redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Media pembelajaran interaktif sangat menarik dan dapat meningkatkan students engagement keterlibatan siswa) dalam proses pembelajaran. Supaya proses penyampaian materi dalam proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan dapat menarik perhatian siswa, Guru Pintar harus melakukan berbagai macam persiapan dan mengasah kreativitas. Dalam mempersiapkan dan mengembangkan media pembelajaran, Guru...

00

Sobat Pintar, menentukan ide pokok, atau sering juga disebut dengan gagasan utama, merupakan topik yang paling sering muncul pada saat UTBK, terutama di soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman umum (PPU). Soal ini kerap kali disertai dengan teks bacaan yang terdiri atas beberapa paragraf. Nah, apakah Sobat Pintar sudah bisa menentukan ide pokok dari keseluruhan paragraf dalam bacaan?   ...

40

Banyak orang berpikir karir tertinggi seorang guru adalah menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah. Kini zaman telah berubah. Seorang guru saat ini pilihan karirnya tidak terbatas menjadi pejabat struktural saja.  Istilah karir protean guru semakin sering terdengar dengan banyaknya guru yang mampu mengembangkan diri menjadi kreatif dan produktif tanpa kehilangan jati diri sebagai...

00

Sebenarnya, kalau boleh jujur, kita cukup sering mendapatkan dorongan semangat untuk menggali potensi diri. Tapi kalau boleh jujur lagi, sebenarnya kita juga masih kebingungan bagaimana caranya mengidentifikasi potensi diri masing-masing. Iya nggak, sih? Jangankan mengenal potensi diri, lha wong kekurangan dan kelebihan diri sendiri saja kita masih belum sepenuhnya tahu. But it's okay, Sobat....

140

Melanjutkan kuliah, bahkan tak jarang harus berstatus sebagai mahasiswa rantau, menjadi keinginan banyak orang. Pergolakan batin terjadi ketika kita dihadapkan dengan pilihan kuliah di universitas yang satu daerah dengan kampung halaman atau pergi merantau untuk kuliah di universitas yang jauh dari tempat tinggal. Ketika ternyata diterima di universitas luar kota yang jaraknya ratusan...

40

Setiap siswa itu istimewa. Setiap siswa memiliki keunikannya masing-masing yang dapat digunakan untuk meningkatkan potensi dan kualitas dirinya. Sementara itu, lingkungan sosial memiliki peranan yang besar tehadap proses pengembangan diri dari setiap siswa. Orang tua dan Guru merupakan orang terdekat yang dapat membantu siswa membentuk konsep dirinya. Demikian pula dengan, Guru Pintar. Selain...

10

Kalian ingat nggak sih, masa-masa sekolah sebelum pandemi? Iya, masa-masa sebelum kita wajib pakai masker dan bawa hand sanitizer ke mana-mana seperti sekarang. Di masa itu, setiap hari kita mesti bangun pagi, cepetan mandi, sarapan juga buru-buru, cuma buat nunjukin muka semelas-melasnya biar pak satpam sekolah kasih kita semenit saja ngejar pintu gerbang sebelum ditutup. Setelah setahun...

50

Menjadi seorang guru tidak boleh lepas dari buku-buku. Mengapa? Karena seorang guru pada hakikatnya adalah seorang pembelajar. Membaca buku bisa dikatakan sebuah kewajiban bagi seorang guru. Dengan membaca buku, Guru Pintar tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, inspirasi baru, tetapi juga merefresh pengetahuan-pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. Seperti apa sih buku yang cocok...

10

Sebagai kota dengan populasi terbesar di Indonesia, tentu ada banyak universitas di Jakarta. Keberadaan tempat kuliah di Jakarta tak hanya memfasilitasi warganya, namun juga calon mahasiswa dari provinsi-provinsi lain se-Indonesia. Bukan rahasia lagi bahwa ada banyak pelajar yang bercita-cita kuliah di Jakarta. Sobat Pintar juga nggak, sih? Kalau cita-citamu adalah kuliah di Jakarta, wajib...

20

Tak mudah untuk menentukan satu saja universitas terbaik di Surabaya. Sobat Pintar tahu kenapa? Iya, ada banyak universitas di Surabaya. Beberapa kampus di Surabaya, seperti Unair atau ITS, memang sudah sangat populer, tetapi bukan berarti kampus Surabaya yang lain boleh diabaikan hanya karena kita belum tahu. Nah, berikut daftar kampus di Surabaya beserta akreditasi institusi terbarunya dari...

