APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih, ada Peta Belajar Bersama ekonomi di bab kedua tentang Konsep Persamaan Dasar Akuntansi.


Yuk, mulai belajar bersama kita!
 

Dokumen Bukti Transaksi

DOKUMEN BUKTI TRANSAKSI
Pencatatan tersebut sebaiknya didasarkan pada dokumen sumber atau bukti transaksi keuangan yang disebut sumber pencatatan. Bukti transaksi dapat dibedakan sesuai dengan kejadiannya, transaksi yang terjadi di perusahaan terdiri dari transaksi internal, dan transaksi yang terjadi dengan pihak di luar perusahaan adalah transaksi eksternal.

MACAM-MACAM DOKUMEN TRANSAKSI

  1. Bukti pencatatan intern atau transaksi internal adalah bukti pencatatan yang dibuat perusahaan untuk kepentingan perusahaan sendiri dan tidak berhubungan dengan pihak luar perusahaan , dan biasanya berbentuk memo.
  2. Bukti pencatatan ekstern atau transaksi eksternal adalah bukti pencatatan yang terjadi antara perusahaan dengan pihak di luar perusahaan.
  • Kwitansi adalah tanda bukti pembayaran yang dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang. 
  • Nota atau nota kontan adalah bukti penjualan atau pembelian tunai.
  • Cek (Cheque) adalah perintah yang diterima dari pihak lain sebagai alat untuk melakukan pembayaran melalui bank.
  • Faktur adalah bukti transaksi untuk pembelian dan penjualan kredit yang dibuat pihak penjual kepada pihak pembeli. Pembeli akan menerima faktur asli sebagai bukti pencatatannya, sedangkan penjual akan menerima faktur tembusan sebagai bukti pencatatannya.

  • Nota debit adalah nota yang yang berisikan dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan tentang pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (rusak).

  • Nota kredit adalah bukti transaksi penerimaan barang yang telah dijual atau pengambilan barang. Nota kredit yang dikeluarkan oleh penjual ini berfungsi sebagai alat persetujuan dari penjual atas permohonan pengurangan harga yang diminta oleh pembeli karena barang yang diterima mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan apa yang dipesan oleh pembeli.


 

Akun/Rekening

Source: www.freepik.com

Nah, sobat, pelajari yuk mengenai akun/rekening di bawah ini.

PENGERTIAN AKUN
Nah sobat, sebenarnya akun/rekening itu apa sih?
Akun atau rekening adalah suatu alat yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban. Akun atau rekening memberikan informasi tentang operasional perusahaan setiap hari, sehingga dapat diketahui besarnya perubahan aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban. Jumlah akun yang perlu diadakan dalam pembukuan suatu perusahaan tergantung pada kebutuhan , kumpulan akun yang digunakan suatu perusahaan disebut buku besar atau ledger. 

KLASIFIKASI AKUN/REKENING
Ini nih, macam-macam akun yang perlu sobat tahu.
Tahukah sobat, akun atau rekening itu dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu akun riil (posisi keuangan) dan akun nominal (laba-rugi).

Akun Riil ( Posisi Keuangan) adalah akun yang pada akhir periode dilaporkan dalam laporan posisi keuangan. Akun ini meliputi akun aset, liabilitas, dan ekuitas (modal).

  • Rekening Aset (Harta). Harta perusahaan yang terdapat dalam akun meliputi aset lancar atau harta lancar, investasi jangka panjang, aset tetap atau harta tetap, dan aktiva/harta tidak berwujud.
  1. Aset Lancar ( Current Asset), yaitu aset yang mudah dicairkan dan habis dipakai dalam satu periode akuntansi. dan lain-lain Contoh : kas, piutang usaha,piutang wesel, surat berharga, perlengkapan, asuransi dibayar dimuka, sewa dibayar dimuka, 
  2. Investasi jangka panjang (Long Terms Investment), adalah investasi yang dilakukan perusahaan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Contoh : investasi saham dan investasi obligasi
  3. Aset tetap (fixed asset), adalah aset berwujud yang digunakan untuk operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat satu tahun atau lebih. Contoh : Tanah atau hak atas tanah, bangunan, mesin, peralatan , kendaraan. 
  4. Aset tidak berwujud (intangible asset) adalah aset yang berupa hak-hak istimewa yang dapat menguntungkan perusahaan. Contoh : Goodwill, hak paten, hak cipta, dsb.
  • Rekening Liabilitas (utang) dikelompokan menjadi utang lancar dan hutang jangka panjang.
  1. Liabilitas lancar (current liability) adalah liabilitas yang harus dilunasi dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun. Contoh : utang usaha, utang wesel, utang gaji, pendapatan diterima di muka, beban yang terutang.
  2. Liabilitas jangka panjang (long term liability) adalah liabilitas kepada pihak lain atau kreditur yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun. Contoh : utang obligasi, utang hipotik, utang bank.
  • Rekening Ekuitas (modal) adalah bagian hak pemilik terhadap kekayaan perusahaan, yaitu selisih antara aset dikurangi dengan liabilitas. Contoh: ekuitas rumah, ekuitas pemilik, dan ekuitas pemegang saham.

Akun Nominal (Laba-Rugi) Adalah akun yang pada akhir periode dilaporkan dalam laporan laba-rugi. Meliputi akun : 

  • Pendapatan atau penghasilan adalah hasil bruto yang diterima perusahaan dalam melakukan operasionalnya.
  1. Pendapatan usaha : pendapatan jasa, penjualan barang dagangan.
  2. Pendapatan di luar usaha : pendapatan bunga, pendapatan dari laba penjualan aset tetap. 
  • Beban adalah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dan yang harus diakui selama usaha untuk memperoleh pendapatan.
  1. Beban usaha : beban gaji, beban sewa, beban listrik, dll.
  2. Beban di luar usaha : beban bunga, rugi penjualan aset, dsb.

Latihan 1

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Manakah akun-akun dibawah ini yang termasuk akun-akun nominal?
 

A. Pendapatan, beban, ikhtisar laba-rugi

B. Pendapatan, beban dibayar dimuka, dan ikhtisar laba-rugi

C. Pendapatan diterima dimuka, beban, dan ikhtisar laba-rugi

D. Pendapatan diterima dimuka, modal, dan ikhtisar laba-rugi

E. Modal, beban, prive, dan ikhtisar laba-rugi

Latihan 2

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi ….
 

A. Nota kontan

B. Faktur

C. Nota debet

D. Nota kredit

E. Kwitansi

Latihan 3

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Perhatikan akun dibawah ini!

  1. Kas
  2. Utang
  3. Piutang
  4. Saham
  5. Perlengkapan
  6. Ekuitas 

Yang termasuk dalam akun aset (harta) lancar adalah :
 

A. 1,2,3

B. 1,3,5

C. 2,3,4

D. 2,3,5

E. 3,4,6

Latihan 4

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Hasil bruto yang diterima perusahaan dalam melakukan operasionalnya disebut....
 

A. Piutang

B. Ekuitas

C. Kas

D. Liabilitas

E. Pendapatan

Latihan 5

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Dibawah ini yang termasuk transaksi eksternal adalah ....
 

A. Penggunaan perlengkapan

B. Penggunaan peralatan

C. Pembelian peralatan

D. Pemanfaatan gedung

E. Pemakaian harta oleh pemilik

Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

PENGERTIAN KONSEP PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Sobat, sebelum mengetahui rumus persamaan dasar akuntansinya, yuk, coba pahami definisi dari PDA dulu!
Persamaan dasar akuntansi diperlukan untuk mengenalkan pemikiran akuntansi dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan. Setiap transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan dicatat dengan menggunakan sistem berpasangan dan prinsip keseimbangan antara aktiva dengan pasiva artinya jumlah kekayaan harus sesuai dengan hak atas kekayaan perusahaan tersebut.

Nah, sekarang coba nih pahami dan hapalkan rumusnya,ya, sobat.

Pasiva dibagi menjadi dua, yaitu hak dari para kreditur (liabilitas) dan hak dari pemilik perusahaan (ekuitas), artinya aset bisa berasal dari pemilik perusahaan yang disebut ekuitas atau modal dan bisa juga berupa pinjaman (dari luar perusahaan) yang disebut utang atau liabilitas.

Pencatatan Transaksi Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

PENGARUH PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Sekarang, kita belajar bersama-sama tentang bagaimana pencatatan dalam PDA.

Sobat pintar tau gak sih? Suatu transaksi keuangan sangat berpengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi. Beberapa kemungkinan analisis transaksi tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Suatu transaksi dapat mempengaruhi harta saja, harta dan utang, harta dan modal, utang dan modal, serta besarnya harta,utang,dan modal.
  2. Penambahan atau pengurangan aktiva akan selalu timbul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap pasiva (utang dan modal).
  3. Pendapatan akan selalu menambah modal, sedangkan beban akan selalu mengurangi modal.

Sedangkan, hal-hal yang dapat mempengaruhi besarnya ekuitas suatu perusahaan dalam pencatatan persamaan akuntansi, antara lain :

  1. Adanya laba atau rugi perusahaan
  2. Adanya pendapatan yang diterima perusahaan 
  3. Adanya beban yang dikeluarkan perusahaan
  4. Adanya pengambilan untuk keperluan pribadi (Prive) 
  5. Adanya investasi tambahan dari pemilik atau dari sumbangan (donasi)

Coba simak tabel di bawah ini sobat!

ANALISIS PENCATATAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Ini sobat, untuk lebih jelasnya, simak yuk, contoh analisis pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan dasar akuntansi dibawah ini!
    Pada tanggal 1 Agustus 2020 Tuan Dimas mendirikan sebuah usaha yang bergerak dibidang servis sepeda motor dengan nama Servis Sepeda Motor DND. Berikut ini transaksi selama bulan Agustus 2020 : 

  1. Diinvestasikan sebagai modal pertama berupa uang tunai sebesar Rp10.000.000,00 dan Peralatan kantor sebesar Rp500.000,00. Analisis : Harta (kas) bertambah Rp10.000.000,00, harta (peralatan) bertambah Rp500.000,00, dan modal bertambah Rp10.500.000,00.
  2. Dibayar sewa atas ruangan usaha bengkel sebesar Rp60.000,00 untuk 1 bulan. Analisis : Harta (kas) berkurang Rp60.000,00 dan modal berkurang Rp60.000,00.
  3. Dibeli secara kredit perlengkapan bengkel dari Toko Motor Jaya seharga Rp400.000,00dan peralatan bengkel seharga Rp1.000.000,00. Analisis : Harta (perlengkapan) bertambah Rp400.000,00, harta (peralatan) bertambah Rp1.000.000,00 dan utang bertambah Rp1.400.000,00.
  4. Diterima pendapatan atas jasa yang telah diberikan selama 1 minggu sebesar Rp 1.600.000,00. Analisis: Harta (kas) bertambah Rp1.600.000,00 dan modal bertambah Rp1.600.000,00.
  5. Dibayar listrik dan air untuk bulan Agustus 2020 sebesar Rp200.000,00. Analisis: Harta (kas) berkurang Rp200.000,00 dan modal berkurang Rp200.000,00.
  6. Telah diselesaikan jasa servis kepada langganan dengan biaya yang diperhitungkan sebesar Rp750.000,00. Jumlah tersebut difakturkan untuk ditagih. Analisis: Harta (piutang usaha) bertambah Rp750.000,00 dan modal bertambah Rp750.000,00.
  7. Dibayar sebagian utang atas pembelian perlengkapan sebesar Rp250.000,00. Analisis: Harta (kas) berkurang Rp250.000,00 dan utang berkurang Rp250.000,00.
  8. Diterima sebagian pelunasan piutang atas transaksi huruf sebesar Rp500.000,00. Analisis: Harta (kas) bertambah Rp500.000,00 dan harta (piutang usaha) berkurang Rp500.000,00.
  9. Tuan Dimas mengambil uang tunai untuk digunakan secara pribadi sebesar Rp100.000,00. Analisis: Harta (kas) berkurang Rp100.000,00 dan modal berkurang Rp100.000,00.
  10. Dibayar gaji pembantu bengkel untuk bulan Agustus 2020 sebesar Rp300.000,00 dan dibayar rekening telepon sebesar Rp75.000,00. Analisis: Harta (kas) berkurang Rp375.000,00, modal juga berkurang Rp300.000,00 dan Rp75.000,00.
  11. Pada akhir bulan Agustus 2020 perlengkapan yang masih ada sebesar Rp250.000,00 dan peralatan bengkel disusutkan sebesar Rp50.000,00. Analisis: Harta (perlengkapan) berkurang Rp150.000,00, harta (akumulasi penyusutan peralatan) bertambah Rp50.000,00, dan modal berkurang Rp200.000,00. 
  12. Diterima pendapatan atas jasa servis sebesar Rp1.500.000,00 Analisis: Harta (kas) bertambah Rp1.500.000,00 dan modal bertambah Rp1.500.000,00

Coba simak tabel ini sobat jika dimasukan pada tabel persamaan dasar akuntansinya.


 

Latihan 1

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Berikut ini adalah rumusan matematis keseimbangan akuntansi dimana pada tahap awal pendirian suatu perusahaan baru tersedia informasi mengenai sejumlah uang atau barang yang disetorkan oleh pemilik dan belum melibatkan modal dari luar :
 

A. Neraca = Rugi/Laba

B. Aktiva = Pasiva

C. Pasiva = Aktiva – Modal Pemilik

D. Aktiva = Modal Pemilik – Utang

E. Aktiva = Utang + Modal Pemilik

Latihan 2

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Persamaan dasar akuntansi secara umum dirumuskan ….
 

A. Modal = Harta – Kewajiban

B. Kewajiban = Modal + Harta

C. Harta = Kewajiban + Modal

D. Modal = Harta + Kewajiban

E. Kewajiban = Modal – Harta

Latihan 3

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Bu Dian menyetorkan uang tunai sebesar Rp 105.200.000,00 sebagai modal awal mengelola usaha pengiriman barang dan logistik “AMANAH” di Bogor. Oleh karena modal kurang, Bu Dian meminjam uang ke bank sebesar Rp25.000.000,00. Aset yang dimiliki Bu Dian untuk adalah ...
 

A. Rp105.175.000,00

B. Rp125.500.000,00

C. Rp130.200.000,00

D. Rp105.250.000,00

E. Rp105.225.000,00

Latihan 4

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Jika dalam periode yang sama total aktiva meningkat Rp32.000.000,00 dan total kewajiban meningkat Rp12.000.000,00, jumlah ekuitas pemilik dalam periode tersebut ....
 

A. Naik Rp32.000.000,00

B. Naik Rp8.000.000,00

C. Turun Rp8.000.000,00

D. Naik Rp20.000.000,00

E. Naik Rp12.000.000,00

Latihan 5

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Pembelian perlengkapan kantor seharga Rp300.000,00 dibayar tunai Rp150.000,00 dan sisanya dengan kredit, dari transaksi di atas dalam persamaan akuntansinya adalah ….
 

A. Perlengkapan kantor (+) Rp300.000,00; Kas (-) Rp150.000,00; Utang (-) Rp150.000,00

B. Perlengkapan kantor (+) Rp300.000,00; Kas (-) Rp150.000,00; Utang (+) Rp150.000,00

C. Perlengkapan kantor (+) Rp300.000,00; Kas (-) Rp300.000,00

D. Perlengkapan kantor (+) Rp300.000,00; Kas (+) Rp150.000,00; Utang (+) Rp150.000,00

E. Perlengkapan kantor (-) Rp300.000,00; Utang (+) Rp150.000,00; Kas (-) Rp150.000,00

Pengertian

Sobat pintar tahu gak sih apa itu laporan keuangan?
Laporan akuntansi merupakan suatu catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada satu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Salah satu fungsi utama akuntansi adalah menyediakan laporan keuangan secara periodik kepada manajemen, investor, kreditur, dan pihak-pihak lain di luar perusahaan. Laporan keuangan yang disajikan harus dapat memberikan gambaran secara jelas terhadap posisi keuangan (neraca) dan kinerja suatu perusahaan (laporan laba-rugi). Hal ini dimaksudkan agar para pemakai akuntansi, baik intern maupun ekstern perusahaan dapat mengambil keputusan ekonomi sesuai dengan apa yang dikehendak

Komponen dan Unsur Laporan Keuangan

Berikut komponen dan unsur-unsur yang ada di laporan keuangan, sobat.

KOMPONEN    

  1. Laporan Posisi Keuangan (Neraca), yaitu laporan yang menggambarkan posisi keuangan, baik aset, liabilitas, maupun ekuitas suatu perusahaan selama periode tertentu.
  2. Laporan Laba Rugi, yaitu laporan yang menggambarkan jumlah penghasilan dan beban suatu perusahaan selama suatu periode.
  3. Laporan Perubahan Ekuitas, yaitu laporan yang berisi tentang perubahan ekuitas yang menunjukkan penambahan atau pengurangan kekayaan selama periode tertentu .

UNSUR LAPORAN KEUANGAN

  • Unsur Laporan Posisi Keuangan. Laporan posisi keuangan adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode. Posisi keuangan yang dimaksud terdiri atas aset (harta), liabilitas (utang), dan ekuitas (modal). Pospos tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Aset adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan manfaat ekonomi yang diharapkan akan diperoleh perusahaan di masa depan.
  2. Liabilitas adalah kewajiban perusahaan di masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.
  3. Ekuitas adalah hak residual atas aset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban.
  • Unsur Laporan Laba-Rugi. Laporan laba-rugi adalah laporan yang menunjukkan kinerja perusahaan, yakni tentang besarnya pendapatan (penghasilan) dan beban pada akhir periode akuntansi. Unsur-unsur tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut :
    1. Penghasilan (income) adalah kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan liabilitas yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang bukan berasal dari kontribusi penanam modal.
    2. Beban (expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar/berkurangnya aset atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan

  • Laporan Laba-Rugi (Income Statement)

Single step/bentuk langsung, pada pendapatan dan beban operasional dan non-operasional tidak terpis

Bentuk bertahap (multiple step), antara pendapatan dan beban operasional serta non operasional terpisah. Perhatikan tabel dibawah ini sobat.

  • Laporan Perubahan Ekuitas (Capital Statement)

  • Laporan Posisi Keuangan

Bentuk Laporan (Stafel)

Bentuk skontro

Latihan 1

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan …. 

A. modal awal dan modal akhir

B. perubahan penghasilan pada akhir periode

C. modal awal, laba/rugi pada akhir periode, dan modal akhir

D. laba bersih pada akhir periode

E. perubahan modal dalam satu periode waktu akuntansi.

Latihan 2

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Berikut ini adalah data perusahaan jasa “ANGKUT CEPAT” :
Kas Rp27.500.000,00 
Piutang dagang Rp12.500.000,00 
Peralatan Rp35.000.000,00 
Modal Rp55.000.000,00

Berdasarkan data di atas, jumlah utang perusahaan adalah.....
 

A. Rp55.000.000,00

B. Rp35.000.000,00

C. Rp27.500.000,00

D. Rp20.000.000,00

E. Rp12.500.000,00

Latihan 3

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Dari laporan laba/rugi suatu perusahaan jasa dapat diketahui mengenai hal-hal berikut ini, kecuali ….
 

A. laba bersih perusahaan

B. saldo laba yang ditahan

C. pendapatan perusahaan

D. biaya operasional

E. laba kotor perusahaan

Latihan 4

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Apabila harta bertambah Rp500.000,00 dan utang bertambah Rp200.000,00 maka modalnya akan …. 
 

A. berkurang Rp200.000,00

B. bertambah Rp300.000,00

C. berkurang Rp500.000,00

D. berkurang Rp300.000,00

E. bertambah Rp500.000,00

Latihan 5

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Untuk menyusun neraca yang datanya berasal dari persamaan akuntansi diambil dari ….
 

A. modal awal dan kolom keterangan

B. jumlah pada periode sebelum memulai usahanya

C. modal awal sampai dengan modal akhir

D. kolom keterangan yang menunjukkan pendapatan dan beban

E. jumlah akhir besarnya harta, utang dan modal

redesain-navbar Portlet