redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Entri dengan tag kuliah .

Bukannya bermaksud sotoy nih, ya. Tapi salah satu penyebab banjir di kota-kota besar di negeri kita tercinta ini bisa jadi karena kurang terlibatnya pakar Teknik Pengairan dalam perencanaan dan tata kota. Catet, pengairan – bukan perairan! Nah, apa sih Teknik Pengairan ini?   Jurusan Langka yang Hanya Ada Dua di Indonesia Saat ini cuma ada Teknik Pengairan di Universitas Brawijaya dan ...

80

Kamu jago Fisika, Matematika, dan Kimia? Selalu tertarik pada dunia kedirgantaraan atau pesawat? Pernah dengar tentang Teknik Penerbangan? Nah, apa lagi, nih?   Bukan Sekolah Pilot Teknik Penerbangan dikenal juga sebagai Teknik Kedirgantaraan. Jurusan atau program studi ditingkat pendidikan tinggi ini kadang disebut sebagai Teknik Astronotika (Astronautics), Teknik Aeronotika...

110

Kalau kuliah di Jurusan Teknik Arsitektur, apa kamu harus jadi seorang arsitek? Nggak harus, sih. Memang sebagian besar mahasiswa Teknik Arsitektur memilih jurusan ini karena bercita-cita ingin jadi arsitek – entah untuk alasan prestis maupun finansial. Tapi sebenarnya, ada banyak profesi lain yang terbuka untuk kamu-kamu yang lulus dari Jurusan Teknik Arsitektur. Apa saja?   1. Pegawai...

230

Oke, kamu udah pilih jurusan Bahasa di SMA, tapi tetep nggak bisa jawab saat orang-orang diluar sana kasih komentar tentang kuliahmu nanti. Sebenarnya kamu udah tahu belum sih, jurusan apa saja yang terbuka untuk anak Bahasa? Coba lihat dibawah ini, sudah adakah jurusan yang terbersit dibenakmu?   1. Bahasa dan Sastra Biasanya, Bahasa dan Sastra berada dalam satu jurusan meskipun tak...

220

Salah satu negara di Asia yang menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia adalah Taiwan. Bahkan, beasiswa dibidang pendidikan tinggi vokasi mulai digalakkan pada tahun 2018. Apakah kamu tertarik? Eh, tunggu dulu! Tak hanya beasiswa pendidikan tinggi vokasi yang ditawarkan oleh pemerintah Taiwan, tapi juga beberapa macam beasiswa berikut ini.   1. Ministry of Education (MOE) Huayu...

260

So far, udah berapa orang yang bilang sama kamu kalau lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia tuh nggak punya prospek masa depan yang cerah? Itu salah banget, lho! Lihat deh, ragam profesi Sarjana Sastra dibawah ini.   1. Penulis Sebagai lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, menulis sudah menjadi keterampilan yang terasa alami. Iyalah, abisnya selama kuliah kamu udah...

180

Jurusan ini sering dianggap sebagai underdog, tak punya prestis, dan jarang dipilih. Di manapun kampusnya, mahasiswa jurusan ini sering menerima 'tuduhan-tuduhan' tak adil atau stereotipe yang kadang cukup nyebelin. Bisa nebak, jurusan apa? Yup, Jurusan Sejarah.   Jurusan dimana Orang-Orang yang Susah Move On Berkumpul Ngapain sih, belajar tentang Sejarah, tentang masa lalu yang sudah ...

40

Makin mudahnya peluang untuk menjadi mahasiswa internasional saat ini tentunya menguntungkan banget bagi kamu-kamu yang masih duduk dibangku SMA/ MA/ SMK. Selain pendalaman keilmuan yang lebih serius, kamupun dapat bonus belajar kultur yang berbeda di negeri orang. Bukan berarti kuliah di dalam negeri itu nggak serius, tapi pengalaman yang kamu dapat diluar kampus sebagai mahasiswa ...

350

Menjadi mahasiswa internasional bukan hal yang luar biasa lagi saat ini – udah biasa banget! Ada saja mahasiswa dari berbagai negara di belahan dunia lain yang melanjutkan pendidikannya pada setiap benua. Di Eropa sendiri, Jerman adalah negara dengan pendidikan tinggi terbaik – bahkan lebih baik ketimbang Inggris dan Perancis. Kenapa bisa begitu? Berikut ini beberapa alasannya –...

250

Mau tinggal di beberapa kota besar di luar negeri? Mau ikutan sidang PBB? Mau ketemu orang-orang penting di dunia yang turut mempengaruhi arah kebijakan internasional? Jika impianmu adalah melakukan hal-hal seperti ini dimasa depan, bekerja di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia adalah salah satu cara yang bisa kamu tempuh. Apakah ini berarti kamu kudu kuliah di Jurusan Hubungan...

450

Siapa yang sering nongkrong ngobrol asik di ruang BP/ BK, nih? Atau sebaliknya, hubunganmu dengan guru-guru BP/ BK di sekolah udah mirip Tom si kucing sama Jerry si tikus alias nggak ada akur-akurnya? Sebenarnya apa sih, guru BP/ BK di sekolah itu? Yuk, cari tahu sama-sama.   Profesi yang Disebut Sebagai Konselor Pendidikan Ada yang meyakini bahwa istilah Bimbingan Penyuluhan (BP) itu...

90

Secara alaminya, seorang introvert merasa kurang nyaman, bahkan lelah, saat harus berinteraksi dengan terlalu banyak orang. Berbanding terbalik dengan orang ekstrovert yang ramah, senang bergaul, terbuka, periang, dan punya banyak teman, orang-orang introvert lebih menghargai dan menjaga hubungan yang dimilikinya dengan beberapa orang dekat saja. Saat orang ekstrovert tersiksa dan bosan dengan...

500

Sukses nggak harus kuliah, buktinya Albert Einstein nggak selesai sekolah. Bahkan, gurunya dulu menuduh Einstein menderita keterbelakangan mental. Tak sampai disitu, Einstein juga menderita disleksia. Namun kemudian, Einstein menjadi profesor yang mengajar di perguruan tinggi di Belanda dan Amerika Serikat. Tahukah kamu sebabnya kenapa prestasi akademik bukan segalanya yang menentukan...

460

Yang namanya kuliah, menjadi mahasiswa, dan hidup didunia kampus tentu berbeda dari masa-masa sekolah. Selama 12 tahun kamu berangkat pagi secara teratur, mengikuti pelajaran di kelas sesuai jadwal, bahkan mungkin ada beberapa guru yang masih sempat memeriksa buku catatanmu. Tapi semua berubah setelah kamu berstatus sebagai mahasiswa. Nah, agar tak terlalu terkejut dengan dua dunia...

290

Diakui atau tidak, krisis pede udah jadi masalah umum diusia sekolah menengah bahkan sampai kuliah. Kamu mau mengakui atau tidak, takkan mengubah kenyataan ketika adakalanya kamu merasa tak berharga, gamang, galau, atau terpuruk. Memang tak selalu tampak, dan ada saja tipe orang yang menutupinya dengan humor yang berlebihan, kemana-kemana selalu rame-rame dalam kelompok, atau yang...

580

Mau jadi Diplomat yang sering jalan-jalan ke berbagai negara di dunia? Kamu bisa bertugas ke Rusia, Amerika Serikat, Swiss, atau Korea Selatan seperti Bapak Cecep Herawan, seorang Diplomat Republik Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik. Beliau alumnus Hukum Internasional Universitas Padjadjaran. Nah, penasaran tentang jurusan ini?   ...

170

Mitos dalam Bahasa Latin (mythos) berarti perkataan atau cerita. Yang namanya cerita – kata orang – seringnya sih, dilebih-lebihkan dari kenyataannya. Nah, apa yang jadi mitos seputar dunia kampus dan perkuliahan? Yuk, cari tahu!   1. Ada Jurusan Kuliah yang Gampang, Ada yang Sulit Mau kuliah nyantai? Di Jurusan Seni Rupa aja! Kalau kuliah Kedokteran tuh, banyak stresnya! Coba deh,...

170

Perubahan SBMPTN menjadi Test Center masih menimbulkan tanda tanya dan menyisakan kegalauan bagi siswa SMA/MA/SMK kelas XII – kamu juga? Wajar sih, berada tepat pada masa transisi suatu sistem memang penuh ketidakpastian. Apalagi, masa-masa dari sekolah ke kuliah juga sebenarnya sudah cukup memusingkan tanpa tambahan perubahan skema tes masuk perguruan tinggi. Namun demikian, daripada...

640

Diawal tahun 2018, jumlah total PTN di Indonesia adalah 400 dan jumlah TS sebesar 4168. Angka tersebut sudah menyertakan PTN dan PTS dibawah Kemenag dan Perguruan Tinggi Kedinasan. Nah kalau segitu angkanya, bingung nggak sih, saat harus memutuskan perguruan tinggi mana yang dipilih? Asal kamu tahu nih ya, perguruan tinggi di Indonesia bahkan di seluruh dunia juga punya peringkat atau...

120

Kamu percaya kalau orang bilang, PTS tuh nggak sebagus PTN? Bahkan ketika ngomongin PTS di kota-kota besar sekalipun? Bagaimana dengan PTS di ibukota? Masak masih dibilang kalah kualitas sama PTN? Apalagi, kalau PTS-nya udah terakreditasi A BAN-PT, seperti berikut ini.   1. Universitas Bina Nusantara Memiliki kampus pada beberapa lokasi, kampus utamanya sendiri berada di Jl. KH....

40

CssBlog

metablog-web Portlet