redesain-navbar Portlet

Blog

Belajar Online di Rumah Jadi Lebih Menyenangkan? Bisa, Ini Caranya

Ada cara-cara yang mudah diterapkan agar belajar di rumah tak lagi membosankan.

belajar yang menyenangkan, Photo by Dagny Reese on Unsplash

Siapa bilang belajar di rumah itu ngebosenin? Oke, mungkin kita-kita juga yang bilang kayak gitu. Ya nggak, sih? Udah lah sendirian, nggak ada seru-serunya sama sekali, bukunya enggak menarik-menarik amat, materi pelajarannya juga sulit dipahami. Mau nambahin, Sobat? Yes, the list goes on.

Entah belajar secara mandiri atau sedang mengikuti kelas online, sebenarnya belajar di rumah itu bisa menyenangkan, kok. Selagi menunggu jadwal masuk sekolah, apa yang bisa kita lakukan biar enggak bosan dan belajar tetap terasa sama asyiknya seperti di sekolah?

 

1. Pastikan Kualitas Koneksi Internet

belajar online
Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Koneksi internet yang berkualitas adalah koentji belajar online. Memang tak setiap rumah memiliki kecepatan dan kestabilan internet yang sekelas rumah sultan (sultan siapa tuu?). Tapi bukan berarti kita punya alasan untuk tak belajar kan, Sobat? Nebeng WiFi tetangga atau tethering dari ponsel kakak, orang tua, om, atau tante yang koneksi internetnya lebih bagus bisa menjadi jalan keluar.

 

2. Cari Spot Terbaik buat Belajar

belajar di rumah
Photo by Jexo on Unsplash

Kata orang, posisi menentukan prestasi. Kalau belajar di rumah, lokasi yang menentukan, Sobat. Bisa jadi satu spot tertentu di rumah menangkap sinyal provider dengan lebih baik daripada tempat-tempat lain di rumah. Udah, enggak perlu dipikir kenapa misteri ini terjadi. Gunakan saja spot itu buat belajar.

Tapi belajar saja tak cukup, kan? Kita harus bisa bikin suasana belajar yang menyenangkan juga, dong. Coba diingat-ingat, dimana tempat yang nyaman untuk kamu belajar? Sendirian di dalam kamar? Ramai-ramai sambil dengerin (dan nonton) televisi di ruang keluarga?

Belajar secara mandiri memang bisa dilakukan di manapun yang kita suka. Namun untuk mengikuti kelas online, sebaiknya dilakukan di sebuah ruang yang minim gangguan. Tips belajar daring ini cukup penting, Sobat. Nggak pengin kucing peliharaanmu tiba-tiba nongol di kamera dan bikin heboh semua orang, kan? Biar enggak kehilangan suasana pembelajaran daring yang menyenangkan, siapkan mood booster-mu, entah jajanan, minuman, boneka favorit, tanaman kesayangan, action figure hadiah dari doi, atau yang lain, di dekat jangkauan.

Jangan ragu untuk memodifikasi apapun tips belajar di rumah yang menyenangkan yang Sobat peroleh. Sesuaikan saja tips tersebut dengan senyamannya diri kita sendiri.

 

3. Jadwalkan Waktu Belajar

tips belajar daring
Photo by Sincerely Media on Unsplash

Sudah mengikuti jadwal kelas online dari sekolah, apakah masih harus bikin jadwal lagi buat belajar secara mandiri? Iya, Sobat. Alih-alih menganggapnya sebagai tugas (yang identik dengan beban), kenapa kita nggak memandang belajar sebagai sesuatu yang fun, yang kita enjoy melakukannya? Tau nggak Sobat, salah satu cara belajar agar cepat paham dan ingat adalah mengerjakannya dengan hati yang ringan dan riang. Tapi bagaimana cara belajar menyenangkan itu? Ketahui golden timing-mu, Sobat. Belajar pada saat yang tepat dapat mengubah prespektif dan perasaanmu.

Minimal, jadwalkan waktu untuk mengulang materi pelajaran atau mengerjakan soal-soal latihan pada jam-jam yang kita terbiasa belajar. Kita cenderung membutuhkan lebih sedikit waktu bila mengerjakan rutinitas yang berulang dilakukan setiap hari. Kalau bisa dilakukan dengan ringkas, bukankah ini cara belajar yang efektif dan menyenangkan?

 

4. Cari Teman buat Belajar

cara belajar menyenangkan
Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Apa sih, yang bikin kita lebih suka belajar di sekolah? Ada teman-teman sekelas yang sama-sama belajar (dan bisa diajak seru-seruan), bukan? Nah, tips belajar di rumah yang menyenangkan, sehingga mampu mengikis rasa bosan kita belajar sendirian, adalah dengan menduplikasi suasana belajar bareng teman seperti ini di rumah, Sobat.

Bagaimana cara belajar di rumah agar tidak bosan? Sobat Pintar bisa menggunakan Ruang Pintar, sebuah ruang virtual untuk belajar bersama Sobat-Sobat lain se-Indonesia. Biarpun nggak bisa chat dan ngobrol langsung, suasana cam on bakal seketika membuatmu merasa tak sendirian lagi saat belajar. Iya, mirip sama situasi belajar di perpustakaan. Hanya saja, kali ini perpustakannya senyaman comfort spot-mu di rumah.

Mirip seperti bunglon, kita juga bisa melakukan mimikri. Bahkan, menurut sebuah artikel tentang eksperimental psikologi sosial di ScienceDirect, mimikri pada manusia sering terjadi tanpa disadari. Begitu pula ketika melihat Sobat Pintar lain yang sedang belajar di Ruang Pintar, kita pun akan tergerak untuk melakukan hal yang sama. Kalau sudah begitu, yakin masih butuh tips agar tidak bosan belajar di rumah? Hempas deh, Sobat!

Ruang Pintar dapat digunakan secara gratis. Caranya juga gampang. Cukup daftar dan pilih jadwal yang akan diikuti. Kemudian, tunggu email untuk mendapatkan link guna memasuki Ruang Pintar. There you go, Sobat Pintar bakal lebih bersemangat belajar di rumah dengan ditemani Sobat-Sobat di seluruh Indonesia.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet