redesain-navbar Portlet

null

Blog

3 Tips Penting: Begini Cara Belajar Efektif selama Kelas Online

Setiap pelajar memiliki cara belajar yang berbeda, namun dengan prinsip yang sama.

Cara Belajar Efektif, photo by Matt Ragland on unsplash

Jadi tantangan tersendiri nggak sih, Sobat, saat kita harus belajar dari rumah dan berjuang sendiri menemukan cara belajar yang efektif? Karena sudah terbiasa berinteraksi di kelas bersama teman-teman dan bapak/ ibu guru, sekarang kita harus beradaptasi dengan belajar bersama ponsel, laptop, buku, dan... kakak atau adik di rumah.

It must feel different, of course. Mempertahankan fokus 15 menit saja di kelas maya sudah menjadi kesuksesan luar biasa. Bukankah jauh lebih mudah untuk menyerah pada kursi empuk atau game yang diam-diam menunggu?

Lantas, bagaimana triknya agar waktu belajar kita tak banyak terbuang? Nah, ini lho Sobat, tiga tips mudah cara belajar yang efektif dan efisien di rumah.

 

1. Kondisikan Suasana untuk Belajar

Saat belajar di kelas maya, guru memang tak bisa memastikan apakah televisi di rumah sedang menyala atau tidak. Keterbatasan guru di kelas maya bisa menjadi keuntunganmu, tapi juga bisa jadi kebuntunganmu, Sobat. Pada contoh ini, jika Sobat Pintar tergolong pelajar auditori, suara berisik dari televisi sebenarnya justru akan mengganggu.

Padahal, tips belajar yang paling penting adalah hilangkan gangguan atau distraksi. Semakin banyak gangguan di sekitar kita, semakin sulit kita berkonsentrasi. Maka, semakin lama waktu yang kita butuhkan untuk belajar. Ujung-ujungnya, biasanya nih Sobat, kita udah keburu capek sebelum materi tuntas dipelajari.

Makanya, sebisa mungkin siapkan segala sesuatunya sebelum kelas mayamu dimulai. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan, jauh dari distraksi. Misalnya, salah satu cara belajar efektif adalah dengan menggunakan satu meja khusus di ruangan terpisah yang jauh dari televisi di rumah.

 

2. Teguhkan Hatimu untuk Belajar

Televisi, adik yang minta dibantu belajar, hingga suasana sekitar rumah yang berisik juga bisa menjadi distraksi saat belajar jarak jauh seperti sekarang ini. But did you know, Sobat? Sebenarnya diri kita sendiri juga bisa menjadi distraksi, lho! Justru distraksi yang berasal dari diri sendiri seperti ini yang lebih berat untuk dihadapi.

Malas adalah salah satu 'monster' dalam diri kita yang bisa menjadi distraksi belajar. Rasa kantuk, apapun penyebabnya, juga bisa menyebabkan belajar kita menjadi kurang efektif. Maka dari itu, kita harus lebih cerdas dari 'si monster' dan menemukan metode belajar efektif untuk mengalahkannya.

Tips terbaik mengalahkan 'si monster' adalah dengan menemukan cara belajar yang efektif versimu sendiri. Misalnya, jika merasa mengantuk, bagaimana Sobat mengatasinya? Apakah dengan belajar secepat mungkin? Atau berpindah tempat belajar?

 

3. Temukan Caramu untuk Belajar

Jika suara televisi seperti pada contoh di atas menjadi distraksi bagi seorang auditori, bagaimana dengan mereka yang visual atau kinestetik? But hold on there. Are you even familiar with the learner types, Sobat? Dan kenapa kita perlu tahu tentang tipe auditori, visual, dan kinestetik?

Ternyata cara belajar kita berbeda-beda, Sobat. Ada yang merasa lebih mudah memahami materi pelajaran dengan mendengarkan. Ada pula yang merasa lebih mantab dengan membaca. Agar dapat menemukan metode belajar efektif bagi diri sendiri, kita perlu memahami bagaimana kita belajar selama ini.

Memahami gaya belajar ibarat senjata yang kita gunakan untuk melawan 'monster' dalam diri sendiri. Jika 'monster' itu berupa cepat merasa bosan, misalnya, kita perlu menemukan trik dan cara belajar yang efektif sebagai senjata untuk mengatasinya.

 

Hopefully, you'll enjoy studying over time. Saat ini, kita masih bisa belajar bersama bapak/ ibu guru meskipun hanya melalui kelas maya. Esok, barangkali kita harus belajar sendiri. Who knows, barangkali suatu saat nanti Sobat Pintar tertarik untuk mempelajari sesuatu secara otodidak.

Tak ada yang benar-benar baru dengan belajar secara mandiri. Tips belajar mandiri sebenarnya tak terlampau jauh berbeda dari ketiga poin penting di atas. So, kalau bisa mengikuti belajar jarak jauh dengan baik saat ini, bukankah peluangmu untuk sukses belajar di masa depan akan menjadi lebih besar, Sobat?

290

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp