APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Mengajar siswa yang banyak dalam satu kelas merupakan sebuah tantangan bagi seorang guru. Siswa yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda membuat guru harus peka terhadap ciri-ciri siswa tidak paham pelajaran atau siswa belum paham pelajaran. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan solusi guru agar siswa mudah memahami pelajaran.  Baca juga: Memahami Karakteristik Siswa...

00

Di PNUP Makassar jurusan kuliah apa saja yang tersedia? Apakah disiplin ilmunya mencakup rumpun Saintek dan Soshum atau hanya salah satu saja? Apa pula program atau jenjang yang dibuka di politeknik di Makassar ini? Setelah lulus kuliah di salah satu jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang, gelar apakah yang akan ditambahkan di namamu kelak? Namun pertanyaan yang terpenting, sudahkah kamu...

30

'Dari Mustahil Menjadi Mungkin,' sebuah frasa yang akhirnya aku temukan setelah dua tahun melewati masa yang sulit. Seperti kebanyakan orang, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya, di desa maupun kota, laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin, semua mengalami persoalan yang sama.  Pandemi Covid-19 menjadi momok yang menakutkan dengan adanya pembatasan sosial, pemakaian...

10

“Daring? No problem!” menjadi sebuah ungkapan yang sangat cocok untuk melihat bagaimana  pendidikan selama dua tahun terakhir ini. Pembelajaran yang semula tatap muka mengalami naik-turun, pasang-surut, suka-duka karena menjadi daring. Berbagai persoalan seketika dihadapi anak dan orang tua yang sebelumnya tidak terbiasa dengan dunia digital. Tentu tahun 2020-2021 menjadi tahun yang cukup...

10

Satu hari, teman-teman disuguhkan soal yang mempertanyakan berapa luas permukaan kaki gajah yang diperlukan untuk menaikkan dongkrak hidrolik. Setelah berjam-jam berkutat dengan angka dan logika, akhirnya kamu menemukan jawabannya. Ah, sungguh suatu kepuasan. Tunggu,  dari sulitnya soal tadi, kamu terdiam lalu menertawakan diri sendiri sambil mempertanyakan, “Apa  saat...

80

Ketika aku bergabung dengan ekstrakurikuler ini di sekolahku, tidak kuharapkan perlakuan lemah lembut. Sudah kubayangkan latihan fisik yang cukup keras, sesuatu yang perlu untuk mempersiapkan kami agar bisa bertahan di bidang yang kami geluti. Bayanganku meleset. Pandemi membuat kami  harus lebih banyak “latihan” daring. Menu latihan yang semula kuharapkan adalah hal-hal ...

20

Apa yang terbersit di benak Guru Pintar mendengar kata hukuman? Terdapat perdebatan antara boleh atau tidak menghukum siswa. Bahkan sudah sering kita dengar seorang guru dipidanakan karena telah menghukum siswanya.  Sekolah yang merupakan lembaga pendidikan merupakan tempat untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian seseorang secara menyeluruh. Proses pendidikan harus menekankan pada...

00

Jalur Mandiri PTN yang masih buka saat ini di mana saja, ya? Pertanyaan seperti ini bukan berarti kita enggak siap dengan hasil SBMPTN, tapi... selalu saja ada sisi "surprise" dalam hidup, kan? Jadi, kalau kejutan yang kali ini kita dapatkan adalah belum lolos SBMPTN, boleh banget kok, dan belum terlambat untuk mengikuti seleksi masuk PTN di Jalur Mandiri. Namun mengingat semester ini udah mau...

120

Guru adalah elemen yang sangat penting di sekolah. Bahkan bisa dikatakan guru merupakan ujung tombak kesuksesan penyelenggaraan kegiatan pendidikan di sekolah. Guru-guru di sekolah memiliki karakter yang berbeda-beda. Begitupun juga siswa di kelas, semuanya memiliki karakteristik yang berbeda. Tidak semua guru diterima oleh siswa baik itu cara penyampaian pelajarannya maupun caranya...

00

Jalur Rapor dan Prestasi yang masih buka saat ini apa, ya? Kamu tentu tahu, Jalur Mandiri menggunakan nilai rapor bisa menjadi alternatif masuk kuliah disamping SNMPTN dan SBMPTN. Mengingat sekarang SNMPTN udah kelar, sementara UTBK tinggal menghitung hari, pendaftaran kuliah yang masih buka apa nih buat back-up plan kita di SBMPTN? Mau nggak mau kita mesti super kepo dengan jadwal Jalur...

130

Pengelolaan keuangan yang baik tidak hanya diperuntukkan untuk profesi-profesi tertentu. Guru yang merupakan pekerjaan yang mulia dan bukan profesi yang sembarangan juga harus mampu mengelola gaji yang diperoleh dengan baik. Hal ini dikarenakan seorang guru adalah seorang pendidik dan pembimbing yang berperan penting memberikan ilmu pengetahuan dan membentuk budi pekerti siswanya agar masa...

00

Pengertian Gelombang Definisi gelombang adalah getaran yang merambat dari suatu titik ke titik lainnya melalui suatu media atau ruang hampa. Menurut Prof. Yohanes Surya, Ph.D. dalam buku berjudul Getaran dan Gelombang (2009), getaran yang merambat ini menghantarkan energi dan bergerak dalam kecepatan tertentu, namun tidak menyeret materi atau media yang dilewati. sebenarnya kita...

20

Tau ngga, jurusan terbaik Universitas Kristen Petra itu apa? Well, sebenarnya enggak gampang ngejawab pertanyaan ini, Sobat Pintar. Habis, pada dasarnya setiap jurusan itu adalah yang terbaik buat setiap mahasiswa selama dipilih sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing. Pertanyaannya, jurusan kuliah terbaik buatmu itu apa? Enggak kayak pertanyaan di atas, pertanyaan ini malah...

00

Hai, Sobat Pintar!  Apakah kalian pernah melihat daging sapi yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin (freezer)? Jika pernah, bagaimana teksturnya? Apakah kalian pernah terfikirkan bahwa daging sapi yang disimpan di dalam lemari pendingin (freezer) cenderung lebih awet jika dibandingkan dengan daging sapi yang disimpan di suhu normal? Mengapa hal ini bisa terjadi? Sobat Pintar, sudah...

10

Keterampilan public speaking atau keterampilan berbicara di depan umum merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk guru. Kemampuan ini dapat membantu seseorang membangun hubungan yang erat, berkomunikasi dengan baik dan jelas, serta meningkatkan kepercayaan diri ketika menyampaikan gagasan.  Pentingnya keterampilan berbicara bagi seorang guru...

10

Udah tau jurusan di Ubaya itu apa saja, atau belum, Sobat Pintar? Eitts, ini tentang Universitas Surabaya ya, bukan Universitas Negeri Surabaya. Nah, balik lagi ke pertanyaan di awal. Udah pada tahu apa belum nih, pilihan jurusan Universitas Surabaya? Kalau kamu bahkan masih belum kenal sama kampus ini, yuk sini merapat kita sama-sama cari tahu.   Tentang Universitas Surabaya Photo by NEXT...

50

Pilihan jurusan di Universitas Teknokrat Bandar Lampung itu apa saja? Sobat Pintar sudah mengenal salah satu universitas yang ada di Lampung ini? Apakah jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat minatmu ada di universitas ini? Eh, kamu udah tau apa belum sih, jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuanmu? Kalau kamu masih menduga-duga, mendingan jangan, deh. Daripada nanti...

10

Letak geografis adalah keberadaan atau posisi suatu wilayah dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi. Letak geografis dapat digunakan untuk mengenali keberadaan suatu negara mulai dari keberadaannya dalam satuan wilayah yang luas seperti benua hingga dalam satuan wilayah terkecil. Jadi, lokasi suatu tempat dapat diketahui dari keberadaan tempat di sekitarnya. Indonesia sebagai negara...

00

Beasiswa untuk guru 2022 adalah informasi yang dinanti-nanti oleh Guru Pintar yang ingin meningkatkan kompetensi diri supaya tetap dapat menyajikan pembelajaran yang berkualitas. Pada dasarnya menjadi guru adalah menjadi seorang pembelajar. Dengan mendaftarkan diri pada beasiswa tenaga kependidikan, Guru Pintar tidak hanya menunjukkan keinginan untuk belajar, tetapi juga komitmen untuk selalu...

00

Jurusan di Universitas Muhammadiyah Malang itu apa aja, sih? Apakah sama dengan jurusan yang ada di universitas di Jawa Timur yang lain? And more importantly, apakah kamu akan menemukan jurusan yang sesuai dengan rekomendasi Tes Penjurusan di Unmu Malang? Eh, by the way, udah ngerjain Tes Penjurusannya, kan? Kalau sekarang kamu udah tau rekomendasi jurusan yang paling sesuai dengan bakat,...

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog