redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ini Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah di Universitas Negeri untuk Lulusan SMK

Lulusan SMK memiliki peluang yang sama dengan lulusan SMA untuk masuk kuliah di universitas negeri.

Lulusan SMK, photo by Emma Matthews Digital Content Production on unsplash

Ada nggak sih, PTN yang menerima lulusan SMK? Kalaupun ada, seberapa besar peluang SMK masuk PTN? As absurd as it sounds, anak SMK lanjut kuliah itu kayaknya masih... questionable.

Padahal anak SMK punya hak yang sama seperti anak SMA untuk lanjut kuliah. Jadi, jangan ditanya lagi apakah lulusan SMK bisa kuliah karena jawabannya... pasti bisa! Nah, pertanyaan yang seharusnya diajukan adalah apa saja rekomendasi jurusan kuliah untuk lulusan SMK?

 

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah salah satu rekomendasi jurusan kuliah setelah lulus SMK, khususnya bagi Sobat Pintar dari program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Teknik Informatika pun menjadi pilihan jurusan untuk anak SMK yang ingin mendalami Teknik Komputer ataupun Teknik Telekomunikasi.

Saat ini sudah banyak universitas-universitas swasta favorit yang membuka Jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A. Dan masih banyak pula PTN yang menerima lulusan SMK, seperti Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (D3 dan D4), Universitas Padjadjaran (S1), Universitas Hasanuddin (S1), Politeknik Negeri Bandung (D3), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (S1), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (S1), dan Politeknik Negeri Bandung (D4).

 

2. Analis Kimia

Tak hanya menjadi program keahlian di SMK, Analis Kimia pun ada di tingkat pendidikan tinggi sebagai sebuah program studi. Sebenarnya Prodi Analis Kimia bukan jurusan kuliah untuk lulusan SMK saja. Tapi kalau Sobat Pintar sudah memilih program keahlian Analis Kimia saat di SMK, bukankah Analis Kimia bisa menjadi pilihan jurusan kuliah setelah lulus SMK?

Dan tak perlu pesimis dengan peluang SMK masuk PTN, Sobat. You can always create your own chance. Misalnya, Analis Kimia (D3) di Politeknik Negeri Bandung bisa menjadi salah satu pilihan jurusan kuliah setelah lulus SMK karena sudah terakreditasi A.

 

3. Tata Boga

Salah satu daya tarik jurusan kuliah SMK ini adalah prospek kerjanya. Banyak alumni Tata Boga yang bekerja di hotel atau restoran, tapi tak sedikit pula yang mendirikan usaha kuliner. Profesi chef pun saat ini semakin populer.

PTN yang menerima lulusan SMK dari program keahlian Tata Boga juga banyak. Jurusan ini ada di Universitas Negeri Yogyakarta (D3), Universitas Negeri Jakarta (D3), Universitas Negeri Surabaya (D3), dan Universitas Negeri Malang (D3). Pada jenjang S1, universitas-universitas negeri ini membuka Prodi Pendidikan Tata Boga. Seluruhnya sudah terakreditasi A.

 

4. Farmasi

Sudah belajar Farmasi di SMK, Sobat? Then, why don't you study Pharmacy at university? Iya, Farmasi bisa sama-sama menjadi jurusan SMK dan universitas. Yang dipelajari pun serupa, yaitu tentang bahan-bahan kimia dan peracikan obat.

Di mana saja PTN yang menerima lulusan SMK Jurusan Farmasi? Your options are almost limitless, Sobat. Farmasi dengan akreditasi A ada di Universitas Jember (S1), Universitas Gadjah Mada (S1), Universitas Hasanuddin (S1), Universitas Sumatera Utara (S1), Universitas Andalas (S1), Universitas Padjadjaran (S1), Universitas Udayana (S1), dan Universitas Airlangga (S1).

Tapi bagaimana peluang SMK masuk PTN pada jenjang S1? Jika tak melalui SNMPTN, kita bisa menggunakan jalur SBMPTN – sama seperti lulusan SMA. Jika dibanding dengan lulusan SMA, memang kita kurang familiar dengan materi yang diujikan di UTBK. Tapi kita masih bisa mengejar ketertinggalan itu dengan persiapan yang baik. When there's a will, there's a way.

 

5. Akuntansi

Apakah Sobat Pintar juga bertanya lulusan SMK bisa kuliah dimana? Barangkali program keahlian Akuntansi dan Keuangan bisa memberi gambaran yang paling jelas. Mereka dari jurusan SMK ini berpeluang untuk melanjutkan kuliah di Jurusan Akuntansi. Isn't it obvious?

Let's say, Akuntansi adalah rekomendasi jurusan kuliah setelah lulus SMK dengan program keahlian Akuntansi dan Keuangan. Tapi bukankah Akuntansi juga merupakan jurusan yang difavoritkan anak SMA, baik dari kelas IPA maupun IPS? Lalu bagaimana peluang SMK masuk PTN dengan persaingan yang ketat ini? Again, when there's a will, there's a way.

 

Berbeda dari anak SMA yang dihadapkan pada pilihan jurusan Saintek atau Soshum, pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK cenderung dipengaruhi oleh program keahliannya selama sekolah. Kecuali Sobat Pintar ingin pindah jurusan, maka pilihan jurusan kuliahmu setelah lulus dari SMK sebenarnya... tak terbatas!

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
untukk lulusannn pesantren tdkk ada rekomendasi??
00

CssBlog

metablog-web Portlet