PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Ketahui Ini sebelum Kuliah Manajemen, photo via www.liberty.edu

Ketahui Ini sebelum Kuliah Manajemen

Meskipun termasuk jurusan favorit, perhatikan perkuliahan dan kualifikasimu sebelum memilih Manajemen.

Dalam dua tahun terakhir ini, Manajemen menjadi salah satu jurusan favorit SBMPTN dirumpun Soshum. Sobat yang sedang duduk dikelas IPS juga tertarik untuk kuliah dijurusan ini? Let's look at it closer!

 

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen?

Manajemen sendiri secara umum dipahami sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam rangka mencapai suatu tujuan. Pada intinya, manajemen merupakan cara atau metode yang digunakan untuk mengelola suatu organisasi – dibidang Ekonomi, khususnya berupa perusahaan.

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen?

Kecakapan pengelolaan atau manajerial tersebut nantinya secara lebih spesifik diarahkan pada bidang pemasaran, bisnis, produksi, dan lain-lain. Spesifikasi atau konsentrasi Manajemen tersebut ditujukan agar alumni jurusan ini memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya.

Namun terlepas dari konsentrasi yang dipelajarinya, Jurnal Manajemen menyebutkan bahwa mahasiswa Manajemen belajar tentang:

1. metode penyusunan rencana, pengorganisasian, penyusunan struktur organisasi, leadership, hingga controlling;

2. tugas dan tanggung jawab manajemen fungsional, mencakup manajemen operasional, keuangan, SDM, dan pemasaran, yang terkait dengan kewirausahaan;

3. pemecahan masalah pada proses operasional dan manajerial, penyusunan alternatif keputusan, dan penyusunan perencanaan dengan teknologi informasi;

4. perencanaan bisnis;

5. pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data dari penelitian;

6. teori, konsep, metode, dan alat analisis keahlian manajerial diberbagai cabang konsentrasi manajemen.

 

Apa Saja Konsentrasi Manajemen?

Disebutkan diatas bahwa kecakapan manajerial yang dipelajari kemudian akan diarahkan pada bidang yang lebih spesifik. Sehingga, karena begitu luasnya Ilmu Manajemen, diakhir masa-masa kuliah nanti Sobat dapat memilih salah satu konsentrasi berikut ini:

1. Manajemen Pemasaran, tentang peluang pasar dan teknik pemasaran usaha dengan mempertimbangkan product, price, place, dan promotion.

2. Manajemen Keuangan, tentang pengelolaan finansial perusahaan dan penilaian akan kesehatan keuangan perusahaan.

3. Manajemen SDM, tentang tingkah laku pekerja dan teknik pengelolaannya demi peningkatan produktivitas dan kinerja.

4. Manajemen Operasional, tentang kualitas produk termasuk pula pengiriman, pembuatan, hingga pengiriman produk.

5. Manajemen Bisnis/ Kewirausahaan, tentang cara merintis usaha atau bisnis.

6. Manajemen Perbankan, tentang seluk-beluk bisnis perbankan.

 

Apa yang Dibutuhkan dari Mahasiswa Manajemen?

Knowing all about Management, are you ready for it? Mahasiswa Manajemen haruslah memiliki pemikiran yang kritis dan analitis. Data yang valid merupakan pijakan penting dalam setiap sikap yang diambilnya. Do you have it all?

Bila memiliki minat khusus pada Manajemen Keuangan, hendaknya Sobat menguasai perhitungan dasar Matematika dengan baik. Pasalnya, konsentrasi Manajemen yang satu ini adalah yang paling banyak melibatkan hitung-hitungan.

Masih belum yakin dengan kecocokanmu pada jurusan ini, Sobat? Agar lebih mantap dengan pilihan kuliahmu, gunakan Minat Pintar untuk mengetahui potensi terbaikmu.

 

Di Mana Kuliah Manajemen?

If you have what it takes to be a Management Student, the next question is where you should study. Hampir setiap universitas di Indonesia memiliki Jurusan Manajemen, tapi tak semua universitas memiliki Jurusan Manajemen dengan akreditasi A.

Sebagian dari perguruan tinggi dengan Manajemen terakreditasi A yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan lain-lain. Bagaimana dengan PTS?

Telkom Univeristy, Binus University, Universitas Prasetya Mulya, dan Universitas Esa Unggul bisa menjadi alternatif karena kualitasnya yang tak kalah dengan PTN. Nah, semakin mantap kuliah Manajemen, Sobat?

Lebih masukan Blog

8 Prospek Profesi Alumni Manajemen

Kalau kuliah Arsitektur menjadi Arsitek, kuliah Kedokteran menjadi Dokter, apakah kuliah...

Hubungan Internasional di 5 PTS Ini Terakreditasi A

Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan kuliah yang menarik karena begitu banyaknya...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru