APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama


Type here.

Pengertian Ilmu Ekonomi


 

Ilmu ekonomi pengertian dari Oikonomia yaitu dari bahasa latin dari asal kata OIKOS yang berarti rumah tangga dan NOMOS yang berarti aturan. Sehingga secara sederhana Ekonomi diartikan sebagai aturan-aturan dalam  rumah tangga dalam upaya memenuhi kebutuhan.

  1. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan ilmu ekonomi, aturan-aturan dalam rumah tangga mengalami penyesuaian serta pengembangan sebagai berikut (Ilmu Ekonomi menurut beberapa ahli): Ilmu ekonomi secara sis1ema1is mempelajari Tingkah laku manusia dalam usahanya unTuk mengalokasikan sumber – sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu (ADAM SMITH).
  2. Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari – hari (ALFRED MARSHALL).
  3. Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi (PAUL A SAMUELSON)

Inti dari pengertian yang disampaikan dari para ahli tersebut, ilmu ekonomi berperan aktif untuk mensejahterakan manusia baik secara perorangan maupun kelompok.

Prinsip Ekonomi


 

Pengertian prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi yang mengacu pada upaya memperoleh perbandingan rasional antara usaha dan hasil. Dalam melakukan kegiatan ekonomi, setiap orang ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan usaha minimal. Oleh karena itu, muncullah prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Konsep utama prinsip ekonomi adalah menjelaskan bahwa tidak ada yang benar-benar gratis. Setiap barang atau jasa membutuhkan timbal balik atas apa yang diberikan. Artinya, seseorang harus membayar atau melakukan sesuatu sebagai ganti atas barang atau jasa yang diterima. Prinsip ekonomi ini berlaku dalam setiap jenis kegiatan ekonomi, mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Sebagaimana dijelaskan melalui pengertian di atas, tujuan prinsip ekonomi adalah mencapai perbandingan rasional antara usaha yang dilakukan dan hasil yang diperoleh. Sederhananya, tujuan prinsip ekonomi adalah memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir adanya kerugian.

Tujuan Ekonomi


 

Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi Menurut KBBI, ekonomi adalah: ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan); pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga; tata kehidupan perekonomian (suatu negara); urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara); Keempat definisi tersebut berkaitan bukan hanya dengan keuangan, tetapi juga dalam kehidupan secara umum (perhatikan definisi ke-2, tentang pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga, yang mana dapat dilihat dalam seluruh elemen kehidupan).

Karena itu, salah satu tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui bagaimana cara kerja masyarakat maupun dunia. Ilmu ekonomi berada pada jantung dari semua pengambilan keputusan. Dengan keluasan jangkauan kajiannya, ekonomi dapat melihat bagaimana individu, perusahaan, pemerintah, dan elemen lain seperti organisasi non profit dalam mengambil keputusan menggunakan sumber daya yang terbatas.

Selain itu, ilmu ekonomi memberikan kerangka konseptual tentang bagaimana menciptakan solusi dunia yang lebih baik kepada orang yang mempelajarinya. Perlu diingat bahwa hampir semua permasalahan sosial yang paling kritis di dunia seperti pengangguran, inflasi, kemiskinan, polusi, kesetaraan hak manusia, biaya pelayanan kesehatan dan lain-lain, merupakan permasalahan ekonomi. 

Manfaat Ekonomi


 

 Manfaat dan tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah:

  • Memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi baik secara lokal, nasional, maupun global
  • Membantu pembuat kebijakan untuk memahami pola perilaku ekonomi masyarakat
  • Dapat memberikan sumbang dan kontribusi berupa pemikiran tentang potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi yang diambil oleh seorang pemimpin Memberikan masukan dan kritik dalam pengambilan keputusan terkait tindakan-tindakan ekonomi
  • Meningkatkan kepekaan seseorang terhadap situasi ekonomi baik secara lokal, nasional, maupun globa
  • Membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi
  • Membantu memberikan pengertian pada potensi dan keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi

Beberapa tujuan mempelajari ilmu ekonomi diantaranya:

  1. Mencari tahu benang merah antara peristiwa yang terjadi dengan perekonomian Tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mencari tahu tentang pengertian dari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam proses perekonomian. Dengan ilmu ekonomi, kita bisa mencari tahu apa hubungan antara kejadian atau peristiwa peristiwa perekonomian yang ada.
  2. Memanfaatkan ilmu ekonomi sebagai landasan dalam pengambilan keputusan Ilmu ekonomi juga dapat digunakan untuk landasan pengambilan keputusan. terutama masalah yang berkaitan dengan ekonomi baik di tataran lokal maupun nasional.
  3. Menciptakan kondisi yang kondusif dan baik untuk kemajuan perekonomian Selain dua tujuan di atas, mempelajari ilmu ekonomi juga bertujuan untuk menciptakan kondisi yang kondusif demi kemajuan perekonomian dalam masyarakat. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, pastinya semua pelaku ekonomi mampu bersinergi dan bekerjasama dalam upaya menciptakan sebuah kondisi yang baik dan kondusi.
  4. Melatih kreativitas dalam berwirausaha dan mandiri Tujuan mempelajari ilmu ekonomi lainnya adalah untuk melatih agar seseorang dapat mengembangkan kreativitasnya untuk berwirausaha dan mandiri. Makanya ilmu sangat disarankan untuk orang-orang yang ingin menjalan usaha. Pasalnya ilmu ini pasti sangat dibutuhkan.

Latihan 1

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Pengertian Ilmu Ekonomi adalah …

A. Hal yang mempelajari perilaku manusia dalam menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia

B. Ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia seari-hari

C. Suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat

D. Ilmu atau studi yang mempelajari tentang kehidupan manusia sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan

E. Mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya mengalokasikan sumber daya yang terbatas

Latihan 2

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui....

 

A. Usaha manusia mencari kemakmuran

B. Peristiwa-peristiwa dalam masyarakat

C. Usaha manusia memenuhi kebutuhan

D. Usaha manusia menciptakan barang

E. Usaha manusia meningkatkan manfaat barang

Latihan 3

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Prinsip ekonomi dapat diterapkan kepada setiap pelajar dalam kehidupannya, seperti …

 

A. membeli alat tulis sesuai keperluannya

B. menulis pesan-pesan di seragam tanda kelulusan

C. mempelajari materi yang baru saja diberikan oleh guru

D. membelanjakan seluruh uangnya untuk membeli alat tulis

E. membeli hal yang tidak penting

Latihan 4

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Apa saja manfaat mempelajari ilmu ekonomi?

 

A. Memberikan pemahaman atas potensi kebijakan ekonomi.

B. Memberikan pemahaman atas keterbatasan kebijakan ekonomi.

C. Membantu memahami bentuk perilaku ekonomi di dunia nyata secara lebih baik.

D. Membantu lebih mahir atau ahli dalam menyelesaikan masalah ekonomi

E. Semua benar

Latihan 5

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Yang bukan termasuk penerapan prinsip ekonomi pada produksi adalah ...

 

A. Pemakaian bahan baku yang bermutu baik

B. Lokasi perusahaan yang dekat dengan lokasi bahan baku

C. Lokasi perusahaan yang dekat dengan lokasi bahan baku

D. Mengirimkan barang tepat waktu ke konsumen

E. Melakukan produksi tepat waktu

Kebutuhan Ekonomi

Pada dasarnya setiap manusia punya kebutuhan yang tidak terbatas dan beragam. Setuju nggak, Sobat pintar? Misalnya, kebutuhan kamu adalah makan, minum, sekolah, dan pakaian. Tetapi, semakin kebutuhan tersebut dipenuhi satu per satu, kamu pasti masih merasa belum puas. Nantinya, kamu akan membutuhkan hal-hal lain seperti handphone, motor, dan masih banyak lagi.

1. Kebutuhan menurut intensitas 

  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Menurut International Labour Organization (ILO), kebutuhan primer berkaitan erat dengan kebutuhan pokok seperti pangan dan gizi (makan dan minum).
  2. Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang baru boleh terpenuhi setelah kebutuhan primer. Contohnya ketika orang tuamu membeli alat masak, lemari, sepatu, dan lainnya.
  3. Kebutuhan tersier disebut juga dengan kebutuhan mewah dan tertuju untuk orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya perhiasan atau mobil.

2. Kebutuhan menurut waktu

  1. Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi pemenuhannya. Misal, saat kamu sakit harus membutuhkan obat atau ketika temanmu dahaga harus segera diberi minum.
  2. Kebutuhan akan datang adalah kebutuhan yang tidak berakibat fatal pada kelangsungan hidup seseorang. Contohnya: tabungan.
  3. Kebutuhan tidak terduga harus dipenuhi ketika terjadi sesuatu yang sifatnya tiba-tiba. Misalkan, anak tetangga sebelah mengalami kecelakaan bersepeda, maka ia harus segera dibawa ke rumah sakit.
  4. Kebutuhan sepanjang waktu adalah sesuatu yang tidak berbatas dalam pemenuhannya, contoh mudahnya belajar. Kamu harus menuntut ilmu sepanjang waktu.

3. Kebutuhan menurut sifat

  1. Kebutuhan jasmani yang dirasakan oleh fisik/jasmani manusia, seperti berolahraga.
  2. Kebutuhan rohani tidak tampak secara nyata sebab kebutuhan ini dirasakan secara batiniah yang akan menyebabkan perasaan gembira, lega, dan lain sebagainya. Contohnya adalah kasih sayang dari orang tua atau menjalankan ibadah.

4. Kebutuhan menurut subjek

  1. Kebutuhan individu yang merupakan kepuasan pribadi, misalnya seorang pelajar membutuhkan seragam, buku, dan alat tulis. 
  2. Kebutuhan sosial adalah yang bisa bermanfaat untuk kelompok/orang banyak. Tujuannya agar bisa lebih sejahtera, tertib, dan aman.  Nah, contohnya seperti rumah ibadah atau rumah sakit.

Setelah kita sama-sama mengetahui macam-macam kebutuhan, maka kini kamu harus tahu bahwa semua kebutuhanmu itu bisa dibagi menjadi dua jenis pemenuhan. Pertama, melalui barang yang berwujud dan bisa dilihat atau dirasakan. Kedua, melalui jasa yang wujudnya tidak bisa dilihat tapi manfaatnya terasa. Kamu bisa memberi contoh barang dan jasa? Yup, barang itu seperti motor, makanan, atau seragam. Sementara, jasa contohnya adalah dokter, guru, atau supir angkutan umum. Sudah jelas, ya? Sekarang, kita bahas lebih rinci lagi ya tentang macam-macam benda pemenuhan kebutuhan.

macam-macam kebutuhan

Seorang Ibu membeli pakaian anak sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan (Sumber: future executives.org)

1. Benda menurut cara mendapatkannya

  • Benda ekonomi yang jumlahnya lebih sedikit dari kebutuhan manusia, dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misalnya, Ibu Shabrina membeli 10 kg beras di Toko Koh Atong dan harus membayar Rp105.000. Maka, uang yang dikeluarkan oleh Ibu Shabrina dianggap sebagai bentuk pengorbanan untuk mendapatkan beras.  
  • Benda bebas atau disebut juga benda non ekonomi yang jumlahnya melimpah, sehingga untuk mendapatkannya tidak perlu pengorbanan/tanpa biaya. Misalnya, cahaya matahari atau udara.
  • Benda illith jumlahnya sangat melimpah sehingga cenderung dapat merugikan manusia. Contohnya, menggunakan tampungan air hujan untuk mencuci motor, jika tidak maka parit di depan rumahmu akan mengalami banjir.

2. Benda menurut tujuan kegunaannya

  • Benda konsumsi adalah benda siap pakai tanpa harus melalui proses olah terlebih dahulu. Misalnya sepatu, pakaian, atau tas.
  • Benda produksi yang digunakan untuk menghasilkan benda yang lain, contohnya mesin dan alat baku.

3. Benda menurut proses pembuatannya

  • Bahan mentah adalah bahan yang belum mengalami proses pengolahan. Bahan mentah disebut juga bahan baku, contohnya adalah minyak bumi, tembakau, atau rotan.
  • Bahan setengah jadi yaitu bahan yang sudah diolah tapi belum menjadi produk akhir. Contohnya, benang yang jika diolah akan menjadi kain. 
  • Bahan siap pakai merupakan barang siap konsumsi seperti selimut, sendok, atau piring.

barang setengah jadi

Tumpukan balok kayu merupakan contoh barang setengah jadi. (Sumber: news.detik.com)

4. Benda menurut hubungannya dengan benda lain

  • Benda komplementer yang akan berguna jika kedua benda dipakai secara bersamaan sehingga menghasilkan manfaat. Apabila hanya mengandalkan satu benda saja, maka tidak akan dapat digunakan. Misalnya, motor dan bensin.
  • Benda substitusi yang fungsinya dapat menggantikan peran benda lain. Contohnya penggunaan komputer mampu menggantikan peran mesin tik. 

5. Benda menurut segi jaminannya

  • Benda bergerak dapat dipindah tempatkan serta bisa digunakan sebagai jaminan kredit jangka pendek (1 tahun). Misalnya, radio atau televisi.
  • Benda tidak bergerak tidak dapat dipindahkan, namun bisa dipakai sebagai jaminan kredit jangka panjang. Contohnya, lahan atau gedung perkantoran.

Skala Prioritas


 

Skala prioritas bisa diibaratkan sebagai berbagai upaya yang direncanakan agar Kamu bisa mencapai suatu tujuan dengan cara yang efektif.

Mari kita umpamakan hal tersebut dengan pemilihan rute untuk pergi ke suatu tempat. Katakanlah, di akhir pekan ini, Kamu harus menghadiri pesta pernikahan kawan dekat. Karena itu adalah acara kawan dekatmu, berarti sebisa mungkin, Kamu akan menjadi tamu undangan yang tiba tepat waktu. Untuk itu, pastinya Kamu akan membuat berbagai persiapan untuk menghadiri pesta tersebut dengan mempersiapkan busana yang akan dipakai dan rute manakah yang akan dipilih agar bisa hadir di acara tersebut sesuai waktu yang ditentukan. Namun sebelum menentukan rute, Kamu merasa bahwa mempersiapkan pakaian adalah hal yang harus dilakukan terlebih dahulu karena Kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukannya.

Berikut adalah manfaat yang bisa dirasakan jika Kamu berhasil membuat daftar prioritas untuk mencapai suatu tujuan.

  1. Membantu seseorang untuk lebih fokus mencapai tujuan

Berdasarkan skala prioritas, kebutuhan seseorang harus berdasarkan pada suatu tujuan yang ditetapkan. Untuk itu, dengan menetapkan hal tersebut, Kamu bisa lebih fokus dan disiplin dalam mencapai tujuan tanpa terganggu.

  1. Mengerjakan sesuatu dengan lebih efektif

Berkaitan dengan manfaat yang pertama, pengaturan skala prioritas sejalan dengan pengerjaan tugas secara lebih efektif karena adanya fokus. Jika dikaitkan dengan tujuan pengembangan professional, tentunya hal ini diperlukan agar suatu tujuan bisa tercapai dengan waktu yang lebih cepat dan biaya yang lebih murah.

  1. Membantu untuk mengukur progress dalam mencapai suatu tujuan

Dengan menyusun prioritas berdasarkan skalanya, seseorang mampu menentukan hal apa saja yang bisa segera dikerjakan untuk mencapai tujuannya.

Biaya peluang


 

1. Pengertian biaya peluang

Biaya peluang (opportunity cost) dapat diartikan sebagai biaya yang dikeluarkan / dikorbankan dalam memperoleh sesuatu yang lain. Membahas biaya peluang ini sangat erat kaitannya dengan kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas dan tidak terukur. Ketidakterbatasan kebutuhan manusia inilah memunculkan terjadinya biaya peluang. Ketidakterbatasan kebutuhan manusia mewajibkan manusia itu sendiri untuk melakukan pilihan dalam memenuhi kebutuhannya. Pilihan-pilihan yang muncul inilah yang menciptakan terjadinya biaya peluang (opportunity cost). Kita akan selalu bertemu dengan biaya peluang dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Ciri-ciri biaya peluang

  1. Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa berupa waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan dan lain-lain.

  2. Memiliki banyak kemungkinan penggunaan.

  3. Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan  situasi individu

  4. Suatu kebutuhan sekunder atau tersier.

3. Contoh biaya peluang

Berikut merupakan contoh dari biaya peluang :

  1. Bila Ayunda telah memutuskan untuk bekerja sebagai karyawan di sebuah pabrik maka Ayunda akan kehilangan kesempatan untuk bekerja sebagai karyawan mall. Biaya peluang dari kasus ini adalah bekerja sebagai karyawan mall.
  2. Bila Adam setiap malam hari lebih memilih untuk menghabiskan waktunya menonton pertandingan sepak bola maka Adam akan kehilangan waktu tidurnya. Biaya peluang dari pernyataan tersebut adalah kepuasan tidur semalam.

Latihan 1

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Permasalahan pokok ekonomi terdapat dalam pernyataan

 

A. Produksi, konsumsi, distribusi

B.  apa, bagaimana, untuk siapa

C. untuk siapa, kapan, dimana

D. apa, konsumsi, untuk siapa

E. produksi konsumsi, pemerintah

Latihan 2

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia tidak terbatas.

  1. Tingkat pendidikan
  2. Kemajuan teknologi
  3. Jumlah penduduk
  4. Tingkat pendapatan
  5. Selera masyarakat

Faktor eksternal penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas ditunjukkan pada nomor ...

 

A. 1 dan 2

B.  2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

E. 4 dan 5

Latihan 3

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Sabun, sampo, dan udara adalah contoh kebutuhan manusia …

 

A. menurut sifatnya.

B. menurut intensitasnya.

C. berdasarkan subjeknya.

D. dari cara memperolehnya.

E. dari proses pembuatannya.

Latihan 4

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Hal yang dipertimbangkan dalam penyusunan prioritas kebutuhan adalah:

 

A. Tingkat kebutuhan , apakah kebutuhan ini mendesak atau bisa ditunda

B. Kemampuan, untuk mengambil skala prioritas dari sekian alternatif yang ada harus diukur apakah sesuai dengan kemampuan atau tidak.

C. Peluang, berupa berapa besar kemungkinan kesempatan untuk mendapatkan alat pemenuhan kebutuhan tersebut.

D. Pertimbangan masa depan dimana bila dihadapkan pada pilihan yang rumit maka dinilai manfat dan efek dari pilihan tersebut terhadap masa depan.

E. Semua benar

Latihan 5

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Fani seorang tenaga kerja berpeluang menjadi penjaga toko dengan gaji Rpl.500.000,00/bulan, menjadi sales barang kosmetik dengan gaji Rp l.200.000,00/bulan, dan berpeluang menjadi karyawan swasta dengan gaji Rp2.000.000,00.

Apabila Fani memilih menjadi wirausaha maka biaya peluang yang dikorbankan adalah ....

A. Rp1.200.000,00

B. Rpl.500.000,00

C. 2.000.000,00

D. 3.500.000,00

E. Rp4.700.000,00

Motif Ekonomi


 

Pengertian Motif Ekonomi

Manusia sebagai makhluk ekonomi selalu bertindak ekonomi untuk memperoleh kebutuhan hidup yang dibatasi oleh kemampuan. Manusia bertindak ekonomi didorong oleh motivasi-motivasi tertentu. Motif ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi, misalnya memproduksi suatu barang atau menjalankan sebuah perusahaan. Akan te1api yang jelas motif ekonomi mula – mula adalah dorongan untuk kesejahteraan diri sendiri dan keluarga. Setelah hasrat diri terpenuhi barulah muncul kehendak mensejahterakan pihak lain, maupun tetap ada hubungannya dengan yang termotivasi.

Prinsip Ekonomi


 

Pengertian prinsip ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan dasar atau pedoman perilaku manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan tindakan manusia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi yang dilakukan tiga pelaku ekonomi yang saling berkaitan, yaitu konsumen, produsen, dan pedagang/distributor yang menyalurkan barang, mereka selalu berpedoman pada prinsip ekonomi. Siapakah konsumen, produsen dan distributor itu? Manusia dihadapkan pada pilihan atau alternatif. Dalam menghadapi pilihan tersebut kita harus memilih mana yang paling menguntungkan. Misalnya ketika kita akan berangkat sekolah dihadapkan  pada pilihan naik bis kota atau taksi. Naik bis to1a tarifnya murah, tetapi kurang nyaman dan membutuhkan waktu lebih lama, sedangkan bila naik taksi sebaliknya.

 

Tindakan Ekonomi


 

Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran. Tindakan ekonomi bisa terjadi jika tindakan tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil  untuk melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi suatu kebutuhan. Berikut adalah jenis tindakan ekonomi dan cara mengaplikasikannya dalam bisnis. 

  • Tindakan Ekonomi Rasional Salah satu jenis tindakan ekonomi yang dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kehidupan ekonominya. Kata rasional mempunyai arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan yang rasional ini diperlukan oleh manusia baik dalam sebuah kehidupan sehari-hari atau dalam melakukan usaha. Pertimbangan yang rasional ini dimulai dari suatu hal yang kecil sampai hal yang besar. Contoh aplikasi tindakan ekonomi rasional dalam perusahaan adalah dengan menentukan jenis produksi yang tepat agar semua hasil produksi tersebut dapat terjual secara maksimal, menekan biaya produksi secara rasional tanpa mengurangi kualitas produk. Aplikasi tindakan ekonomi rasional juga menentukan untuk menggunakan tenaga kerja terampil, pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien, menentukan sistem distribusi yang tepat, serta melakukan promosi.
  • Tindakan Ekonomi Irasional Tindakan ekonomi irasional yakni salah satu jenis tindakan ekonomi  di mana seseorang atau perusahaan memiliki sebuah perkiraan menguntungkan tanpa memperhitungkan faktor rasional tetapi dalam suatu kenyataannya justru merugikan. Seseorang maupun perusahaan yang bertindak irasional ini biasanya tidak mempertimbangkan faktor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan. Contoh aplikasi dari tindakan ekonomi irasional dalam perusahaan adalah menetapkan harga tinggi terhadap sebuah produk tanpa memperhitungkan kualitas barang, biaya produksi, dan daya beli masyarakat terhadap produk tersebut sehingga pada akhirnya produk tersebut justru mengalami kegagalan di pasaran. Agar terhindar dari tindakan ekonomi secara irasional, perusahaan perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya dengan mengelola sektor pembiayaan.

 

Latihan 1

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Data-data berupa jumlah penduduk dan jumlah produksi termasuk ke dalam kelompok ilmu ekonomi

 

A. Teori

B. Deskriptif

C. Terapan

D. Internasional

E. politik

Latihan 2

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Seorang ahli ekonomi yang mempelopori pembahasan ekonomi secara sistematis dan menguraikannya secara ilmu pengetahuan adalah….

 

A. Adam Smith

B. Alfred Marshall

C. J.B. Say

D. Mankiw

E. Keynes

Latihan 3

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Di bawah ini yang tidak berkaitan dengan ilmu ekonomi adalah….

 

A. kelangkaan sumber daya

B. kemakmuran

C. kebutuhan manusia

D. perpindahan penduduk

E. kemiskinan

Latihan 4

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!Ilmu yang membahas penerapan dari teori ekonomi adalah dalam kehidupan nayata disebut…

 

A. ilmu ekonomi deskriptif

B. ilmu ekonomi teori

C. ilmu ekonomi makro

D. ilmu ekonomi mikro

E. ilmu ekonomi terapan

Latihan 5

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian teori ekonomi secara parsial disebut….

 

A. mikro ekonomi

B. makro ekonomi

C. ekonomi terapaan

D. ekonomi deskriptif

E. ilmu ekonomi

Ekonomi


 

Ekonomi berasal dari kata Yunani yaitu "Oikos, Oiku atau Nomos'. Di mana memiliki arti peraturan rumah tangga. Menurut pengertian umum, ekonomi merupakan ilmu untuk mengkaji urusan sumber daya material agar dapat sejahtera baik individu, masyarakat dan negara. Jika disederhanakan, pengertian ekonomi yakni ilmu tentang perilaku serta tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang membuat berbagai kegiatan dilakukan untuk dijadikan solusi. Solusi ini nantinya akan menjawab keberadaan kegiatan produksi, distribusi hingga konsumsi yang dikenal sebagai prinsip ekonomi. Ekonomis dan sesuai dengan prinsip ekonomi merupakan cara berpikir dan bertindak sesuai dengan ilmu ekonomi. Jika melihat dari prinsip ekonomi, maka bisa dikatakan ekonomi merupakan ilmu pengelolaan sumber daya. Dimana terlihat bagaimana manusia memanfaatkan modal, materi serta tenaga untuk mampu memberikan kesejahteraan banyak orang.

Ilmu Ekonomi


 

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita bisa memprediksi tindakan manusia kedepannya yang kemudian bisa digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan sumber daya manusia, hingga membuat kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Manfaat Ilmu Ekonomi

  • Memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi
  • Membantu dalam memahami pola perilaku ekonomi masyarakat
  • Membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi
  • Membantu memberikan pengertian pada potensi & keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi.
  • Meningkatkan kepekaan manusia pada masalah ekonomi dan global

 

Latihan 1

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, oikos (rumah tangga) dan nomos (aturan), adapun dalam bahasa Inggrisnya kita mengenal dengan istilah….

A. management of family

B. management of economics

C. management of discipline

D. economics control

E. management of household

Latihan 2

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Seorang ahli ekonomi yang mempelopori pembahasan ekonomi secara sistematis dan menguraikannya secara ilmu pengetahuan adalah….

A. Adam Smith

B. Alfred Marshall

C. J.B. Say

D. Mankiw

E. Keynes

Latihan 3

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Di bawah ini yang tidak berkaitan dengan ilmu ekonomi adalah….

A. kelangkaan sumber daya

B. kemakmuran

C. kebutuhan manusia

D. perpindahan penduduk

E. kemiskinan

Latihan 4

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Contoh masalah yang dibahas dalam ekonomi makro adalah….

A. elastisitas permintaan

B. teori perilaku konsumen

C. pendapatan nasional

D. pendapatan per orang

E. laba suatu perusahaan

Latihan 5

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah…..

A. tidak meratanya pendapatan

B. tidak semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi

C. kebutuhan manusia beraneka ragam

D. banyak pengangguran

E. perlu bantuan pemerintah untuk mendistribusikannya

Latihan 6

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.
1. Tenaga ahli kurang
2. Sumber daya melimpah
3. Penguasaan iptek rendah
4. Kebutuhan manusia terbatas
5. Jumlah modal terbatas
Dari pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan faktor-faktor penyebab kelangkaan sarana pemuas kebutuhan adalah….

A. 1, 2, dan 3

B. 1,3 dan 4

C. 1, 3 dan 5

D. 2, 3, dan 5

E. 3, 4, dan 5

Latihan 7

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Kelangkaan memaksa manusia untuk…

A. melakukan pemborosan

B. mengeluarkan biaya

C. membayar untuk mendapatkan barang atau jasa

D. memproduksi barang dan jasa

E. membuat pilihan

Latihan 8

Kerjakan soal dibawah dengan tepat

Berikut ini tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah….

A. Meningkatkan kegunaan suatu barang

B. Menjaga kestabilan harga

C. mengetahui peristiwa-peristiwa ekonomi dan mengatasi masalahnya

D. menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru

E. mengurangi kebutuhan hidup

Latihan 9

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Sistem ekonomi yang memberikan kebebasan sepenuhnya kepada pihak masyarakat untuk menentukan kegiatan ekonomi disebut….

A. sistem ekonomi terpusat

B. sistem ekonomi tradisional

C. sistem ekonomi pasar

D. sistem ekonomi campuran

E. sistem ekonomi komando

Latihan 10

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Sistem ekonomi yang masih menggunakan kebiasaan masyarakat tradisional disebut….

A. sistem ekonomi tradisional

B. sistem ekonomi terpusat

C. sistem ekonomi pasar

D. sistem ekonomi campuran

E. sistem ekonomi liberal

redesain-navbar Portlet