redesain-navbar Portlet

null

Blog

Sudah Tahukah Sobat? Ini 15 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

Prospek kerja menjadi salah satu pertimbangan memilih jurusan kuliah.

15 Jurusan Kuliah, image by You X Ventures from unsplash

Dari sisi pragmatis, penasaran nggak sih Sobat, apa saja jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Udah capek-capek kuliah, masak masih bengong aja setelah lulus? Enggak banget, kan! Makanya, kenali dulu apa saja jurusan dengan prospek kerja bagus seperti... berikut ini!

 

1. Sastra Inggris

Sastra Inggris termasuk jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Mahasiswa Sastra Inggris biasanya sudah mulai bekerja sebagai penerjemah sejak masih kuliah. Saking akrabnya anak Sastra Inggris dengan berbagai literatur, rata-rata mereka jago menulis – termasuk konten! Ada pula Sarjana Sastra yang menjadi dosen setelah melanjutkan kuliah S2.

 

2. Pendidikan Dokter

Di masa-masa mendatang, kita akan membutuhkan lebih banyak lagi dokter – bukan hanya dokter umum, tapi juga dokter-dokter spesialis. Berkaca pada pandemi yang sekarang sedang berlangsung, dokter adalah tenaga kesehatan yang sangat penting. So, kalau ditanya tentang jurusan yang banyak dibutuhkan, Pendidikan Dokter jelas salah satunya.

 

3. Ilmu Komunikasi

As we know it, industri kreatif sedang gencar-gencarnya berkembang. Memang ada penyesuaian bisnis kreatif disebabkan oleh pandemi, tetapi bidang ini tetap membutuhkan alumni Ilmu Komunikasi yang jago desain, fotografi, membuat iklan, public speaking, bahkan menulis. Pilih jurusan kuliah yang cepat dapat kerja ini, Sobat!

 

4. Ilmu Ekonomi

Ibu Menkeu kita sekarang adalah alumni jurusan ini. Butuh bukti apa lagi untuk meyakinkanmu bahwa Ilmu Ekonomi adalah jurusan kuliah yang menjanjikan? Yeah, your life will be different, of course. Tapi jadi perencana keuangan yang kekinian juga nggak kalah kece, kok! Atau, kuliah lagi dan menjadi dosen – pssttt Ibu Menkeu juga sesekali jadi dosen tamu, lho!

 

5. Teknik Mesin

Jika saat ini Sobat sedang menimbang-nimbang jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, teknik harus masuk di dalam list-mu. Need to be more specific? Teknik Mesin, Sobat! Berbagai lini kehidupan kita saat ini sudah sangat tergantung pada mesin – termasuk robot. Yang penting, jangan berhenti belajar bahkan setelah lulus kuliah, ya!

 

6. Teknik Elektro

Menjadi seorang ahli robotik juga bisa diawali dengan kuliah di jurusan ini. Selain bidang mekatronika, alumni Teknik Elektro juga bisa berkarier di bidang telekomunikasi. Ingin bekerja di perusahaan pembangkit listrik? Bisa juga! Bukankah ini adalah prospek jurusan kuliah yang menjanjikan, Sobat?

 

7. Teknik Informatika

Ilmu komputer dan teknologi informasi akan semakin berkembang. Tak diragukan lagi, Teknik Informatika menjadi jurusan yang paling banyak peluang kerjanya. Web developer, computer programmer, dan software developer adalah beberapa profesi yang banyak digeluti alumni jurusan ini.

 

8. Teknik Perminyakan

Salah satu jurusan dengan prospek kerja bagus di Fakultas Teknik adalah Teknik Perminyakan. Bukan rahasia lagi kalau alumni jurusan ini rata-rata berpenghasilan cukup besar. Mereka ada yang menjadi ahli tambang, ahli pengeboran, teknisi perminyakan, dan berbagai profesi bergaji tinggi yang lain di bidang pertambangan.

 

9. Psikologi

Ingin kuliah di jurusan yang banyak dibutuhkan, Sobat? Psikologi jawabannya! Alumni jurusan ini dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Selain menjadi bagian dari divisi HRD, seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor yang bekerja secara mandiri.

 

10. Aktuaria

Meskipun jurusan ini tak bisa dijumpai di banyak universitas, Aktuaria sebenarnya menawarkan prospek cerah di masa mendatang. Semakin berkembangnya bisnis asuransi menjadi salah satu faktor pendukung kenapa Aktuaria menjadi jurusan dengan prospek kerja bagus. Adakah Sobat Pintar yang ingin menjadi aktuaris?

 

11. Arsitektur

Industri di bidang konstruksi dan rancang bangun akan tetap berlanjut dan berkembang di masa mendatang. Orang-orang pun semakin menyadari pentingnya nilai keindahan, fungsi, dan kekuatan suatu bangunan. Jika menjadi arsitek sudah menjadi cita-citamu, jangan ragu lagi, Sobat! Arsitek adalah jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

 

12. Akuntansi

Manajer keuangan, auditor, maupun akuntan akan tetap dibutuhkan di berbagai bidang bisnis. Jika menginginkan jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, Akuntansi wajib banget masuk pertimbangan, Sobat. Selain diminati oleh anak IPS, jurusan ini pun ternyata banyak peminat dari kelas IPA, lho!

 

13. Desain Komunikasi Visual

Di jurusan ini, mahasiswanya belajar tentang bagaimana menyampaikan pesan melalui desain. Pesan tersebut bisa bertujuan sekedar memberikan informasi, mempersuasi, hingga mempengaruhi si penerima pesan. DKV terhitung sebagai jurusan dengan prospek kerja bagus, seperti desainer grafis, animator, hingga desainer produk industri.

 

14. Ilmu Gizi

Bukan hanya mempelajari tentang gizi dan kesehatan, mahasiswa jurusan ini pun belajar tentang bagaimana memberikan jasa konsultasi gizi. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang menyadari pentingnya kesehatan, jasa ahli diet dan nutrisi pun semakin dibutuhkan. Tak berlebihan bila kita menyebut ini jurusan kuliah yang banyak peluang kerja, bukan?

 

15. Teknik Biomedik

Perkembangan teknologi di bidang kesehatan membutuhkan orang-orang dengan keahlian Biologi dan teknologi. Dasar-dasar ilmu komputer dan teknik pun diterapkan di bidang Biomedik. Di negara-negara maju, Teknik Biomedik merupakan prospek jurusan kuliah yang menjanjikan dan sangat menghasilkan.

 

Pertimbangan prospek kerja di masa depan memang tak bisa dipisahkan dari pilihan jurusan kuliah, tapi tetap bukan satu-satunya faktor. Anyway, kalau menurut pendapatmu, jurusan yang paling banyak peluang kerjanya itu apa, Sobat?

270

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
Saya juga dengar kalo jurusan FK emng banyak diminati sampai sampai peluang kerja buat fk katanya sedikit yaaa jadi fk ini termasuk peluang kerja yang besar atau tidak sebenarnya?
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp