APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama Bahasa Indonesia di BAB pertama.

Yuk, mulai belajar bersama!

Pengertian Berita

PENGERTIAN TEKS BERITA

Ketika kita sedang menonton televisi, pasti ada yang namanya siaran berita terkini di salah satu channel televisi kesayangan. Jadi pasti banyak dari sobat pintar sudah mengetahui apa itu berita

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita dapat diartikan sebagai sebuah cerita ataupun keterangan yang memuat informasi mengenai berbagai kejadian ataupun peristiwa yang hangat. Lalu Mitchell V. Charnley (wartawan dari Amerika Serikat) menyebutkan bahwa berita adalah laporan yang tepat waktu mengenai fakta atau opini yang memiliki daya tarik atau hal penting atau kedua-duanya bagi masyarakat luas.

Itu tadi tentang berita, lantas apa itu teks berita? Jadi, teks sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah wacana tertulis. Lalu teks berita adalah wacana tertulis yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi

Ada banyak sekali media yang digunakan dalam penyebaran berita selain televisi. Berita juga banyak disebarluaskan melalui media cetak seperti koran dan majalah. Media seperti televisi merupakan media penyebaran berita melalui media elektronik.


 

Ciri-Ciri Teks Berita

CIRI-CIRI TEKS BERITA

Jadi, teks berita juga memiliki ciri-ciri loh sobat pintar. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. Faktual
Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu. Itu artinya berita yang disajikan bukan karangan fiktif dari penulisnya. Penulis berita tidak boleh mereka-reka sebuah kejadian dan tidak boleh ditambahkan khayalan imajinasi ke dalam tulisan berita yang dibuat.

2. Aktual
Aktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat kekinian atau baru.

3. Unik Atau Menarik
Teks berita harus unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain dan dikemas dengan kata-kata yang menarik yang dapat menarik perhatian pendengar atau pembacanya. Unsur menarik maksudnya adalah berita harus menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, kriminalitas dan konflik.

4. Sistematis dan Lengkap
Teks berita disajikan secara sistematis atau berurutan. Penyajian teks berita disajikan secara kronologis. Selain itu, teks berita disajikan dengan struktur yang urut. Semua unsur berita harus terdapat dalam teks berita.

5. Terdapat Waktu dan Tempat Kronologi Kejadian
Teks berita biasanya selalu dilengkapi dengan runtutan waktu kapan terjadi dan juga kronologi kejadian atau bagaimana peristiwa yang menjadi berita terjadi.

6. Menggunakan Bahasa yang Komunikatif, Bersifat Baku, dan Sederhana
Komunikatif artinya mudah dipahami atau dimengerti pembaca. Bahasa baku adalah ragam bahasa yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah standar dapat berupa pedoman ejaan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus umum. Bahasa yang sederhana dalam teks berita adalah bahasa yang digunakan tidak berbelit sehingga mudah dipahami oleh pembaca.


 

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Berikut merupakan ciri-ciri teks berita, kecuali….

A. Faktual

B. Aktual

C. Unik

D. Tidak kronologis

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Berikut ini fungsi dari teks berita adalah….

A. Sebagai pemberi informasi tentang peristiwa yang sudah lama terjadi

B. Sebagai pemberi informasi tentang peristiwa yang sedang hangat terjadi

C. Sebagai pemberi informasi yang bersifat opini dari penulisnya sendiri

D. Sebagai pemberi informasi yang akan terjadi di masa depan

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Berita bersifat faktual, maksudnya adalah....

A. Berita yang disajikan bukan karangan fiktif dari penulisnya

B. Berita yang disajikan berupa karangan dari penulisnya

C. Berita yang disajikan berdasarkan opini orang lain

D. Berita direka-reka oleh penulis sesuai dengan opini pribadi

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Teks berita harus sistematis, maksudnya adalah....

A. Teks berita harus menggunakan bahasa yang sesuai EYD

B. Teks berita disajikan sesuai dengan struktur teks berita dari bagian terpenting hingga kurang penting

C. Teks berita disajikan sesuai dengan fakta yang ada tanpa rekayasa

D. Teks berita disajikan dengan menarik dan unik

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Unsur teks berita harus menarik agar....

A. Berita bisa disampaikan dengan baik

B. Berita terlihat formal

C. Berita menimbulkan rasa ingin tahu

D. Berita sesuai dengan ejaan yang berlaku

Unsur-Unsur Berita

UNSUR-UNSUR TEKS BERITA

Unsur-unsur berita adalah hal yang harus ada dalam berita. Jika unsur-unsur ini tidak terdapat, maka berita tersebut akan menjadi berita yang rancu dan tidak bisa diterima masyarakat dengan baik. Unsur-unsur tersebut adalah 5W+1H, atau yang bisa disingkat sebagai ADIKSIMBA (Apa, DImana, Kapan, SIapa, Mengapa, BAgaimana).

1. What (apa)
Unsur ini meliputi apa saja yang terkandung dalam berita. Biasanya pembahasan mengenai peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di tengah kalangan masyarakat. Membuat berita tidak asal mencurahkan isi hati seperti karangan-karangan naratif. Akan tetapi harus mampu mempertanggung-jawabkan kebenarannya, maka dari itu berita harus membahas sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

2. Who (siapa)
Unsur “who” meliputi subjek yang bersangkutan dalam berita tersebut. Yaitu siapa saja yang terlibat dalam kejadian yang diberitakan tersebut. Orang-orang yang terlibat dalam berita harus disebutkan secara jelas, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

3. When (kapan)
Adalah kapan terjadinya peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa harus dijelaskan secara jelas sehingga berita menjadi mudah untuk dimengerti dan diterima masyarakat.

4. Where (dimana)
Where adalah tempat dimana peristiwa itu terjadi. Berita harus memuat lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas dan dapat dengan mudah dipahami.

5. Why (mengapa)
Unsur “why” merupakan bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Unsur ini biasanya meliputi alasan dan latar belakang masalah atau peristiwa yang diberitakan. Yang dijelaskan di bagian ini adalah mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, kemudian dijelaskan secara runtut dan mudah dipahami.

6. How (bagaimana)
Unsur terakhir ini adalah memuat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya pada bagian ini dijelaskan secara kronologis mengenai bagaimana kejadian peristiwa tersebut.

Struktur Berita

STRUKTUR TEKS BERITA

Piramida terbalik adalah salah satu konsep, formula atau struktur penulisan berita atau sebuah acuan baku yang sering digunakan oleh para wartawan untuk menyusun sebuah teks berita. Penggunaan metode piramida terbalik berkaitan dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita.

Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita.

Struktur teks berita piramida terbalik bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Terus kak, bagaimana maksudnya? Nah sekarang coba perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Lead / Paling Penting
Bagian paling atas adalah Lead atau kepala berita merupakan puncaknya. Bagian ini menempati urutan paling utama dalam teks berita. Pada bagian ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5W + 1H. Kenapa begitu? Jika pemotongan berita yang dilakukan editor karena keterbatasan halaman, berita ini masih memiliki arti dan layak sebagai sebuah berita.

2. Neck / Cukup Penting
Bagian kedua dari atas adalah Neck atau leher berita bagian ini adalah urutan yang cukup penting. Bagian ini disebut neck atau leher karena umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

3. Body / Penting
Berikutnya adalah bagian body, umumnya merupakan penjabaran dari gagasan berita yang tertulis dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban dari why (mengapa) dan how (bagaimana).

4. Body Lanjutan / Kurang Penting
Bagian body lanjutan, bagian ini mencantumkan berbagai data yang tidak terlalu penting. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.

 

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Yang termasuk ke dalam bagian peralihan alur atau penyambung alur ide berita, adalah bagian....

