PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.disruptordaily.com

Tentang Jurusan Teknologi Pangan, Sudah Tepatkah yang Kamu Tahu?

Cari Tahu Jurusanmu

Kamu suka makan? Atau suka masak? Tak harus melulu ke Jurusan Tata Boga, kamu juga bisa melirik alternatif lain, yaitu Jurusan Teknologi Pangan atau Food Tech. Perlu kamu tahu, jurusan ini semakin tahun semakin banyak saja peminatnya. Berpangkal dari keyakinan akan terus meningkatnya kebutuhan makanan bagi kelangsungan hidup manusia, maka teknologi beserta pakar untuk menopang ketersediaan pangan dimasa depan juga diperlukan. Jadi, Jurusan Teknologi Pangan sebenarnya jauh lebih kompleks daripada sekedar masak-memasak.

 

Jurusan Sejati Anak IPA

Tanpa bermaksud mengecilkan jurusan lain, kamu memang akan memerlukan pengetahuan dibidang Fisika, Kimia, Biologi, dan teknik di Jurusan Teknologi Pangan. Bahkan, untuk mengetahui tentang kandungan dan pengolahan makanan, kamu akan banyak memerlukan pengetahuan Kimia dan Biologi. Kamu akan mempelajari sifat fisis, kimia, dan mikrobiologis bahan pangan serta pengolahannya. Kamu juga akan bertemu dengan matakuliah-matakuliah yang tak mudah, seperti Teknik Pangan, Kimia Pangan, Biokimia Pangan, Analisis Pangan, atau Evaluasi Gizi Pangan.

Jangan berpikir perkuliahan Teknologi Pangan akan membosankan karena kamu akan sering memasak saat praktikum atau fieldtrip ke pabrik-pabrik makanan besar. Memang, proses pengolahan makanan yang kamu pelajari di Teknologi Pangan tak sesederhana memasak dan menyiapkan makanan di meja. Sebaliknya, Teknologi Pangan terlibat dalam proses panjang pengolahan pangan yang mencakup sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, distribusi, hingga memastikan produk akhir tiba diujung rantai konsumsi dalam keadaan aman dengan nilai gizi yang baik. Sebagai contoh, bayangkan kamu membeli ratusan ton pisang dari kebun, mendatangkannya ke pabrik tanpa ada buah yang busuk, kemudian memproduksi keripik pisang hingga tiba ditangan konsumen dalam keadaan layak konsumsi sebagai makanan ringan yang bergizi.

Nah, kalau kamu emang tertarik, berikut ini universitas-universitas yang memiliki Jurusan Teknologi Pangan:

  • Universitas Brawijaya
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Prasetiya Mulya
  • Universitas Surya
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Sahid Jakarta

 

Prospek Kerja Teknologi Pangan

Industri produk makanan adalah bidang keahlianmu setelah selesai kuliah. Beberapa profesi dalam industri ini misalnya Analis Kontrol Kualitas, Manajer Kontrol Kualitas Sistem, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan, Manajer Pertanian dan Peternakan, Ahli Diet dan Nutrisi, Ahli Teknologi Rasa, Ahli Teknik Pertanian, atau Teknisi Ilmu Pangan. Saat ini, terdapat banyak jenis industri makanan, seperti makanan kaleng, makanan cepat saji, produk olahan susu, dan lain sebagainya.

  • Quality Control – Sebagai staf quality control pada perusahaan produsen pangan, tugasmu adalah memastikan proses pengolahan makanan di pabrik berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan mulai dari bahan baku, alat, hingga produk akhir yang dihasilkan. Tak jarang pengawasan mutu dilakukan hingga tahap pengepakan dan pengiriman produk.
  • Product Development – Kamu bisa mencapai posisi tertinggi dibagian pengembangan produk perusahaan produsen pangan sebagai Direktur Teknik atau Chief Technical Officer. Bekerja pada bagian Product Development, kamulah pemegang resep rahasia perusahaan karena kamulah yang paling tahu tentang inovasi produk-produk baru.
  • Pemerintahan – Kamu bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), Departemen Pertanian, LIPI, Balitbang, atau lembaga pemerintahan yang lain.
  • Entrepreneur – Saking seringnya kamu berkecimpung dengan teknik-teknik pengolahan makanan, semakin banyak pula ide-ide brilian muncuk dalam benakmu. Tak jarang sarjana Teknologi Pangan berwirausaha dan menjadi pengusaha pangan yang mandiri.

 

Pahit Manisnya Dunia Kerja Teknologi Pangan

Seorang sarjana Teknologi Pangan yang bekerja pada bagian Quality Control lebih sering terlibat dalam produksi. Berada dibalik layar, staf Quality Control tidak memiliki kesempatan jenjang karier yang menjanjikan sebagaimana halnya staf Finance, Marketing, atau Sales yang lebih sering bertemu langsung dengan para pucuk pimpinan perusahaan. Kesimpulannya, Quality Control adalah bidang yang sesuai bila kamu lebih suka bekerja dengan tenang.

Sebaliknya, jika pencapaian karier dan penghasilan yang lebih tinggi selalu menjadi fokus utamamu, Product Development adalah bidang yang lebih sesuai. Namun perlu diingat, bahkan menjadi staf Product Development saja bukan hal yang mudah. Perusahaan selalu berhati-hati dalam memilih orang yang tepat untuk posisi strategis ini. Bahkan untu satu jenis produk, biasanya diperlukan dua orang staf saja.

Selain itu, sarjana Teknologi Pangan bersaing cukup ketat dengan sarjana Teknik Kimia, Ilmu Gizi, bahkan Teknik Pertanian didunia kerja. Sebenarnya, kamu memiliki pengetahuan kimia dan gizi – yang hanya dimiliki salah satunya oleh sarjana Teknik Kimia atau Ilmu Gizi. Bermodalkan cakupan yang lebih luas ini, kamu bisa terus meningkatkan kemampuanmu pada bidang-bidang lain seperti marketing atau produksi. Semakin adaptif dan fleksibel, semakin banyak pula pintu yang akan terbuka untukmu.

Lagipula, tetap asyik juga belajar tentang Teknologi Pangan. Kamu akan tahu lebih banyak tentang proses makanan, hingga sikapmu takkan sama lagi tiap kali melihat makanan di supermarket atau tempat-tempat lain.

Lebih masukan Blog

Event, Jurusan Unik yang Masih Jarang Peminat

Tentunya kamu pernah nonton konser musik atau menghadiri resepsi pernikahan. Bila kamu...

Ilmu Perpustakaan, Jurusan yang Kaya Ilmu

Apakah kamu sempat mempertimbangkan kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan? Apakah kira-kira...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru