redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Entri dengan tag jurusan kuliah .

Percaya atau tidak, ternyata kini kuliah di di luar negeri justru lebih murah dibandingkan dengan kuliah di negara sendiri. Predikat lulusan universitas luar negeri akan lebih memudahkanmu untuk mencari pekerjaan, tak hanya di negara sendiri tetapi juga di mancanegara. Tidak bisa dipungkiri bahwa CV lulusan luar negeri lebih menarik untuk dilirik oleh HRD di perusahaan. Inilah mengapa banyak...

170

Sobat Pintar sudah tahu tentang Sistem Informasi? Bukan, bukan tentang Jurusan Sistem Informasi. Akan tetapi, Kepoin Profesi dan Jurusan pada 15 Juli 2021 ngebahas tentang Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO). Nah, apa bedanya SIIO dengan Sistem Informasi? Makanya, Kak Pebri ngobrolin tentang kuliah dan prospek kerja SIIO pada IG Live @akupintar.id yang terbaru. Tak tanggung-tanggung, Kak...

20

Yang namanya jurusan favorit itu bagai makan buah simalakama. Bagaimana tidak, Sobat. Mau diambil, saingannya banyak. Enggak diambil, jujur deh, dia itu menggoda banget! Siapa sih anak IPA yang sama sekali nggak ngelirik Teknik Informatika, misalnya? Dan jangan ngaku anak IPS yang gaul deh, kalau nggak kenal sama sekali dengan Bisnis Digital. Then again, persaingan masuk jurusan favorit itu...

140

Pada pada 20-29 Maret 2021 yang lalu, Aku Pintar bersama Katadata Insight Center melakukan Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan. Survei tersebut dilakukan di 32 propinsi di Indonesia pada 1153 siswa usia 15 sampai 18 tahun dari sekolah negeri (68,4%) dan swasta (31,6%), terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan. Ada beberapa poin menarik dari hasil survei tersebut,...

60

Kreativitas adalah salah satu skill yang kita butuhkan untuk melewati masa pandemi seperti sekarang. Kreatif dalam hal apa? Banyak banget, apalagi Sobat Pintar yang memiliki minat pada bidang kreatif.   Kuliah di Masa Pandemi Photo by Neven Krcmarek on Unsplash Seperti diungkapkan oleh National AMP Manager of LaSalle College Indonesia, Alvira, LaSalle College Jakarta mengenalkan...

10

Hello, Sobat Pintar! Siapa nih, yang menunggu-nunggu seri Kepoin Profesi dan Jurusan dari Aku Pintar? Nah, pada Rabu 14 April 2021 Kepoin Profesi dan Jurusan Live lagi di @akupintar.id. Profesi dan jurusan kuliah apa lagi nih, yang dibahas sama Kak Pebri? Kak Pebri ngebahas salah satu jurusan favoritnya anak IPA dan IPS, nih. Sobat Pintar bisa tebak? Yup! Akuntansi – dan salah satu profesi di...

10

Pada Battle Pintar sebelumnya, Bapak Raymond Godwin, S.Psi., M.Si. (Kaprodi Psikologi Binus) berujar, "Satu kesalahan yang sering terjadi dalam memilih kuliah adalah langsung membayangkan kerjanya apa. Apalagi masa sekarang, Revolusi Industri 4.0, teknologi berkembang banyak, kita gak pernah ngira lima tahun lalu ada profesi YouTuber. Untuk mahasiswa yang sebentar lagi masuk kuliah, empat tahun...

60

Apa sih, alasanmu memilih jurusan kuliah yang sepi peminat? Memperbesar peluang lolos seleksi masuk mungkin menjadi salah satu alasan. Sementara bagi Sobat Pintar yang lain, jurusan kuliah yang diinginkan memang kebetulan terhitung sepi peminat. Tapi apa saja sih, jurusan yang terhitung sepi peminat itu? Let's take a look down below, Sobat.   1. Kearsipan Jurusan Kearsipan di Indonesia...

80

Apa sih, ciri khasnya orang dengan tipe kepribadian introvert? Jika mendapat pertanyaan seperti ini, kita cenderung menjawab kalau introvert itu pendiam. However, you know, it's not always the case. Orang-orang introvert biasanya adalah pendengar yang baik, makanya mereka lebih banyak diam. Energi mereka lebih banyak tercurah untuk mengerjakan berbagai hal dengan teliti ketimbang sibuk ngobrol...

130

Pemilihan jurusan seringkali menjadi dilema di masa-masa pergantian tahun ajaran baru bagi kita, Sobat Pintar. Tak jarang proses pemilihan jurusan-jurusan tersebut  disertai dengan adu pendapat antara kita dengan orang tua. Tentu saja hal ini didasari oleh rasa sayang orang tua yang menginginkan yang terbaik untuk masa depan kita. Pada dasarnya pemilihan jurusan adalah bagian dari...

70

Salah satu faktor penentu untuk kita memilih jurusan kuliah adalah bakat dan minat. Tapi ada pula faktor lain yang cukup penting, Sobat. Did you know it? Iya, prospek masa depan yang mungkin bisa kita raih berkat ilmu yang sudah dipelajari. Such approach may be a more realistic one. Bahkan kalau masih bingung dengan bakat dan minat, kemampuan diri dapat mengarahkan kita pada pilihan jurusan...

210

Seberapa penting bagi Sobat untuk mengetahui perkembangan keadaan saat ini? Jikalau tak terkait dengan pemilihan jurusan kuliah, memahami perkembangan situasi terbaru dapat menambah wawasan kita. Lantas, sudahkah Sobat menyadari bahwa sektor-sektor industri berikut ini sedang dan akan terus berkembang di negara kita hingga beberapa tahun kedepan?   1. Manufaktur Inti dari kegiatan...

210

Jurusan-jurusan Saintek, seperti Pendidikan Dokter ataupun Farmasi, terkenal momok yang tak mudah ditakhlukkan saat SBMPTN. Lantas, apakah jurusan-jurusan Soshum memberi jaminan peluang lolos SBMPTN yang lebih besar? Tunggu dulu, Sobat. Jurusan-jurusan Soshum berikut ini terkenal sulit ditembus pada SBMPTN.   1. Ilmu Hubungan Internasional UI Alumni HI UI banyak yang berkarier sebagai...

230

Jurusan ini hanya untuk perempuan. Calon mahasiswanya pun dapat memilih jenjang diploma, sarjana terapan, maupun sarjana. Sobat Pintar sudah dapat menebaknya, bukan? Iya, kita sedang membahas tentang Jurusan Kebidanan.   Hanya untuk Kaum Hawa, Jurusan Ini Mendidik Calon Bidan Mengacu pada Permenkes tahun 2017, profesi Bidan adalah perempuan yang telah lulus dari pendidikan bidan....

100

Warga mayoritas fakultas ini adalah laki-laki. Kebanyakan tampang mahasiswanya memang terhitung lusuh, tapi mereka bertransformasi menjadi orang-orang sukses setelah bekerja. Bisa menebak, kita sedang membahas fakultas apa, Sobat? Iya, inilah Fakultas Teknik, dan empat jurusan ini menjadi bagian didalamnya. What are they?   1. Teknik Mesin Dikenal juga sebagai Teknik Mekanik atau...

190

Adakah diantara Sobat Pintar yang sudah berniat ingin menjadi mahasiswa teknik? Tahukah Sobat bahwa tak semua jurusan teknik sepenuhnya berada dalam rumpun IPA atau saintek? Ya, ada juga lho, jurusan teknik yang masih bersinggungan dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Apa itu? Yes, you're right, Teknik Industri.   1. Dikenal Juga sebagai Jurusan Teknik Interdisipliner Sudah...

110

Adakah Sobat Pintar yang bercita-cita menjadi guru? Lebih dari sekedar mengajar suatu matapelajaran, guru memiliki peran penting dalam mendidik generasi muda. Oleh sebab itu, pendidikan guru memiliki cakupan yang lebih luas daripada mengajarkan tentang bagaimana cara mengajar. Nah, bila Sobat Pintar menggenggam cita-cita mulia untuk menjadi sosok yang dapat digugu dan ditiru oleh generasi...

180

Kalau Sobat Pintar ingin memperdalam tentang Sastra Inggris diperguruan tinggi, apakah harus kuliah di Inggris? Bagaimana dengan Bahasa dan Sastra Jepang atau Korea, apa harus ke negara asalnya juga? No, you don't have to. Di Indonesia sudah ada jurusan-jurusan tersebut. Tapi beberapa jurusan berikut ini hanya ada diperguruan tinggi di Indonesia. Kenapa bisa begitu? Salah satu sebabnya karena...

210

Sobat Pintar suka hitungan? Semua matapelajaran berhitung terasa menyenangkan dan menantang untukmu? If you do, it means that one of these studies may suit you. Pasalnya, ada banyak hitung-hitungan dalam matakuliah-matakuliah kelima jurusan berikut ini.   1. Ilmu Ekonomi Lebih fokus pada Ekonomi makro, jurusan ini banyak membahas tentang permasalah ekonomi secara menyeluruh dengan...

310

Being a student for 12 years makes you know everything about school system in and out. Tapi bagaimana dengan perguruan tinggi? Ternyata, dengan menjadi mahasiswa suatu perguruan tinggi, tidak serta merta Sobat Pintar terikat untuk menuntut ilmu hanya pada satu jurusan atau program studi dikampus tersebut. Kerjasama yang terjalin antar perguruan tinggi dapat memberimu peluang...

230

CssBlog

metablog-web Portlet