redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ketahui Ini sebelum Kuliah Manajemen

Meskipun termasuk jurusan favorit, perhatikan perkuliahan dan kualifikasimu sebelum memilih Manajemen.

Ketahui Ini sebelum Kuliah Manajemen, photo via www.liberty.edu

Banyak banget loh, yang pengin kuliah Manajemen. Saking banyaknya yang pengin kuliah Jurusan Manajemen, jurusan ini sering menjadi tiga besar favorit di SBMPTN. Meskipun berada di rumpun Soshum, peminat Jurusan Manajemen tak cuma anak IPS. Nggak perlu ditanya lagi deh, berapa banyak anak IPA yang lintas jurusan di SBMPTN dan memilih Prodi Manajemen.

 

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen?

kuliah manajemen

Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Manajemen sendiri secara umum dipahami sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam rangka mencapai suatu tujuan. Pada intinya, manajemen merupakan cara atau metode yang digunakan untuk mengelola suatu organisasi – di bidang Ekonomi, khususnya berupa perusahaan.

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen?

prodi manajemen

Photo by cottonbro on Pexels

Kecakapan pengelolaan atau manajerial tersebut nantinya secara lebih spesifik diarahkan pada bidang pemasaran, bisnis, produksi, dan lain-lain. Spesifikasi atau konsentrasi Manajemen tersebut ditujukan agar alumni Jurusan Manajemen memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya.

Terlepas dari konsentrasi yang dipelajarinya, Jurnal Manajemen menyebutkan bahwa mahasiswa yang sedang kuliah Manajemen belajar tentang:

1. metode penyusunan rencana, pengorganisasian, penyusunan struktur organisasi, leadership, hingga controlling

2. tugas dan tanggung jawab manajemen fungsional, mencakup manajemen operasional, keuangan, SDM, dan pemasaran, yang terkait dengan kewirausahaan

3. pemecahan masalah pada proses operasional dan manajerial, penyusunan alternatif keputusan, dan penyusunan perencanaan dengan teknologi informasi

4. perencanaan bisnis

5. pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data dari penelitian

6. teori, konsep, metode, dan alat analisis keahlian manajerial diberbagai cabang konsentrasi manajemen.

 

Apa Saja Konsentrasi Manajemen?

kuliah jurusan manajemen

Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Disebutkan di atas bahwa kecakapan manajerial yang dipelajari kemudian akan diarahkan pada bidang yang lebih spesifik. Sehingga, karena begitu luasnya Ilmu Manajemen, di akhir masa-masa kuliah nanti Sobat dapat memilih salah satu konsentrasi Manajemen berikut ini.

1. Manajemen Pemasaran

Kuliah Manajemen Pemasaran berarti kita belajar tentang peluang pasar dan teknik pemasaran usaha dengan mempertimbangkan product, price, place, dan promotion. Dengan kata lain, fokus kuliah Manajemen Pemasaran terletak pada strategi memenangi persaingan bisnis.

Konsentrasi Manajemen Pemasaran cocok buat Sobat yang kreatif dan tak pernah ketinggalan tren. Mata kuliah yang akan ditemui selama kuliah Manajemen Pemasaran antara lain Manajemen Merek, Sistem Informasi Pemasaran, dan lain-lain.

2. Manajemen Keuangan

Konsentrasi Manajemen Keuangan adalah tentang pengelolaan finansial perusahaan dan penilaian akan kesehatan keuangan perusahaan. Selama kuliah Manajemen Keuangan, kita belajar tentang penggalian, pemanfaatan, sampai pengontrolan dana. Di sini kita belajar menerapkan strategi terbaik dalam rangka optimalisasi keuangan perusahaan.

Konsentrasi ini cocok buat Sobat yang teliti dan suka menghitung. Bahkan, salah satu mata kuliah Manajemen Keuangan adalah Manajemen Investasi dan Portofolio.

3. Manajemen SDM

Ilmu Manajemen ini mengajari kita tentang bagaimana memahami karyawan sebagai aset perusahaan. Manajemen SDM adalah tentang tingkah laku pekerja dan teknik pengelolaannya demi peningkatan produktivitas dan kinerja. Konsentrasi ini cocok buat Sobat yang memiliki minat dengan pendekatan Ilmu Psikologi dalam bisnis. Mata kuliah yang dipelajari pun "dekat" dengan Psikologi, seperti Perencanaan Karier dan Pengembangan Diri.

4. Manajemen Operasional

Manajemen Operasional adalah tentang kualitas produk, termasuk pula pembuatan dan pengiriman produk. Kuliah Manajemen Operasional berarti kita belajar memahami dan memilih proses operasi yang paling efektif dan efisien. Untuk itu, kita belajar tentang Manajemen Logistik, Manajemen Proyek, dan berbagai mata kuliah lain di seputar operasi perusahaan.

 

Apa yang Dibutuhkan dari Mahasiswa Manajemen?

kuliah jurusan manajemen

Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Bila memiliki minat khusus pada Manajemen Keuangan, misalnya, kita harus menguasai perhitungan dasar Matematika dengan baik. Konsentrasi Manajemen yang satu ini paling banyak melibatkan hitung-hitungan.

Mahasiswa Manajemen haruslah memiliki pemikiran yang kritis dan analitis. Data yang valid merupakan pijakan penting dalam setiap sikap yang diambilnya. Sobat punya itu semua?

Masih belum yakin untuk kuliah Jurusan Manajemen, Sobat? Agar lebih mantap dengan pilihan kuliahmu, gunakan Minat Pintar untuk mengetahui potensi terbaikmu, termasuk konsentrasi Prodi Manajemen yang bakal dipilih nantinya.

 

Di Mana Kuliah Manajemen dengan Akreditasi A?

fakultas manajemen

Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Jika sudah mantap dengan pilihan kuliah Jurusan Manajemen, pertanyaan penting berikutnya adalah Prodi Manajemen di kampus mana yang akan Sobat pilih? Hampir setiap universitas di Indonesia memiliki Prodi Manajemen, tapi tak semua universitas memiliki Jurusan Manajemen dengan akreditasi A.

Sebagian dari perguruan tinggi dengan Prodi Manajemen terakreditasi A yaitu:

- Universitas Diponegoro

- Universitas Airlangga

- Universitas Andalas

- Universitas Brawijaya

- Universitas Gadjah Mada

- Universitas Indonesia

- Universitas Padjadjaran, dan lain-lain.

Bagaimana dengan PTS? Fakultas Manajemen... ups, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Telkom University, Binus University, Universitas Prasetya Mulya, dan Universitas Esa Unggul bisa menjadi alternatif karena kualitasnya yang tak kalah dengan PTN. Nah, semakin mantap kuliah Manajemen, Sobat?

 

 



Sumber:
jurnalmanajemen.com
560

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet