redesain-navbar Portlet

null

Blog

Webometrics: Peringkat 10 PTN dan PTS di Indonesia

Pemeringkatan Webometrics dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk memperkaya sudut pandang dalam memilih kampus kuliah.

PTN dan PTS di Indonesia, image via www.studiosity.com

Ngomongin soal peringkat universitas di Indonesia, ada berbagai versi nih, Sobat. Setiap versi pemeringkatan punya tolok ukur atau standarnya masing-masing. Kemenristekdikti, ketika masih mengelola pendidikan tinggi di Indonesia, sempat membuat ranking universitas di Indonesia.

Bagaimana dengan universitas-universitas di dunia? Apakah ada badan pemeringkatannya juga? Iya betul, Sobat Pintar. Salah satu pemeringkatan universitas dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah badan penelitian publik di Spanyol. Dikenal sebagai Webometrics Ranking of World Universities, pemeringkatan dilakukan berbasis web universitas.

 

Kenapa Pemeringkatan Dilakukan Berbasis Web?

universitas swasta terbaik

Photo by Burst on Pexels

Sekarang ini, apa sih yang tak kita cari secara online? We highly rely on the internet in so many ways, termasuk saat kita mencari rekomendasi kampus terbaik di Indonesia.

Di sisi lain, sistem pemeringkatan Webometrics membantu publikasi web universitas. Isn't it a win-win benefit, then?

Selain itu, Webometrics merupakan bentuk dukungan akses elektronik untuk publikasi materi akademik dan jurnal ilmiah. Jadi bukan hanya pihak kampus yang diuntungkan oleh keterbukaan pemeringkatan ini, tapi dosen dan mahasiswa juga mendapat dukungan untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas akademiknya.

 

Apa Saja Indikator Pemeringkatan Webometrics?

peringkat universitas di indonesia

Photo by Austin Distel on Unsplash

Sebagaimana jamaknya pemeringkatan, dibutuhkan kriteria tertentu sebagai standar acuan untuk menentukan siapa yang berada pada peringkat pertama, kedua, dan seterusnya. Begitu pula dengan sistem pemeringkatan Webometrics.

Saat ini ada tiga indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan Webometrics:

- Visibility, yaitu jumlah subnet yang memiliki link kepada laman web institusi, memiliki bobot 50%

- Transparansi, yaitu jumlah kutipan dari 210 peneliti terbaik, memiliki bobot 10%

- Excellence, yaitu jumlah naskah yang paling sering dikutip periode 2015 – 2019, memiliki bobot 40%.

Indikator-indikator di atas digunakan juga untuk Indonesia university ranking. Nah, kita kepoin yuk, apa saja kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics dari tahun 2020 hingga 2021.

 

Peringkat PTN dan PTS di Indonesia 2020 versi Webometrics

kampus terbaik di indonesia

Photo by Bru-nO on Pixabay

Sobat Pintar tahu dong ya, kalau Webometrics tidak memisahkan antara PTN dan PTS di Indonesia. Namun 10 kampus terbaik di Indonesia 2020 versi Webometrics terdiri dari PTN saja. Berikut 10 universitas negeri terbaik itu:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Gadjah Mada

3. Institut Teknologi Bandung

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

5. Universitas Sebelas Maret

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Airlangga

8. Universitas Sumatera Utara

9. Universitas Hasanuddin

10. Universitas Diponegoro

 

Peringkat PTN dan PTS di Indonesia 2021 versi Webometrics

ranking universitas di indonesia

Photo by Bru-nO on Pixabay

Ada yang menarik dengan ranking universitas di Indonesia pada tahun 2021, Sobat Pintar. Eitts, kita masing menggunakan Webometrics Indonesia university ranking, ya!

Pada Indonesia university ranking 2021, kita tak hanya mendapati universitas negeri terbaik tapi juga universitas swasta terbaik. Dan inilah PTS dan PTN terbaik 2021:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Gadjah Mada

3. IPB University

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

5. Universitas Brawijaya

6. Universitas Airlangga

7. Telkom University

8. Institut Teknologi Bandung

9. Universitas Bina Nusantara

10. Universitas Sebelas Maret

Dari peringkat universitas di Indonesia di atas, ada Universitas Bina Nusantara, sebuah universitas swasta, yang menjadi bagian dari 10 kampus terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics. Sementara itu, beberapa universitas negeri ada yang mengalami penurunan ranking. Dua peringkat pertama pada 2021 masih tetap sama, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Namun di peringkat ke-3 ada nama baru, IPB University, yang bahkan tak menjadi bagian dari 10 kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics pada tahun sebelumnya.

Sobat Pintar bisa membaca selengkapnya daftar peringkat PTN dan PTN Webometrics 2021 di sini. Once again, pemeringkatan dilakukan dengan berbagai kriteria atau indikator. Bukan berarti ranking universitas di Indonesia yang satu lebih baik dari yang lain. Bukan pula berarti suatu pemeringkatan menjadi satu-satunya acuan yang kita gunakan untuk memilih kampus kuliah.

As always, kita bisa menggunakan informasi peringkat PTN dan PTS sebagai tambahan sudut pandang. Karena semakin banyak dan baik informasi yang kita peroleh, harapannya semakin tepat dan baik pula keputusan yang dapat kita ambil – khususnya, dalam memutuskan tempat menuntut ilmu.

15
80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet