APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels Pertumbuhan Ekonomi Hai sobat pintar, sebelum membahas teori-teori yang ada pada Pertumbuhan Ekonomi, baiknya kita sama-sama mengulas apa itu pengertian dari Pertumbuhan Ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat yang menyebabkan peningkatan jumlah produksi barang dan jasa di suatu negara...

00

Halo, Sobat Pintar! Kira-kira maksud dari gambar di atas itu apa yah?  Nah ini merupkan contoh dari gerak benda loh, yaitu kendaraan yang berjalan. Tapi, kamu sudah tau belum, gerak benda itu apa sih? Gerak adalah perpindahan atau pergeseran benda. Secara umum, benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi dari satu titik ke titik lain. Artinya, benda bergerak ketika posisinya...

00

What is Opinion? Halo, Sobat! Sebelum lajut ke materi pertama, Sobat Pintar perlu banget paham apa itu pendapat/opinion. Apa sih Sobat opinion itu? Menurut KBBI, opini adalah pendapat, pemikiran, atau pendirian. Sedangkan, menurut Cambridge Dictionary, “opinion is the ideas that a person or a group of people have about something or someone, which are based mainly on their feelings and beliefs,...

50

Geografi adalah jenis ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan manusia dan alam. Geografi sebagai suatu kajian ilmu juga memiliki apa yang disebut konsep geografi. Bagaimana penjelasan dan contoh konsep esensial geografi?  Menurut bahasa Inggris, geografi disebut Geography. Kata ini disampaikan Eratosthenes dalam bahasa Yunani "Geographia", pada tahun 276 - 194 M. Terbentuk dari kata...

30

Universitas yang ada di Malang itu banyak, Sobat Pintar. Sebagian tempat kuliah di Malang ini merupakan universitas negeri, sebagian lagi adalah universitas swasta. Kalau kamu berniat kuliah di kota ini, wajib banget tau nih, apa saja Universitas yang ada di Malang. Kalaupun kamu penginnya kuliah di kota lain, lihat dulu deh, satu demi satu universitas di Malang dan jurusannya di bawah ini....

20

Mengantuk adalah salah satu penyebab siswa kehilangan fokus saat belajar. Motivasi belajar yang sedang tinggi-tingginya, akan langsung sirna saat rasa kantuk melsiswa. Bagaimanakah cara menghilangkan ngantuk saat belajar? Untuk membantu siswa mengatasi rasa ngantuk saat belajar, hal penting yang harus Guru Pintar ketahui adalah penyebab ngantuk saat belajar. Dengan begitu, Guru Pintar dapat...

00

Tahu tentang kriteria penilaian SNMPTN itu penting kalau Sobat Pintar ingin mengikuti jalur seleksi masuk PTN yang satu ini. Apalagi, ada proses panjang yang harus kita siapkan di SNMPTN. Artinya, semakin awal kita tahu cara seleksi SNMPTN, harapannya semakin baik pula strategi kita agar lolos dalam jalur seleksi ini. Lantas, apa saja yang kita perlu tahu tentang sistem penilaian SNMPTN? Yuk,...

370

Kurikulum darurat merupakan kebijakan yang diambil pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meringankan kesulitan belajar selama pandemi. Kurikulum darurat ini dapat diterapkan untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA, dan juga SMK. Saat ini, kurikulum Prototipe atau disebut juga kurikulum merdeka belajar marak diperbincangkan di dunia pendidikan....

00

Sertifikat untuk SNMPTN dibutuhkan guna membuktikan prestasi kita. Sobat Pintar tentu sudah tahu bahwa hanya siswa dengan prestasi unggul yang dapat mengikuti SNMPTN. Tapi prestasi unggul itu membutuhkan pembuktian, kan? Nah, apa sajakah sertifikat yang bisa dilampirkan di snmptn? Apalagi selama kita school from home, mungkin kamu juga bertanya-tanya apakah sertifikat webinar berguna untuk...

180

Sobat, apakah kalian pernah bermain bola sodok atau yang biasa dikenal dengan biliard? Apakah kalian menyadari di awal permainan bola biliard, bola yang disusun membentuk sebuah pola?   Coba kalian perhatikan gambar susunan bola biliard! Dari gambar, terlihat bahwa bola tersusun dari 5 baris dengan membentuk pola segitiga, dimana baris pertama terdapat 1 bola, baris kedua terdapat 2 bola,...

00

Apa itu ambang batas SKD? Seleksi Kompetensi Dasar, atau lebih sering disingkat SKD, merupakan ujian tahap pertama yang harus dilewati bila kamu ingin masuk Sekolah Kedinasan seperti Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Politeknik Imigrasi, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, ataupun Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Nah, agar dapat...

10

Salah satu alasan mengajar adalah pekerjaan yang dinamis dan penuh tantangan adalah karena siswa yang diajar memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Sangat mustahil dalam satu kelas siswanya memiliki kepribadian yang sama. Hal ini tentu saja dapat berpengaruh kepada pendekatan yang harus digunakan guru saat mengajar. Yuk Guru Pintar, simak terus ya! Introvert Foto oleh George Dolgikh @...

00

Halo Sobat Pintar, mendengar kalimat “bangsa barat” pasti mengingatkan kita pada kisah sejarah kolonialisme. Baik yang dilakukan oleh Bangsa Belanda, Portugis ataupun Inggris, nyatanya tiap bangsa memiliki tujuan awal yang berbeda baik itu berdagang, penyebaran agama atau pun mendirikan daerah kekuasaan. Aku mau mengajak kamu untuk membahas tentang definisi kolonialisme dan imperialisme,...

10

Apa yang dimaksud dengan apresiasi?  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada tiga pengertian tang diberikan terhadap kata apresiasi, yaitu: 1. kesadaran terhadap nilai seni dan budaya; 2 penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu; 3 kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah; Kata Apresiasi apresiasi sendiri berasal dari bahasa Latin...

00

Pendaftaran SNMPTN 2022 sudah dimulai sejak 14 Februari yang lalu. Hayo siapa nih, Sobat Pintar yang belum mendaftar SNMPTN? Atau, jangan-jangan kamu malah kelewat registrasi akun LTMPT-nya? Aduh, semoga enggak sampai kejadian gitu ya, Sobat.   Registrasi Akun LTMPT Photo by Gaelle Marcel on Unsplash Khusus buat siswa, seluruh proses registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2022 seharusnya sudah...

30

Eyo sobat! Dalam Bahasa Inggris, sobat pastinya udah ngga asing lagi kan dengan Gerund and to infinitive. Yup, keduanya sering kali muncul dalam beberapa kalimat Bahasa inggris yang kita baca dalam dialogue/kalimat sederhana. Apa sobat pintar tau pengertian dari Gerund dan to infinitive? Pengertian dari Gerund sendiri adalah kata kerja (verb) yang berfungsi sebagai kata benda (noun). Gerund...

20

Pemberian tugas adalah bagian dari proses pembelajaran yang tidak dapat ditinggalkan. Mengapa? Karena tugas yang diberikan oleh Guru Pintar merupakan alat untuk mengukur apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai. Supaya tugas dapat menjalankan fungsinya dengan baik, Guru Pintar tidak sembarangan dalam merancang tugas yang akan diberikan kepada siswa.  Ada langkah-langkah yang harus Guru...

00

Jalur masuk kuliah selain SNMPTN dan SBMPTN itu apa saja, sih? Kamu tentu sudah sangat familier dengan SNMPTN dan SBMPTN sebagai jalur jalur masuk PTN pada program Sarjana. SNMPTN dan SBMPTN 2022 tidak menyeleksi calon mahasiswa Program Sarjana saja, tetapi juga Program D4 atau Sarjana Terapan. Asal kamu tahu, Sobat Pintar. Program D4 sebenarnya merupakan bagian dari Program Vokasi. Untuk...

30

Untuk kuliah guru, apakah kamu harus kuliah khusus di universitas untuk jadi guru? Asal Sobat Pintar tahu, kampus pendidikan terbaik di Indonesia adalah IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) hingga akhir tahun 1900-an. Pada tahun 2000, hampir seluruh IKIP sudah berubah menjadi universitas. Dengan status sebagai universitas, artinya kampus tak lagi menyelenggarakan perkuliahan yang...

80

Geodesi adalah lintasan terpendek antara dua titik pada satu permukaan, begitulah salah satu definisi menurut KBBI. Kalau ngomongin dua titik, kita dapat dengan mudah mengasosiasikannya dengan delivery makanan. Iya ngga, sih? Enggak, Sobat Pintar. Definisi geodesi di atas ditinjau dari ilmu matematika. Tetapi kalau kita ngomongin tentang Jurusan Geodesi, definisi atau pengertiannya udah beda...

20

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog