APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kumpulan Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawabannya beserta Pembahasan

Sal ujian Matematika kelas 6 dapat dipelajari sejak jauh hari.

Photo by Element5 Digital on Unsplash

Soal Matematika kelas 6 biasa dicari menjelang ujian alih-alih digunakan sebagai latihan harian. Matematika sendiri merupakan mata pelajaran wajib yang sering dianggap sebagai pelajaran yang abstrak, sulit, dan kurang relevan. Padahal, konsep dan prinsip matematika banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh penggunaan materi pecahan dan rasio dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika berbelanja di pasar. Kita dapat mengetahui jumlah total belanjaan dan buah/sayur yang lebih murah di antara pedagang di pasar. Sementara itu, salah satu contoh penggunaan peluang dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk memprediksi hari ini hujan atau tidak. 

Matematika di Sekolah Dasar melatih siswa untuk berpikir secara logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Pelajaran Mtk kelas 6 SD meliputi materi yang membutuhkan rumus hitung. Pada semester 1, siswa mempelajari pecahan, desimal, dan rasio. Pada semester 2, siswa mempelajari kubus, balok, dan peluang.

Untuk mendapatkan gambaran apa saja soal Matematika kelas 6 SD yang kemungkinan nanti akan keluar di ujian, berikut rangkuman soal Matematika kelas 6 semester 1 dan 2. Kunci jawaban dan pembahasan tersedia agar dapat dipelajari menjelang ujian. 

 

Soal Matematika Kelas 6 SD Semester 1: Pecahan, Desimal, dan Rasio

1. Hasil dari 30 x 15 : (105 - 60) adalah…

a.   10

b.   20

c.   30

d.   40

Jawaban: a

Pembahasan: 

30 x 15 : (105 - 60) = 30 x 15 : 45

= 450 : 45 

= 10

 

2. Hasil dari 0.8 + 12/10 adalah...

a.   1.3

b.   2

c.   2.4

d.   1.2

Jawaban: b

Pembahasan: 

0.8 + 12/10

= 0.8 + 1.2 = 2

 

3. Hasil dari 0.65 + 0.5 x 3 = ...

a.   1.8

b.   2

c.   2.15

d.   3

Jawaban: c

Pembahasan: 

0.65 + (0.5 x 3)

= 0.65 + 1.5

= 2.15

 

4. Pecahan dari 0.6 adalah...

a. 6/10

b. 6/100

c. 6/1000

d. 10/6

Jawaban: a

Pembahasan: 

Untuk mengubah desimal menjadi pecahan dengan melihat angka di belakang koma. Jika terdapat satu angka di belakang koma maka penyebut pecahan adalah 10, jika terdapat dua angka di belakang koma maka penyebut pecahan adalah 100, dan seterusnya. 0.6 maka terdapat satu angka di belakang koma sehingga pecahan dari 0.6 adalah 6/10.

 

5. Pecahan dari 0.12 adalah...

a. 12/10

b. 12/12

c. 12/100

d. 12/1000

Jawaba: c

Pembahasan:

0.12 memiliki 2 angka di belakang koma maka penyebut pecahan adalah 100 sehingga 0.12 adalah 12/100.

 

6. Bentuk desimal dari 12,5% adalah...

a. 0.125

b. 1.25

c. 12.5

d. 125

Jawaban: a

Pembahasan: 

1% = 1/100

= 0.01.

12.5% = 12.5/100 = 0.125.

 

7. Sebuah pizza dipotong menjadi 5 bagian. Siti memakan 3 bagian. Berapa bagian yang dimakan oleh Siti dari keseluruhan pizza tersebut?

a. 4/5

b. 3/5

c. 3/10 

d. 3/7

Jawaban: b

Pembahasan: 

Pizza dipotong menjadi 5 bagian dan Siti memakan 3 bagian maka Siti  memakan 3 bagian dari 5 bagian yaitu 3/5.

 

8. Jika siswa memiliki 2 tali pramuka dengan panjang 0.5 m dan 2 ½ m. Kedua tali tersebut akan digunakan untuk mengikat tongkat pramuka jika tali yang tersisa panjangnya 0.25 m. Berapa meter panjang tali yang digunakan untuk mengikat tongkat pramuka?

a. 2.75 m

b. 3 m

c. 2 m

d. 2.5 m

Jawaban: a 

Pembahasan:  

Tali pertama panjangnya 0.5 m.

Tali kedua panjangnya 2 ½ m= 2.5 m.

Total tali adalah 2.5 m + 0.5 m = 3 m.

Tali yang tersisa adalah 0.25, maka tali yang digunakan adalah total tali yang tersisa adalah 3 m - 0.25 m = 2.75 m.

Jadi tali yang digunakan adalah 2.75 m

 

9. Ibu membeli 3 kg terigu di pasar lalu ibu ingin membuat roti. Jika sisa terigu adalah 50% maka berapa kg terigu yang ibu gunakan?

a. 1 kg

b. 2 kg

c. 2.5 kg

d. 4.5 kg

Jawaban: d

Pembahasan: 

Jika sisa terigu adalah 50% maka terigu yang digunakan adalah 100%- 50%= 50%. 

Ibu membeli 3 kg terigu maka 50% x 3 kg = 150 % = 150/100 = 1.5 kg

 

10. Alleya berencana menabung uang saku Alleya di sekolah Rp. 20.000. Alleya berencana menabung 20% dari uang sakunya berapa hari tabungan Alleya mencapai 12.000?

a. 6 hari

b. 3 hari

c. 5 hari

d. 4 hari

Jawaban: c

Pembahasan: 

Uang saku Alleya adalah Rp. 20.000.

Alleya menabung sebesar 20% x 20000 maka  20/100 x 20000 = 40000/100 = 4000.

Tabungan Alleya mencapai 12000 ketika 12000/4000 = 3 hari

 

11. Jika umur ayah adalah 44 tahun dan umur ibu adalah 22 tahun. Berapakah rasio umur ayah dan ibu?

a. 22 : 15

b. 22 : 17

c. 22 : 11

d. 22 : 16

Jawaban: c 

Pembahasan: 

Diketahui umur ayah 44 tahun dan umur ibu 22 tahun maka rasionya adalah 44 : 22. 

Disederhanakan dengan membagi 2 kedua ruas menjadi 22 : 12. 

 

12. Sekolah dasar Tadika memiliki 50 siswa. Siswa laki-lakinya ada 22 maka berapa rasio siswa laki-laki dan perempuan?

a. 22 : 50

b. 22 : 27

c. 11 : 14

d. 22 : 50

Jawaban: c 

Pembahasan: 

Diketahui jumlah siswa adalah 50 dan jumlah siswa laki-laki adalah 22 maka jumlah siswa perempuan = 50 - 22 = 28. Jadi rasio siswa laki-laki dan perempuan adalah 22 : 28 = 11 : 14.

 

13. Diketahui rasio uang saku Upin : Ipin = 4 : 5 dan uang saku Upin sebesar Rp. 20.000 maka berapakah uang saku Ipin?

a. 25.000

b. 20.000

c. 22.000

d. 23.000

Jawaban: a

Pembahasan: 

Diketahui uang saku Upin adalah 20.000 dan rasio uang saku Upin : Ipin adalah 4 : 5.

Rasio uang saku Upin / Rasio uang saku Ipin = Uang saku Upin / Uang saku Ipin

4/5 = 20.000 / Uang saku Ipin

Uang saku Ipin = 20.000 x 5/4

= 25.000

 

14. Diketahui â…” uang kakak adalah 60.000 maka berapa total uang kakak?

a. 60.000

b. 80.000

c. 90.000

d. 50.000

Jawaban: c

Pembahasan:

Misalkan uang kakak = a maka  â…” a = 60.000 jadi a = 60.000 : â…”  atau 60.000 x  3/2 = 90.000.

 

15. Pada sebuah gudang terdapat 40 bola di antaranya 22 voli dan sisanya basket. Berapakah rasio bola voli terhadap jumlah seluruh bola?

a. 22 : 18

b. 22 : 30

c. 22 : 40

d. 22 : 25

Jawaban: c

Pembahasan: 

rasio bola voli : Total bola adalah 22 : 40

 

16. Kota X mengadakan pertandingan lomba sekolah sehat. SD Tadika mencalonkan 2 orang untuk membantu membersihkan rumput di sekolah. Budi dapat memangkas rumput 200 m2 dalam 1 jam sedangkan Andi dapat memangkas rumput 300 m2 dalam 2 jam. Manakah yang tercepat di antara 2 orang itu?

a. Andi

b. Budi

Jawaban: b

Pembahasan: 

Budi dapat memangkas rumput 200 m2 dalam 1 jam maka dalam 2 jam Budi dapat memangkas 400 m2 sedangkan Andi hanya dapat memangkas rumput 300 m2 . Jadi Budi lebih cepat dari Andi.

 

17. Ibu ingin membuat pie buah. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 8 cangkir tepung, 4 kg telur, 2 cangkir krim untuk membuat 8 pie buah jika ibu ingin membuat 16 pie, berapa kg telur yang harus dibeli oleh ibu?

a. 4 kg

b. 8 kg

c. 16 kg

d. 10 kg

Jawaban: b

Pembahasan: 

Untuk membuat 8 pie buah dibutuhkan 4 kg telur maka untuk 16 pie buah dibutuhkan 8 kg telur.

soal matematika kelas 6
Photo by Robo Wunderkind on Unsplash

Itulah gambaran soal Matematika kelas 6 semester 1. Sekarang kita akan berlatih soal Matematika kelas 6 semester 2. Dengan berlatih dan mengetahui perbedaan materi semester 1 dan 2, kita dapat mengetahui gambaran soal-soal yang akan keluar di ujian sekolah nanti.

Materi Matematika untuk kelas 6 SD semester 2 yaitu kubus, balok, dan peluang. Bangun datar hanya memiliki ukuran panjang dan lebar, seperti persegi, persegi panjang, dan lain-lain. Sedangkan bangun ruang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Dalam bangun ruang, kita dapat menghitung volume dan luas permukaan bangun. Kubus adalah bangun ruang, gabungan dari bangun datar persegi. Sedangkan balok adalah gabungan dari bangun datar, yakni persegi dan persegi panjang. 


Matematika Kelas 6 SD Semester 2: Soal Kubus, Balok, dan Peluang

18. Suatu bangun ruang diketahui memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Memiliki 12 rusuk sama panjang
  • Memiliki 8 titik sudut yang sama
  • Memiliki 6 sisi yang sama

Bangun ruang manakah yang memiliki ciri-ciri diatas?

a. Kubus

b. Balok

c. Kerucut

d. Limas

Jawaban: a

Pembahasan: 

Bangun ruang yang memiliki 12 rusuk sama panjang adalah kubus.

 

19. Suatu bangun ruang diketahui memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Memiliki 4 buah sisi berupa persegi panjang
  • Memiliki 2 buah sisi yang sama
  • Memiliki 12 rusuk

Bangun ruang manakah yang memiliki ciri-ciri di atas?

a. Kubus

b. Balok

c. Kerucut

d. Limas

Jawaban: b

Pembahasan: 

Bangun ruang yang memiliki 4 sisi persegi panjang adalah balok.

 

20. Diketahui kubus ABCD EFGH memiliki panjang rusuk 5 cm maka berapakah volumenya?

a. 125 cm3

b. 250 cm3

c. 145 cm3

d. 175 cm3

Jawaban: a 

Pembahasan: 

Volume kubus = rusuk x rusuk x rusuk =  rusuk3

Diketahui rusuk = 5 cm maka volume kubus = 5 x 5 x 5 = 125 cm3

 

21. Kubus merupakan bangun ruang yang sisinya berbentuk...

a. Persegi

b. Persegi panjang

c. Lingkaran

d. Trapesium

Jawaban: a

Pembahasan:

Kubus merupakan bangun ruang yang sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang.

 

22. Diketahui kubus ABCD EFGH memiliki rusuk 3 cm maka luas permukaan kubus tersebut adalah...

a. 54 cm2

b. 18 cm2

c. 81 cm2

d. 60 cm2

Jawaban: a

Pembahasan: 

Luas permukaan kubus = 6 x (s x s)

Diketahui rusuk/sisi kubus = 3 cm 

Luas permukaan kubus = 6 x (3 cm x 3 cm) = 6 x 9 = 54 cm2

 

23. Sebuah kotak kapur di sekolah memiliki sisi 10 cm. Berapakah keliling dari kotak kapur tersebut?

a. 100 cm

b. 120 cm

c. 130 cm

d. 140 cm

Jawaban: b

Pembahasan: 

Kotak kapur memiliki bentuk kubus.

Keliling kubus = 12 x sisi.

Diketahui sisi kotak kapur = 10 cm maka keliling kubus = 12 x 10 cm = 120 cm.

 

24. Balok adalah bangun ruang datar yang sisinya berbentuk...

a. Persegi 

b. Persegi dan lingkaran

c. Persegi dan persegi panjang

d. Persegi panjang dan lingkaran

Jawaban : c

Pembahasan : 

Balok merupakan bangun ruang yang memiliki sisi berupa persegi dan persegi panjang.

 

25. Sebuah balok memiliki panjang 15 cm lebar 11 cm dan tingginya 8 cm. Volume balok tersebut adalah...

a. 1220 cm3

b. 1320 cm3

c. 1330 cm3

d. 1430 cm3

Jawaban: b

Pembahasan: 

Volume balok = panjang x lebar x tinggi.

Diketahui panjang = 15 cm, lebar = 11 cm, dan tinggi = 8 cm maka volume balok = 15 cm x 11 cm x 8 cm = 1320 cm3

 

26. Sebuah balok memiliki panjang 15 cm lebar 11 cm dan tingginya 8 cm. Berapakah luas permukaan balok tersebut?

a. 745 cm2

b. 747 cm2

c. 748 cm2

d. 746 cm2

Jawaban: d

Pembahasan: 

Luas permukaan balok = 2 x (panjang x lebar + panjang x tinggi + lebar x tinggi).

Diketahui panjang = 15 cm, lebar = 11 cm, dan tinggi = 8 cm maka luas permukaan balok = 2 x ( 15 cm x 11 cm + 15 cm x 8 cm + 11 cm x 8 cm) = 2 x 373 = 746 cm2

 

27. Sebuah balok memiliki panjang 15 cm lebar 11 cm dan tingginya 8 cm. Berapakah luas alas dari balok tersebut?

a. 160 cm2

b. 165 cm2

c. 170 cm2

d. 175 cm2

Jawaban: b

Pembahasan: 

Sebuah balok memiliki alas persegi panjang maka luas alas balok adalah panjang x lebar. 

Luas alas balok = 15 x 11 = 165 cm2

 

28. Siti ingin membeli akuarium untuk memindahkan ikan-ikannya. Akuarium tersebut berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 10 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah volume akuarium tersebut?

a. 1500 cm3

b. 1200 cm3

c. 1300 cm3

d. 1400 cm3

Jawaban: a

Pembahasan: 

Volume balok = panjang x lebar x tinggi.

Volume akuarium = 15 x 10 x 8 = 1200 cm3

 

29. Rozi memiliki uang koin, lalu Rozi melempar uang koin tersebut. Berapa peluang munculnya gambar pada koin?

a. ½

b. â…“ 

c. ¼ 

d. â…• 

Jawaban: a

Pembahasan: 

Uang koin memiliki 2 sisi yaitu gambar dan angka sehingga peluang munculnya gambar pada uang koin tersebut adalah ½ .

 

30. Upin dan Ipin bermain monopoli bersama ipin melemparkan dadu. Berapa peluang munculnya mata dadu 4?

a. â…™

b. â…“

c. ¼

d. ½ 

Jawaban: a

Pembahasan: 

Hasil yang mungkin dari pelemparan mata dadu adalah 1, 2, 3 ,4, 5, dan 6. Jadi ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} sehingga banyak ruang sampel n(S) = 6. Misal A adalah kejadian muncul mata dadu 4 maka A = {4} sehingga n(A) = 1. 

P(A) = n(A)/n(S) = â…™ .

 

31. Ipin melemparkan dadu peluang munculnya mata dadu ganjil adalah...

a. 2/6

b. 3/6

c. 4/6

d. â…š

Jawaban: b

Pembahasan: 

Hasil yang mungkin dari pelemparan mata dadu adalah 1, 2, 3 ,4, 5, dan 6. Jadi ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} sehingga banyak ruang sampel n(S) = 6. Misal A adalah kejadian muncul mata dadu ganjil maka A = {1, 3, 5} sehingga n(A) = 3.

P(A) = n(A)/n(S) = 3/6.

 

32. Upin dan Ipin melemparkan 2 dadu secara bersama-sama. Peluang munculnya mata dadu berjumlah 6 adalah...

a. 5/36

b. 6/36

c. 7/36

d. â…š

Jawaban: a

Pembahasan: 

Dua buah dadu dilemparkan bersama-sama maka ruang sampelnya adalah 6 x 6 = 36.

Misal A adalah kejadian muncul kedua mata dadu berjumlah 6 maka A = {(1,5), (2,4), (3,3), (4,2), (5,1)} sehingga n(A) = 5.

P(A) = n(A)/n(s) = 5/36.

 

33. Dalam sebuah kotak terdapat 3 bola yaitu bola berwarna merah, kuning dan hijau. Berapakah siswa mengambil bola tersebut berwarna hijau?

a. ¼

b. â…“

c. ½

d. 1

Jawaban: b

Pembahasan: 

Misal S adalah ruang sampel dalam kotak tersebut maka S= {merah, kuning, hijau} sehingga n(S) = 3.

Misal A adalah kejadian muncul bola berwarna hijau maka A = {hijau} sehingga n(A) = 1.

P(A) = n(A)/n(S) = â…“.


34. Sebuah kantong berisi 20 kelereng yaitu 8 kelereng hijau, 12 kelereng biru. Peluang muncul kelereng berwarna biru yaitu...

a. 12/20

b. 8/20

c. 12/8

d. 12/12

Jawaban: a 

Pembahasan: 

Jumlah kelereng adalah 20 dan kejadian muncul kelereng berwarna biru adalah 12 maka peluang muncul kelereng warna biru adalah 12/20.

 

35. Jika dalam sebuah kotak terdapat 5 bola voli, 12 bola basket dan 3 bola sepak. Berapakah peluang siswa mendapatkan bola voli dan bola basket?

a. 17/20

b. 12/20

c. 15/20

d. 3/20

Jawaban: a

Pembahasan: 

Kejadian terambilnya bola voli dan basket adalah 12+5 = 17.

Total seluruh bola adalah 5+12+3 = 20 maka peluang terambil bola voli dan basket adalah 17/20.

Demikianlah soal matematika kelas 6 dan kunci jawabannya. Dari kumpulan contoh soal Matematika kelas 6  di atas, diharapkan siswa mendapatkan gambaran soal ujian Matematika kelas 6. Selanjutnya, di kelas 7 SMP akan dijumpai materi Perbandingan. Download aplikasi Aku Pintar untuk mempelajari materi selengkapnya.

 

 

 

Penulis: Ira Rosita

Penyunting: Deni Purbowati

0
20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog