APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Daftar Jurusan Paling Diminati di Era Digital, Diincar Banyak Perusahaan

Alumni jurusan-jurusan kuliah yang terkait dengan teknologi banyak dibutuhkan di era digital.

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja saat ini apa saja? Kamu suka penasaran ga, Sobat Pintar? Enggak lucu dong, kalau kita udah meningkatkan kualitas diri dengan kuliah eh, malah ilmunya enggak kepake setelah lulus. Boleh banget lah, bahkan harus, kepo sama jurusan kuliah yang dibutuhkan 5 tahun kedepan! Nah, mau tau jurusan apa yang menjanjikan di masa depan? Lanjut baca, kuy!

 

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
Photo by Helena Lopes on Unsplash

Jurusan kuliah potensial di era digital seperti sekarang ini adalah DKV. Kuliah di jurusan ini berarti kamu bakal belajar tentang desain grafis, ilustrasi, fotografi, tipografi, dan multimedia. Kamu juga harus memahami konsep-konsep komunikasi visual, estetika, dan strategi komunikasi agar dapat menciptakan pesan yang efektif melalui gambar, grafis, dan media visual lainnya. Enggak heran bila mahasiswa DKV akrab banget dengan bermacam perangkat lunak dan alat desain, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign. Pada intinya, seni dan teknologi itu "mainannya" anak DKV – si paling expert dalam menciptakan pesan visual yang kuat dan memikat.

Eiits, pesan visual itu enggak cukup kreativitas saja! Mahasiswa DKV mesti punya kemampuan analitis dan problem solving yang bagus juga. No debat lah ya, DKV itu jurusan kuliah paling banyak dicari di industri kreatif, seperti periklanan, desain grafis, media digital, perusahaan desain, dan masih banyak lagi. Lanjut baca tentang DKV di sini.

 

2. Ilmu Komunikasi

jurusan yang berhubungan dengan teknologi
Photo by Gustavo Fring on Pexels

Jika kamu tertarik dan pengin belajar tentang berbagai aspek komunikasi manusia, boleh banget pertimbangkan kuliah Ilmu Komunikasi, Sobat. Asal kamu tau, Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan kuliah paling dibutuhkan di era digital seperti sekarang.

Di jurusan ini, kamu bakal belajar tentang teori dan praktik komunikasi media massa, organisasi, antarpribadi, dan antarbudaya. Materi kuliahnya mencakup teori komunikasi, jurnalisme, produksi media, riset komunikasi, retorika, komunikasi antarbudaya, dan manajemen komunikasi. Sepintas Ilmu Komunikasi sepertinya bukan jurusan yang berhubungan dengan teknologi, ya? Jangan salah, Sobat. Kuliah di jurusan ini bakal membuka wawasanmu tentang dampak teknologi informasi dan media sosial terhadap komunikasi di masa kini.

Lulusan jurusan ini banyak yang berkarier di bidang media, periklanan, hubungan masyarakat, event management, riset pasar, dan lain sebagainya. Karena lulusannya dikenal mampu memahami dan mengelola pesan komunikasi dengan efektif, baik dalam konteks bisnis maupun sosial, Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja. Lanjut baca tentang Ilmu Komunikasi di sini.

 

3. Sistem Informasi

program studi bidang teknologi
Photo by Apunto Group Agencia de publicidad on Pexels

Kalau kamu penasaran apa kira-kira jurusan yang berhubungan dengan teknologi dan sedang dibutuhkan di masa digital, jawabannya adalah Sistem Informasi. Perkuliahan di jurusan ini fokus pada pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasi dalam organisasi bisnis. Anak Sistem Informasi belajar tentang analisis sistem, desain basis data, pemrograman, manajemen proyek TI, keamanan informasi, maupun e-business.

Lulusan jurusan ini adalah orang-orang yang dapat merancang, mengembangkan, dan menjaga sistem informasi yang efisien dan efektif, sehingga organisasi bisnis dapat mengambil keputusan dan memenuhi kebutuhannya dengan baik. Karena kuliah jurusan teknologi, anak Sistem Informasi biasanya mampu menawarkan solusi teknologi yang inovatif sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Bagaimana peluang kariernya? Lulusan Sistem Informasi dikenal punya peluang karier yang luas, antara lain sebagai analis bisnis, software developer, data base administrator, manajer proyek TI, konsultan TI, maupun spesialis keamanan informasi. Jika kamu tertarik dengan jurusan teknologi dan masih "dekat" dengan bisnis, mungkin jurusan ini "jodohmu." Lanjut baca tentang Sistem Informasi di sini.

 

4. Teknik Informatika

Jurusan apa yang menjanjikan di masa depan
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Buat kamu yang paling pengin kuliah di jurusan yang membuat aplikasi, ada Teknik Informatika, nih! Program studi bidang teknologi ini fokus pada ilmu komputer dan teknologi informasi. Di jurusan ini, kamu bakal belajar tentang prinsip-prinsip dasar pemrograman, analisis dan desain sistem, pemrograman komputer, pengembangan perangkat lunak, algoritma, struktur data, basis data, jaringan komputer, keamanan informasi, sampai kecerdasan buatan. Itulah sebabnya, lulusan Teknik Informatika biasanya punya keterampilan teknis yang kuat dalam mengembangkan perangkat lunak, mengelola sistem informasi, dan menyelesaikan masalah teknologi informasi.

Dengan kualifikasi seperti itu, kamu yang kuliah jurusan teknologi ini punya berbagai peluang karier, termasuk sebagai software developer, system analyst, administrator jaringan, cyber security specialist, data scientist, dan lain-lain. Kamu juga dapat mengembangkan solusi teknologi untuk mengatasi permasalahan bisnis masyarakat luas, seperti ojek daring ataupun marketplace. Baca tentang Teknik Informatika di sini.

 

5. Matematika dan Statistika

jurusan yang membuat aplikasi
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Perkuliahan Matematika mencakup topik-topik seperti perhitungan, pembuktian matematis, pemodelan matematika, analisis statistik, kalkulus, dan topologi. Meskipun bukan jurusan teknologi, mahasiswa Matematika dikenal punya kemampuan analitis yang kuat. Baca tentang Matematika di sini.

Sementara itu, perkuliahan Statistika mencakup topik-topik seperti statistik deskriptif, probabilitas, distribusi statistik, analisis regresi, eksperimen, dan metode statistik lanjutan. Sama-sama bukan jurusan teknologi juga, tetapi anak Statistika dikenal jagonya data. Baca tentang Statistika di sini.

Baik Matematika maupun Statistika, keduanya termasuk jurusan kuliah yang dibutuhkan 5 tahun kedepan, Sobat. Ada kalanya organisasi bisnis menemui masalah kompleks dan membutuhkan solusi atau harus membuat keputusan. Pada saat seperti itu, data yang akurat dan analisis matematis yang baik sangat dibutuhkan. Identifikasi tren sampai prediksi bisnis pun membutuhkan kemampuan anak Matematika atau Statistika.

 

6. Keamanan Siber (Cybersecurity)

jurusan kuliah yang dibutuhkan 5 tahun kedepan
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Pernah dengar tentang jurusan kuliah teknologi yang satu ini, Sobat Pintar? Keamanan Siber atau Cybersecurity adalah program studi bidang teknologi yang fokus pada perlindungan sistem komputer, jaringan, dan data dari ancaman siber. Kuliah di jurusan ini bakal membuatmu belajar tentang cara mengidentifikasi, mencegah, dan merespons serangan siber serta memahami prinsip-prinsip keamanan teknologi informasi. Materi kuliahnya  mencakup topik-topik seperti keamanan jaringan, enkripsi data, deteksi intrusi, manajemen risiko siber, etika siber, dan hukum siber.

Lulusan Cybersecurity itu si paling suhu soal ancaman siber, bahkan sebenarnya sanggup mengembangkan strategi dan alat untuk melindungi informasi penting. Peranan lulusan jurusan ini sangat penting, terutama dalam menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data. Tugas mengamankan infrastruktur digital dari serangan siber yang berbahaya juga menjadi tanggung jawab anak Cybersecurity. Makanya, lulusan jurusan ini peluang kariernya moncer, bisa di perusahaan teknologi, lembaga pemerintah, perusahaan keuangan, pusat data, ataupun organisasi-organisasi yang bergantung pada teknologi informasi. Jelas dong, ini tuh jurusan kuliah potensial di era digital! Baca tentang Cybersecurity di sini.

 

7. Bisnis Digital

jurusan kuliah potensial di era digital
Photo by Liza Summer on Pexels

Ngomongin soal penerapan teknologi digital dalam dunia bisnis, ini dia jurusan kuliahnya! Bisnis Digital adalah jurusan tempat kamu belajar bagaimana mengintegrasikan teknologi informasi dan digital dalam strategi bisnis, pemasaran, operasi, dan pengembangan produk. Materi kuliah di jurusan digital ini mencakup topik-topik seperti e-commerce, analisis data, pemasaran digital, inovasi teknologi, manajemen proyek digital, dan pengembangan strategi bisnis online. Setelah belajar semua itu, lulusan Bisnis Digital diharapkan mampu mengelola bisnis secara efektif dalam era digital, memahami perilaku konsumen online, dan memanfaatkan peluang teknologi demi perkembangan bisnis.

Jurusan Bisnis Digital menjadi "supplier" pekerja di berbagai sektor, termasuk perusahaan teknologi, perusahaan ritel, start-up, agensi pemasaran digital, dan masih banyak lagi. Lulusan jurusan ini dikenal memiliki keterampilan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis online, menganalisis data yang dibutuhkan untuk keputusan bisnis, dan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan nilai tambah dalam dunia bisnis. Baca tentang Bisnis Digital di sini.

 

8. Teknologi Informasi

jurusan kuliah paling dibutuhkan di era digital
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Teknologi Informasi jelas-jelas adalah jurusan yang berhubungan dengan teknologi. Untuk satu hal ini saja, alumninya bakal dibutuhkan di masa-masa mendatang. Integrasi teknologi informasi dengan kebutuhan bisnis dan organisasi menjadi keahlian anak Teknologi Informasi. Perannya sangat penting karena dapat memengaruhi efisiensi, produktivitas, dan keamanan sistem informasi.

Nah, kuliah jurusan teknologi ini belajar apa aja, sih? Pada dasarnya, jurusan teknologi ini fokus pada penggunaan teknologi komputer dan informasi untuk mengelola, mengolah, dan mendukung proses bisnis dan organisasi. Mahasiswanya belajar tentang desain perangkat lunak, manajemen teknologi, administrasi jaringan, basis data, keamanan informasi, pemrograman, analisis sistem, infrastruktur TI, dan lain-lain. Enggak sedikit anak Teknologi Informasi yang berkarier di perusahaan teknologi, perusahaan keuangan, pemerintah, industri manufaktur, dan lain sebagainya. Baca tentang Teknologi Informasi di sini.

 

9. Data Science

jurusan kuliah paling banyak dicari
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

Jurusan Data Science fokus pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi data. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang berbagai konsep matematika, statistik, pemrograman, dan teknik analisis data yang digunakan untuk menggali informasi berharga dari data yang besar dan kompleks. Data Science adalah salah satu jurusan kuliah potensial di era digital karena perkuliahannya mencakup topik-topik seperti pemodelan data, pengolahan data besar, kecerdasan buatan, statistik, analisis prediktif, dan pemahaman konsep bisnis.

Lulusan Data Science itu jagoannya mengatasi masalah data, merancang eksperimen, mengembangkan algoritma analisis data, dan membuat rekomendasi berdasarkan temuan data. Kebanyakan kariernya di sektor teknologi, kesehatan, keuangan, periklanan, riset pasar, dan lain-lain. Perannya dibutuhkan terutama dalam identifikasi tren, optimalisasi proses bisnis, dan merumuskan solusi berdasarkan data, sehingga organisasi bisnis dapat membuat keputusan yang tepat. Pastinya, semua itu membuat Data Science menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja, kini dan nanti. Baca tentang Data Science di sini.

Sobat Pintar, jurusan kuliah bisa berdampak besar terhadap peluang karier kita di dunia kerja. Itulah sebabnya, jangan sampai salah memilih jurusan kuliah. Pilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan minat dan potensi diri kita masing-masing. Pada saat yang sama, jangan abai dengan perkembangan global agar kita tetap updated dengan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja saat lulus nanti.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog