redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih, ada Peta Belajar Bersama ekonomi di bab keempat seputar Tahap Penutupan Pada Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Yuk, mulai belajar bersama kita!
 

Definisi Jurnal Penutup

Source: www.google.com


Sobat,tau gak sih, apa itu jurnal penutup?
Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mentransfer saldo dari akun sementara ke akun permanen. Perusahaan menggunakan Jurnal penutup untuk mengatur ulang saldo akun sementara. Pada perusahaan jasa akun yang dibuatkan jurnal penutup meliputi akun pendapatan, beban, ikhtisar laba rugi dan prive.

TUJUAN JURNAL PENUTUP

Sobat pintar, ternyata adanya pembuatan jurnal penutup sangat penting, lho. Berikut tujuan dari jurnal penutup.
Tujuan dibuat jurnal penutup adalah

  • Menutup saldo yang terdapat pada semua akun sementara, sehingga akun tersebut menjadi 0 (nol). Akun sementara adalah akun dalam buku besar yang digunakan untuk mengakumulasi transaksi selama periode akuntansi yang meliputi pendapatan, beban, saldo laba rugi dan prive.
  • Agar saldo akun modal menunjukkan jumlah yang sesuai dengan keadaan pada akhir periode, sehingga saldo akun modal akan sama dengan jumlah modal akhir yang dilaporkan di neraca.
  • Memisahkan transaksi akun pendapatan dan beban agar tidak bercampur dengan jumlah nominal dari pendapatan dan beban pada tahun selanjutnya.
  • Menyajikan neraca awal periode berikutnya setelah dilakukan penutupan buku.
  • Mempermudah ketika dilaksanakan pemeriksaan, karena telah dilakukan pemisahan transaksi yang terjadi antara periode sekarang dengan transaksi pada periode akuntansi selanjutnya.
  • Menyajikan informasi keuangan yang sebenarnya (riil) dari suatu perusahaan setelah dilakukan penutupan buku (jurnal penutup). Akun yang sesungguhnya terdiri atas harta, kewajiban dan ekuitas.

MACAM-MACAM AKUN PADA JURNAL PENUTUP

  1. Pendapatan, adalah hasil atau penghasilan yang diperoleh perusahaan
  2. Beban/biaya, adalah pengorbanan/ pengeluaran yang terjadi selama melakukan kegiatan usaha untuk memperoleh pendapatan.
  3. Prive, adalah penarikan modal baik danau maupun aset yang dilakukan oleh owner maupun investor untuk kebutuhan pribadi.\
  4. Ikhtisar laba rugi, adalah akun perantara untuk menutup akun pendapatan dan beban.

 

 

redesain-navbar Portlet