20

Pernah melihat siswa lesu, tidak bersemangat, sering membuat ulah di kelas, atau prestasi terus menerus mengalami penurunan? Bisa jadi ini adalah gejala-gejala siswa sedang merasa bosan saat belajar. Hal seperti ini jangan dibiarkan ya Guru Pintar! Kebosanan atau kejenuhan saat belajar dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar, lho. Di dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata bosan...

20

Jakarta punya banyak politeknik, tapi pilihan jurusan di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membuat kampus ini cukup menonjol. Di Politeknik Negeri Jakarta jurusan kuliah yang dapat dipilih oleh Sobat Pintar yang akan lulus sekolah tersedia pada Program D1, D3, dan D4. Apa saja jurusan-jurusan itu?   Jurusan dan Program Studi Politeknik Negeri Jakarta Photo by olia...

10

Power point media pembelajaran sudah umum digunakan dalam dunia pendidikan saat ini. Guru Pintar pasi sudah sangat familiar dengan power point ini. Microsoft Power Point adalah sebuah software yang dapat membantu Guru Pintar dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional, dan juga mudah. Media powerpoint dapat membantu Guru Pintar dalam menyampaikan materi pembelajaran mejadi lebih...

10

Setiap anak atau individu pasti memiliki  sifat yang mirip, bahkan sama dengan orang tuanya. Hal ini karena adanya sifat-sifat yang diwariskan dari orang tua kepada anak-anaknya. Pewarisan sifat dari orang tua kepada anaknya disebut dengan istilah hereditas.   Proses pewarisan sifat tidak terlepas dari peran dua macam peristiwa pembelahan sel, yaitu mitosis dan meiosis. Sel-sel...

40

Dulunya hanya ada jurusan-jurusan kependidikan di IKIP Malang, kini sebagai Universitas Negeri Malang jurusan yang tersedia tak terbatas untuk calon guru saja. Nah, apakah ini berarti jurusan incaranmu ada di Universitas Negeri Malang, Sobat Pintar? Yuk, ketahui apa saja jurusan kuliah di UM!   Tentang Universitas Negeri Malang Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash Universitas negeri di...

20

Mengajar kembali secara tatap muka setelah sekian lama melakukan pembelajaran jarak jauh memerlukan persiapan yang tidak sedikit. Kondisi pandemi yang belum juga berakhir membuat Guru Pintar harus melakukan persiapan ekstra sebelum mengajar. Dalam situasi seperti sekarang ini Guru Pintar tidak hanya dituntut untuk mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran dengan matang, tetapi juga persiapan...

00

Kampus di Indonesia itu enggak cuma di Pulau Jawa, loh. Pastinya, Sobat Pintar tak perlu dikasih tau lagi kalau perguruan tinggi di luar Pulau Jawa itu punya kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata. Sayangnya, kalau boleh jujur, kita suka lupa deh, kalau di luar Pulau Jawa masih ada universitas-universitas bagus, baik negeri maupun swasta. Photo by Richard Cabusao on Unsplash Nah,...

40

Menjadi guru adalah profesi yang mulia. Bahkan ketika Jepang luluh lantak karena bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada 1945, hal pertama yang ditanyakan oleh kaisar Jepang adalah berapa jumlah guru yang selamat. Guru menjadi penentu bangkit dan berkembangnya suatu bangsa. Tidak heran guru dikenal dengan sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Meskipun demikian, guru juga seorang...

10

"Apa? UTBK 2022? Ah, masih lama! Sekarang masih 2021. Ngapain heboh persiapan UTBK 2022 yang masih tahun depan? Santuy, cuy!" Hayo, siapa nih, yang suka jawab begini kalau diingetin tentang UTBK 2022? Emang, sih. Angka tahun 2022 itu kayaknya bikin UTBK masih terasa jauh. Padahal, Sobat Pintar ingat sekarang bulan apa? Nah, udah Oktober pekan terakhir, pula. Artinya, pekan depan kita akan...

110

Guru Pintar pasti ingin saat mengajar di sekolah, siswa aktif bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot. Ketika siswa aktif bertanya, kelas akan menjadi dinamis dan lebih hidup. Sebaliknya, jika siswa hanya duduk diam mendengarkan, kelas akan menjadi membosankan dan tidak bersemangat. Hal ini juga menyebabkab Guru Pintar kesulitan mengetahui tingkat pemahaman siswa akan materi yang...

10

CssBlog

metablog-web Portlet