK.

Teknik Komputer, photo by Startup Stock Photos on pexels

Di antara sekian jurusan di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Komputer adalah salah satu yang cukup difavoritkan. Eitts. Hati-hati, Sobat. Pasalnya, jurusan ini punya nama yang mirip-mirip dengan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, maupun Teknik Informatika. Padahal – yes, you've got it! – semua itu beda!

Nah, mau tau lebih banyak tentang apa itu Teknik Komputer? Apa pula perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer? Let's find out, Sobat.

 

Apa Itu Teknik Komputer?

Sepintas kilas, Prodi Teknik Komputer dianggap sebagai jurusan perakitan laptop dan komputer. Meskipun tak sepenuhnya salah, anggapan ini pun tak sepenuhnya benar.

You see, Sobat Pintar. Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering) belajar tentang Teknik Elektro (Electrical Engineering) dan Ilmu Komputer (Computer Science). Banyakan mana nih, yang dipelajari? Fifty-fifty, atau ada proporsi yang lebih besar pada salah satunya?

Pendekatan keilmuan Prodi Teknik Komputer lebih mengarah pada ilmu terapan atau rekayasa (engineering) daripada sains atau ilmiah (science). Di sinilah letak utama perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer.

Karena lebih dekat dengan ilmu rekayasa, disebutnya sebagai jurusan teknik, Sobat. Maka, bekal ilmu yang dipelajari selama kuliah di Jurusan Teknik Komputer akan membuatmu menjadi seorang insinyur (engineer).

 

Apa yang Dipelajari di Prodi Teknik Komputer?

Selain Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, mahasiswa Jurusan Teknik Komputer juga belajar tentang network atau jaringan komputer. Tak hanya bahasa pemrograman, mahasiswa Jurusan Teknik Komputer juga banyak belajar tentang mesin, prosesor komputer, microcontroller, dan sejenisnya.

Singkatnya, mahasiswa dari Prodi Teknik Komputer bakalan jago dalam merancang "otak" komputer. Chip atau prosesor pada motherboard komputerlah yang memproses instruksi setiap aktivitas hardware – misalnya, saat kita menekan tombol keyboard atau klik mouse.

Jangan heran kalau skripsi mahasiswa jurusan ini biasanya tak jauh-jauh dari pembuatan aplikasi atau chip komputer. Implementasi sistem yang mengintegrasikan software dan hardware memang menjadi keahlian lulusan Jurusan Teknik Komputer.

But let's get more specific. Apa saja mata kuliah yang dipelajari di Prodi Teknik Komputer? Sebagian di antaranya berikut ini, Sobat.

- Algoritma dan Pemrograman

- Pemrograman Web

- Organisasi Komputer

- Rangkaian Listrik

- Rekayasa Perangkat Lunak

- Jaringan Komputer

- Keamanan Komputer

- Komputasi Bergerak

- Kriptografi

- Bahasa Pemrograman Rakitan

- Simulasi dan Pemodelan

- Sistem Embedded

- Sistem Mikroprosesor, dll.

 

Teknik Komputer, Teknik Informatika, atau Sistem Informasi?

Now, it's a little complicated when it comes to naming. Kita sudah tahu perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer. Tapi bagaimana dengan Teknik Informatika, Sistem Informasi, atau bahkan Jurusan Sistem Komputer? How are they different? Or... are they all the same?

Kita mulai dulu dari perbedaan Teknik Komputer, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Teknik Informatika lebih banyak membahas tentang pengolahan data dengan memanfaatkan proses logika teknologi komputer. Mata kuliah Teknik Informatika memang terkait dengan teknologi jaringan komputer dan pengembangan software, tapi lebih banyak terkait dengan pemrograman.

Teknik Informatika dikenal juga sebagai Ilmu Komputer. Akan tetapi, Teknik Informatika sepenuhnya berbeda dari Sistem Informasi. Kurikulum Sistem Informasi lebih mengarahkan mahasiswanya pada penggunaan Teknologi Informasi dalam bisnis.

Itulah perbedaan Teknik Komputer, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Lantas, apa pula Jurusan Sistem Komputer itu?

Sama seperti Teknik Informatika yang dikenal sebagai Ilmu Komputer, Jurusan Teknik Komputer juga dikenal sebagai Jurusan Sistem Komputer di sebagian kampus seperti Universitas Bina Nusantara ataupun Universitas Gunadarma. Sobat Pintar nggak bingung lagi tentang penamaan jurusan ini, kan?

 

Di Mana Belajar Teknik Komputer?

Sebagian kampus memang menyebutnya sebagai Jurusan Sistem Komputer. Tapi sebagian kampus lain, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Indonesia, menyebutnya Jurusan Teknik Komputer.

Keahlian Teknik Komputer sebenarnya juga dimiliki oleh Sobat Pintar yang belajar Teknik Komputer Jaringan di SMK. Teknik Komputer dan Jaringan sendiri berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi dengan kemampuan algoritma, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, pemrograman komputer, pengoperasian software, dan internet.

Belajar Teknik Komputer Jaringan juga memerlukan pemahaman tentang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer agar kita dapat mengembangkan dan mengintegrasikan software dan hardware. Namun tentunya, apa yang dipelajari di Teknik Komputer dan Jaringan tak sepenuhnya sama persis dengan yang dipelajari di perguruan tinggi.

 

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Komputer?

Prospek kerja Sistem Komputer atau Teknik Komputer mencakup bidang yang cukup luas. Saat ini, aplikasi pengetahuan tentang hardware dan software sudah merambah ke berbagai bidang. Profesi-profesi seperti technopreneur, konsultan IT, hingga perancang jaringan komputer siap menanti alumni jurusan ini. Apakah Sobat Pintar akan mendalami salah satu profesi di bidang Teknik Komputer ini?

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp