redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kenaikan Kelas dan Kelulusan: Trik Menghadapinya dengan Santuy

Menyiapkan diri untuk ujian kenaikan kelas dan ujian sekolah.

Kenaikan Kelas, photo by ilovechile-travel on Pixabay

Akhir semester genap nih, biasanya kita sibuk nyiapin ujian kenaikan kelas. Kalau akan mengikuti ulangan kenaikan kelas, artinya Sobat bakal naik kelas XI atau XII. Nah, bagaimana yang bakal lulus sekolah tahun ini?

Karena Ujian Nasional (UN) tak ada lagi, Sobat Pintar yang sekarang duduk di kelas XII dan IX nggak perlu susah payah nyiapin ujian. Eh, beneran gitu?

Khusus buat Sobat yang akan masuk SMA/SMK/MAN pada tahun ajaran 2021/2022, boleh jadi sekolahmu bakal ngadain ujian. Emang gak bakalan "seserem" UN, tapi tetap saja yang namanya ujian sekolah itu... serius. Iya nggak, sih?

 

Bikin Belajarmu Asyik, Nggak Boring

Photo by congerdesign on Pixabay

Ujiannya emang serius, tapi belajarnya nggak kudu serius kok, Sobat. Misalnya, cara belajar efektif Matematika bukan berarti kita harus duduk tegak selama tiga jam mengerjakan 20 lembar soal. Sebaliknya, belajar Matematika itu bisa menyenangkan kalau kita tahu triknya.

Mumpung jadwal sekolah belum balik seperti biasa, kita masih bisa memodifikasi cara kita belajar di rumah. Misalnya, sesekali pindah tempat belajar di teras rumah – asalkan lokasinya cukup tenang untuk belajar. Tidak terpaku pada satu kebiasaan tertentu saat belajar, baik tempat atau waktu, bisa membuat kejenuhan kita menyusut drastis loh, Sobat. Coba variasikan saja, jangan tunggu bosan untuk mencoba ide-ide baru.

 

Mengejar Ketertinggalan: Buruan!

Photo by Pexels on Pixabay

Tips belajar di atas bisa diterapkan sejak jauh-jauh hari sebelum ujian, entah ujian kenaikan kelas ataupun ujian sekolah. Tapi kalau ujian sekolah tinggal satu atau dua pekan lagi, gimana dong?

Psstt...tau nggak, Sobat. Belajar itu sebenarnya nggak kudu lama, kok. Justru, cara belajar efektif itu tak membutuhkan waktu lama. Misalnya, kita bisa belajar dalam durasi per 30 menitan. Sobat Pintar juga bisa menggunakan trik-trik khusus untuk memahami dan mengingat materi pelajaran seperti jembatan keledai.

Lebih baik lagi bila kita bisa berlatih soal-soal ujian, Sobat. Kumpulan soal-soal latihan biasanya disusun dalam tema-tema yang sudah berurutan, sehingga memudahkan kita untuk memahami keseluruhan materi pelajaran tanpa membutuhkan waktu yang terlalu lama.

 

Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Photo by Free-Photos on Pixabay

Selama belajar dari rumah, nilai tugas kita menjadi sama pentingnya dengan nilai ujian sebagai syarat kenaikan kelas. Masalahnya, tugas itu kok kayaknya datang beriringan seperti gerbong kereta api! Kita masih ngerjain ini, eh... udah datang lagi tugas yang lebih banyak. Kalau sudah begitu, kapan kelar? Ogah-ogahan nugas dong, jadinya.

Burn out gara-gara tugas sekolah itu nyata, entah kita menyadarinya atau tidak. Namun karena syarat kenaikan kelas sudah menunggu di ujung, kita sendiri yang harus pandai-pandai mengatasi rasa jenuh nugas selama berjalan di lorong gelap sekolah online ini, Sobat.

 

Jangan Lupa Sayangi Diri Sendiri

Photo by Joshua Gresham on Unsplash

Salah satu alasan kita mati-matian belajar menjelang ujian adalah nilai yang menjadi kriteria kenaikan kelas. Padahal, belajar hanya saat mendekati pekan ujian itu kurang tepat, Sobat. Kita cenderung mengorbankan waktu istirahat demi ketuntasan belajar. Betul, tidak?

Padahal, risiko kelelahan belajar menjelang ujian sebenarnya cukup besar: kita bisa jatuh sakit sehingga tidak bisa mengikuti ujian. Kalau sudah begitu, kita sendiri yang rugi, kan?

 

Kalender Pendidikan 2021 SMP & SMA

Manajemen waktu yang baik dapat menghindarkan kita dari insecurity menjelang ujian kenaikan kelas maupun ujian sekolah. Kabar baiknya, masih sedikit waktu hingga akhir tahun ajaran 2020/2021. Artinya, kita masih bisa memperbaiki manajemen waktu yang sebelumnya sempat berantakan.

Selain penilaian akhir semester genap, apa yang harus kita antisipasi? Sebagai panduan, kepoin kalender pendidikan 2020/2021 DKI Jakarta ini, yuk!

Mei

1 Mei 2021: Hari Buruh Nasional

13 Mei 2021: Hari Kenaikan Isa Almasih

13 – 14 Mei 2021: Hari Raya Idul Fitri 1442 H

16 – 17 Mei 2021: libur nasional

26 Mei 2021: Hari Raya Waisak 2021

Untuk diketahui, kalender pendidikan 2021/2022 belum dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Namun diperkirakan dalam bulan Juni – Juli kita akan mengikuti kegiatan-kegiatan ini.

Juni

1 Juni 2021: Hari Kelahiran Pancasila

14 – 17 Juni 2021: Penilaian Akhir Tahun (Ulangan Kenaikan Kelas)

25 Juni 2021: Pembagian dan Penerimaan Buku Laporan Hasil Belajar (LHB)

26 Juni – 10 Juli 2021: Libur Kenaikan Kelas

Juli

1 – 11 Juli 2021: Perkiraan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021/2022

12 Juli 2021: Permulaan Tahun Ajaran 2021/2022

12 – 14 Juli 2021: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan proses administrasi kelas

Untuk kegiatan bulan-bulan selanjutnya di semester ganjil, kita harus menunggu kalender pendidiikan 2021/2022. Sedangkan untuk sekarang dan dalam waktu dekat ini, sebaiknya kita bersiap untuk ulangan kenaikan kelas bagi Sobat di kelas X dan XI maupun ujian sekolah bagi Sobat di kelas IX.

Khusus untuk Sobat Pintar yang duduk di kelas IX, jadwal ujian sekolah tak harus sama antar kota/kabupaten. Jadi, pastikan jadwalmu dengan sekolah. Jangan terlalu kepo sama jadwal ujian sekolah temanmu yang ada di kota atau provinsi lain, ya!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
">
00
">
00
">CLICK
00
">
00
">

CLICK">

00
">
00
">
00
">
00

CssBlog

metablog-web Portlet