A. Lead

B. Neck

C. Body

D. Body lanjutan

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Bagian unsur berita yang memuat tentang alasan tentang dibalik terjadinya suatu peristiwa atau kejadian itu diberitakan adalah….

A. Unsur “mengapa”

B. Unsur “apa”

C. Unsur “siapa”

D. Unsur “Kapan”

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Bagian dalam struktur berita yang berisi hal paling utama dan memuat jawaban dari unsur 5W+1H adalah....

A. Lead

B. Neck

C. Body

D. Hand

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Struktur dalam teks berita yang berisi data yang tidak terlalu penting adalah....

A. Body

B. Lead

C.

Body lanjutan

D. Hand

Latihan Soal

Perhatikan kutipan berikut!

Budidaya tanaman hias menjadi salah satu sarana dalam mendapat uang di masa pandemi. Seperti Budi, yang selama setahun pandemi beralih profesi menjadi penjual tanaman hias setelah dirinya terkena PHK.

Kalimat yang bercetak miring mengandung unsur....

A. di mana

B. mengapa

C. siapa

D. bagaimana

Jenis-jenis Berita

JENIS-JENIS TEKS BERITA

1. Berita Langsung (Straight News)
Berita langsung (straight news) adalah jenis berita atau laporan peristiwa yang ditulis secara singkat, padat, lugas, dan apa adanya. Ditulis dengan gaya menunjukan peristiwa dalam keadaan apa adanya, tanpa ditambah penjelasan, terlebih interpretasi.

2. Berita Hangat / Keras (Hard News)
Berita keras adalah berita yang bernilai lebih, berkualitas dan ter-update atau yang paling baru karena sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketahui masyarakat. Biasanya isi berita bersifat khusus atau bisa juga mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba.

3. Berita Ringan (Soft News)
Berita Ringan adalah berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya di bawah hard news.

4. Berita Opini
Berita opini (opinion news) adalah jenis berita menggunakan pendapat, pernyataan, atau gagasan seseorang, biasanya pendapat cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat tentang suatu peristiwa.

5. Berita Interpretatif
Berita interpretatif (interpretative news) adalah jenis berita yang dikembangkan dengan komentar atau penilaian wartawan atau narasumber yang kompeten atas berita yang muncul sebelumnya sehingga ini merupakan gabungan antara fakta dan interpretasi. Berita ini berawal dari informasi yang dirasa kurang jelas atau tidak lengkap arti dan maksudnya.

6. Berita Mendalam
Berita mendalam (depth news) adalah jenis berita yang dikembangkan dari berita yang sudah ada. Berita ini biasanya membahas suatu peristiwa atau kejadian dari perspektif tertentu.

7. Berita Penjelasan
Berita penjelasan (explanatory news) adalah jenis berita yang bersifat menjelaskan dengan menguraikan peristiwa secara lengkap atau penuh data. Fakta didapatkan dan dijelaskan secara rinci dengan beberapa argumentasi atau pendapat penulis. Berita jenis ini biasanya panjang lebar sehingga harus disajikan secara bersambung dan berseri.

8. Berita Penyelidikan
Berita penyelidikan (investigative news) adalah jenis berita yang didapatkan dan dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan berbagai sumber. Berita ini disebut juga berita penggalian karena wartawan menggali informasi dari berbagai pihak, bahkan melakukan penyelidikan langsung ke lapangan, berawal dari data mentahan atau berita singkat.

Beberapa jenis berita lainnya antara lain sebagai berikut:

1. Berita Singkat (spot news), adalah jenis berita atau laporan peristiwa yang sedang terjadi secara langsung di tempat kejadian yang diberitakan (berita live).

2. Berita Basi, adalah jenis berita yang sudah tidak aktual atau tidak terbaru lagi.

3. Berita Bohong (libel), adalah jenis berita yang tidak benar atau tidak faktual sehingga menjurus pada pencemaran nama baik. Bisa disebut juga berita hoax.

4. Berita Foto, adalah jenis berita yang ditampilkan dalam bentuk foto lepas, tidak berkaitan dengan tulisan yang ada di sekelilingnya.

5. Berita Kilat (news flash), adalah jenis berita yang penting segera diketahui publik, dimuat di halaman depan surat kabar.

6. Berita Pembuka Halaman (opening news), adalah jenis berita yang ditempatkan di bagian awal atau paling atas halaman surat kabar, atau semacam berita utama (headline).

Kaidah Berita

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA

Kaidah kebahasaan teks berita merujuk tentang bagaimana ciri atau kaidah bagaimana sebuah teks dibangun. Ciri kebahasaan teks berita, meliputi:

1. Terdapat Kata yang Menunjukkan Keterangan

  • Waktu (terdapat kata yang menunjukkan waktu seperti: dini hari, siang petang, rabu pagi, dll)
  • Tempat (terdapat kata seperti: di, dari, ke, sampai, dan dalam)
  • Cara (terdapat kata seperti: dengan, secara, melalui)
  • Penyebab (terdapat kata hubung/konjungsi seperti:, karena atau lantaran)
  • Tujuan (ditandai dengan kata: untuk, guna, bagi, buat, dan demi)
  • Aposisi (menjelaskan kata benda dengan tanda diapit seperti: tanda koma, pisah, atau kurung)
  • Tambahan (menjelaskan kata benda tetapi tidak dapat menggantikan unsur yang diterangkan)
  • Pewatas (memberikan pembatas kata benda dan tidak dapat ditiadakan)
  • Penyerta (terdapat kata seperti: dengan, tanpa, atau bersama) dan alat (terdapat kata seperti: dengan atau tanpa)
  • Similatif (kesamaan atau kemiripan dari kedua kejadian. Terdapat kata: seperti, bagai, laksana)
  • Kesalingan (perbuatan dilakukan dengan silih berganti)

2. Verba Transitif
Verba transitif yaitu verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek dan satunya lagi sebagai objek dalam kalimat aktif.

3. Verba Pewarta
Verba pewarta merupakan kata yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu percakapan.

4. Menggunakan Bahasa yang Bersifat Baku
Penggunaan bahasa baku membuat teks berita jadi lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

5. Menggunakan Kalimat Langsung
Dalam teks berita biasanya menggunakan kalimat langsung. Ciri-ciri kalimat langsung ditandai dengan dua tanda petik ganda disertai keterangan penyerta. Contohnya seperti: “Pencuri itu sempat melompat naik ke pagar rumah korban,” ungkap salah seorang warga.

 

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Dalam ciri kebahasaan berita terdapat salah satunya yaitu mengenai keterangan. Yang menjelaskan kata benda dengan tanda diapit, tanda koma, pisah, atau kurung disebut….

A. Tambahan

B. Aposisi

C. Penyerta

D. Similatif

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

Berita yang didapat dan dikembangkan dari hasil penelitian berbagai sumber adalah….

A. Berita aktual

B. Berita mendalam

C. Berita hangat

D. Berita penyelidikan

Latihan Soal

Pilihlah jawaban yang tepat!

Pagi ini Sungai Brantas meluap setelah hujan tak berhenti turun. Warga mengeluh karena banyaknya sampah tergenang di air.

Kutipan berita di atas terdapat penggunaan keterangan....

A. Aposisi

B. Cara

C. Pewatas

D. Waktu

Latihan Soal

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

Jenis berita yang bernilai lebih, berkualitas dan ter-update atau yang paling baru karena sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketahui masyarakat adalah berita....

A. hard news

B. soft news

C. opinion news

D. interview news

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Teks berita menggunakan bahasa yang ... dan ...

A. formal, imajinatif

B. imajinatif, bersifat baku

C. formal, bersifat baku

D. fiksi, bersifat baku

redesain-navbar Portlet