redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Jadwal SNMPTN 2021 sudah released, Sobat! Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mengumumkan jadwal, persyaratan, dan pendaftaran SNMPTN 2021. Sobat Pintar yang berencana menggunakan jalur SNMPTN untuk masuk kuliah, wajib kepoin semua tentang jadwal sampai pendaftaran SNMPTN 2021 berikut ini.   Tentang SNMPTN 2021 Photo by Matese Fields on Unsplash SNMPTN (Seleksi...

260

Sedikit fiosofis, kali ini kita membahas tentang konsep hidup, Sobat. Yes, it's about Ikigai. Apa itu Ikigai? Sobat Pintar pernah mendengar atau membaca tentang konsep Ikigai?   Apa Itu Ikigai? Photo by Shannon Kunkle on Unsplash Ikigai adalah istilah yang diambil dari Bahasa Jepang untuk mendeskripsikan tentang makna atau nilai kehidupan. Pengertian Ikigai dipahami sebagai...

130

Ingin tahu bagaimana cara membuat portofolio, Sobat? Di SNMPTN, dan ada kemungkinan juga di SBMPTN, jurusan seni dan olah raga mengharuskan kita menyerahkan portofolio. Tapi apa itu portofolio? Seperti apa bentuk portofolio itu? dan bagaimana cara membuat portofolio yang menarik? Kepoin, yuk!   Pengertian Portofolio Jika belum pernah membuat portofolio sebelumnya, wajar saja kita...

160

Sudahkah Sobat Pintar tahu apa saja persiapan untuk kuliah? Dunia kuliah bakalan cukup berbeda dari masa-masa sekolah. Tanpa persiapan masuk kuliah yang tepat, semester pertama-kedua di universitas bisa jadi akan membuatmu merasa koprol depan-belakang bergantian. It surely won't happen to every body. Tapi nggak ada salahnya kepoin persiapan masuk kuliah sedari sekarang, kan? Yuk, catet deh,...

120

Menjadi mahasiswa baru setelah dinyatakan lulus sekolah menengah menjadi hal yang mendebarkan. Kegiatan kuliah yang berbeda dengan jadwal sekolah akan menuntutmu beradaptasi. Selain itu, kamu juga perlu berlatih menjadi anak rantau. Jangan kaget setelah lulus dari sekolah menengah, kamu akan hidup dengan jadwal yang baru. Tidak seperti di sekolah yang memberikan jadwal tetap setiap hari,...

210

Adakah Sobat Pintar yang ingin menjadi Sarjana Komputer? Entah karena minat atau prospek, Jurusan Ilmu Komputer adalah salah satu jurusan kuliah yang diminati oleh banyak calon mahasiswa baru. How about you, Sobat Pintar? Are you interested to study Computer Science?   Deskripsi Jurusan Ilmu Komputer Photo by Myriam Jessier on Unsplash Jurusan Komputer itu menarik, Sobat. Salah...

70

Pada Battle Pintar sebelumnya, Bapak Raymond Godwin, S.Psi., M.Si. (Kaprodi Psikologi Binus) berujar, "Satu kesalahan yang sering terjadi dalam memilih kuliah adalah langsung membayangkan kerjanya apa. Apalagi masa sekarang, Revolusi Industri 4.0, teknologi berkembang banyak, kita gak pernah ngira lima tahun lalu ada profesi YouTuber. Untuk mahasiswa yang sebentar lagi masuk kuliah, empat tahun...

60

Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah di Jurusan Manajemen Informatika? Jurusan ini tentu tak terlalu asing buat Sobat yang memang sudah mengincarnya selama ini. Tapi buat Sobat yang masih bimbang menentukan pilihan jurusan kuliah, wajib banget kenalan sama Jurusan Manajemen Informatika ini, lho. Why is that so? Well, you've gotta read on to get the answer.   Deskripsi Jurusan...

40

Ada banyak universitas swasta di Jakarta. Iya, dong! Tak hanya sebagai ibu kota negara, Jakarta juga kota pelajar kalau dilihat dari bejibunnya universitas swasta di kota ini. Dan lagi, kualitas universitas swasta di Jakarta nggak kalah sama universitas negeri. Tapi seberapa kenalkah Sobat Pintar dengan universitas swasta? More importantly, seberapa kenalkah dengan universitas swasta di...

10

Apa sih perbedaan kuliah diploma dan sarjana? Apa itu vokasi, dan bagus mana dengan pendidikan akademik? Manakah yang seharusnya kita pilih? Jangan sampai salah menentukan pilihan hanya karena kurang memahami perbedaan pendidikan vokasi dan sarjana, Sobat. Keep reading on and find your best option.   Pengertian Pendidikan Vokasi (Diploma) Photo by Rizky Rafael on Pexels Let's...

40

"Jurusan mana yang seharusnya saya ambil?" Pertanyaan seperti ini barangkali cukup sering berdengung di benak kita, Gen Z yang akan masuk kuliah. Memilih jurusan kuliah memang bisa menimbulkan kegalauan tersendiri. Ada berapa sebenarnya jurusan kuliah yang ada? Bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang tepat? Dan berbagai pertanyaan lain tentang pendidikan tinggi yang tak kita ketahui...

320

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan gerakan yang telah digulirkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2016. Namun bagaimana pendidikan karakter di sekolah? Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter? Berikut pembahasan tentang pendidikan karakter yang Guru Pintar perlu ketahui.   Pengertian Pendidikan Karakter Photo by Susan Yin on Unsplash Bagaimana para...

00

Sudahkah Sobat Pintar tahu bagaimana cara kita cek akreditasi perguruan tinggi? Tahu akreditasi perguruan tinggi atau kampus incaran itu penting, lho. Kenapa akreditasi itu penting? Apa yang dimaksud dengan akreditasi? Dan bagaimana cara cek akreditasi kampus incaran kita? Kepoin yuk!   Pengertian Akreditasi Menurut KBBI, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang...

40

Sebagai salah satu kampus favorit, biaya kuliah Universitas Indonesia (UI) cukup menyita perhatian. Tambahan pula, biaya pendidikan UI sangat beragam untuk berbagai program, mulai dari Program Vokasi, Sarjana, Magister, hingga Profesi. Kalau ini kampus incaranmu, wajib kepoin detail rincian biaya kuliah di UI berikut, Sobat.   Rincian Biaya Kuliah di UI (Universitas Indonesia) Let's get...

100

Pelaksanaan UTBK 2020 boleh dikata menjadi salah satu yang menarik. Bagaimana tidak, Sobat. Peserta UTBK 2020 yang sudah menyiapkan diri dengan belajar, latihan soal, dan try out, tiba-tiba harus menyesuaikan dengan materi ujian yang berbeda dari UTBK tahun sebelumnya. Mau tau lebih banyak tentang UTBK 2020? Let's read on, then.   Apa Itu UTBK? First thing first, apa itu UTBK? UTBK,...

200

Sudah siap menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) di UTBK mendatang, Sobat Pintar? Ujian seleksi masuk universitas negeri ini memang bisa bikin dagdigdug. Apalagi kalau persiapan yang kita lakukan cukup mendadak. Tapi kita masih punya waktu untuk bersiap dengan lebih baik lagi, Sobat. What can we do now? Yuk, kenali dan pahami materi TPS UTBK.   Pengertian Tes Potensi Skolastik (TPS) ...

260

Laporan kegiatan adalah sejumlah informasi yang diberikan kepada atasan dengan tujuan sebagai pertanggung jawaban atas pelaksanaan suatu kegiatan. Pembuatan laporan kegiatan biasanya dilakukan ketika sebuah acara atau kegiatan telah selesai dilaksanakan. Fungsi Laporan Kegiatan Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh laporan kegiatan seperti: Bukti pertanggung jawaban dari pelaksanaan...

00

Bukan rahasia lagi, Jurusan Kedokteran menjadi jurusan favorit dalam seleksi masuk kuliah dari tahun ke tahun. Sobat Pintar juga ingin kuliah di Fakultas Kedokteran? But what did you know about Med School? Yuk, kita mengakrabkan diri dengan segala sesuatu tentang Kedokteran, mulai profesinya hingga biaya kuliahnya.   Profesi Kedokteran Kenapa kuliah di Fakultas Kedokteran? Jika mendapat...

160

Jurusan teknik itu nggak melulu Teknik Sipil atau Teknik Elektro, tapi ada juga Jurusan Teknik Lingkungan! Udah kenal ama jurusan ini, Sobat? Apa itu Teknik Lingkungan? Apa yang dipelajari di Teknik Lingkungan? Di mana kuliahnya? Bagaimana pula peluang kerjanya? Yuk, kepoin!   Apa Itu Teknik Lingkungan? Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu tentang pengelolaan lingkungan yang sehat,...

80

Benar nggak sih, Sobat, kalau jurusan kuliah IPS itu ramai? Abisnya, peminat jurusan kuliah Soshum nggak cuma anak IPS, tapi juga anak IPA yang lintas jurusan. And you know what? Anak IPS dan anak IPA seringnya milih jurusan kuliah Soshum yang itu-itu juga. Alhasil, empat jurusan kuliah ini punya tingkat keketatan yang tertinggi di SBMPTN Soshum 2019 dan SBMPTN Soshum 2020 karena banyaknya...

150

CssBlog

metablog-web Portlet