redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Keanekaragaman Tingkat Genetik

Sobat, gen adalah materi hereditas di dalam kromosom yang mengendalikan sifat makhluk hidup (Gambar dibawah ini).

Kromosom membawa rantai DNA (deoxyribonucleic acid) yang merupakan sumber keanekaragaman genetik. Suatu susunan DNA dapat terekspresikan sebagai gen yang berbeda

Gen terdapat di setiap inti sel makhluk hidup. Gen pada makhluk hidup memiliki perangkat dasar yang sama, tetapi memiliki susunan yang berbeda. Hal ini menyebabkan setiap makhluk hidup memiliki fenotipe maupun genotipe yang berbeda.

Sifat fenotipe makhluk hidup merupakan sifat hasil ekspresi gen yang terlihat. Misalnya, pada tumbuhan warna daun hijau tua, bentuk daun lebar, jenis batang melebar. Adapun sifat genotipe adalah sekuen atau susunan gen yang dimiliki makhluk hidup tersebut. Contohnya, dua orang wanita yang memiliki rambut hitam keriting. Meskipun keduanya memiliki rambut hitam keriting, namun genotipenya mungkin saja berbeda. Misalnya, satu orang bergenotipe homozigot dan satu orang lagi bergenotipe heterozigot.

Keanekaragaman tingkat gen menimbulkan variasi antarindividu dalam satu spesies. Contoh keanekaragaman tingkat gen yang mudah diamati adalah adanya perbedaan warna merah dan hitam pada ikan koi (pada gambar di bawah ini), adanya buah manis dan buah asam pada satu pohon mangga yang sama dan perbedaan warna kuning, merah, atau putih pada biji jagung.

Contoh keanekaragaman tingkat gen. Keanekaragaman genetik pada ikan koi terlihat dengan adanya perbedaan corak dan warna tubuh. Menarik, bukan Sobat Pintar?

Sobat perlu memahami juga bahwa variasi gen dipengaruhi juga oleh lingkungan. Oleh karena itu, selain dipengaruhi gen, ciri fenotipe yang tampak dari suatu spesies juga dipengaruhi lingkungan. Dua individu dalam suatu spesies dengan susunan gen yang sama, belum tentu memiliki ciri yang sama pula.

Keanekaragaman Tingkat Spesies

Nah, dari tingkat gen sekarang kita naik ke tingkat spesies ya Sobat.

Suatu individu dikatakan satu spesies dengan individu lainnya jika dalam kondisi alami keduanya mampu melakukan perkawinan. Selain itu, dari perkawinannya tersebut dapat dihasilkan keturunan yang fertil (subur).

Keanekaragaman tingkat spesies merupakan tingkatan keanekaragaman yang mudah dilihat. Keanekaragaman tingkat spesies ditunjukkan dengan adanya jenis-jenis tumbuhan, hewan, serta mikroorganisme yang berbeda- beda.

Contoh keanekaragaman spesies yang mudah untuk dipahami adalah keanekaragaman tingkat spesies yang ditemukan pada keluarga kucing- kucingan (famili Felidae).

Keanekaragaman yang terdapat pada Felidae

Dari keanekaragaman tersebut, kita mengenal adanya kucing, harimau, singa, dan cheetah. Dapatkah Sobat Pintar menyebutkan contoh lainnya?

Keanekaragaman Tingkat Ekosistem

Sobat Pintar, ternyata ada juga keanekaragaman ekosistem di dunia ini. Coba kalian cermati gambar berikut!

Berbagai jenis ekosistem

Ekosistem berarti suatu kesatuan yang dibentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dan lingkungannya (komponen abiotik).

Setiap ekosistem memiliki ciri-ciri lingkungan fisik, lingkungan kimia, tipe vegetasi, dan tipe hewan yang spesifik. Kondisi lingkungan makhluk hidup ini sangat beragam. Kondisi lingkungan yang beragam tersebut menyebabkan jenis makhluk hidup yang menempatinya beragam pula. Keanekaragaman seperti ini disebut sebagai keanekaragaman tingkat ekosistem.

Faktor abiotik yang memengaruhi faktor biotik diantaranya adalah iklim, tanah, air, udara, suhu, angin, kelembapan, cahaya, mineral, dan tingkat keasaman. Variasi faktor abiotik menimbulkan kondisi berbeda pada setiap ekosistem. Untuk mengetahui adanya keanekaragaman hayati pada tingkat ekosistem, dapat dilihat dari satuan atau tingkatan organisasi kehidupan di tempat tersebut.

Secara garis besar, terdapat dua ekosistem utama, yaitu ekosistem daratan (ekosistem terestrial) dan ekosistem perairan (ekosistem akuatik).

Ekosistem darat terbagi atas beberapa bioma, di antaranya:

  • bioma gurun
  • bioma padang rumput (savana)
  • bioma hutan gugur
  • bioma hutan hujan tropis
  • bioma taiga
  • bioma tundra

Ekosistem perairan dapat dibagi menjadi:

  • perairan tawar
  • ekosistem laut
  • ekosistem pantai
  • ekosistem hutan

Bioma diartikan sebagai kesatuan antara iklim dominan dan vegetasi serta hewan yang hidup di dalam iklim dominan tersebut. bakau, dan ekosistem terumbu karang. 

Nah itulah Sobat Pintar pembahasan tentang Tingkat Keanekaragaman Hayati. Apabila masih ada yang belum dimengerti, Sobat Pintar bisa diskusi di kolom komentar ya.....

Latihan 1

Kucing, anjing, dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu....

A. filum

B. kelas

C. ordo

D. famili

E. genus

Latihan 2

Dalam klasifikasi jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam satu kelompok, yaitu pada tingkat....

A. kelas

B. ordo

C. famili

D. genus

E. spesies

Latihan 3

Berikut ini yang merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis, yaitu....

A. pohon kelapa – aren

B. kucing anggora – kucing persia

C. harimau sumatera – harimau jawa

D. ayam kampung – ayam negeri

E. mawar putih – mawar merah

Latihan 4

Hutan Bakau, sawah, kebun, sungai, terumbu karang, dan laut merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat...

A. gen

B. spesies

C. ekosistem

D. populasi

E. individu

Latihan 5

Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditunjukkan pada tumbuhan berikut....

A. mawar merah-mawar putih

B. mawar berbatang tinggi-melati berbatang tinggi

C. pohon kelapa hijau-pohon aren

D. tanaman sirih-nanas

E. buah mangga-buah belimbing

Persebaran Fauna

Sobat, beragam tumbuhan, hewan, jamur, dan bakteri banyak terdapat di Indonesia. Bahkan banyak jenis makhluk hidup yang merupakan makhluk hidup endemik atau hanya ditemukan di suatu daerah saja.

Misalnya, seperti contoh berikut:

  • komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Komodo
  • burung cendrawasih (Paradisiae sp.), walabi (Makropus agilis), kadal berjumbai (Chlamydosaurus kingii), dan kanguru pohon (Dendrolagus inustus) di Papua
  • bekantan (Nasalis larvatus) di Kalimantan
  • harimau sumatera (Panthera tigris) dan siamang (Hyolobates sp.) di Sumatera
  • macan tutul jawa (Panthera pardus) di Jawa
  • anoa (Bubalus depressicornis) dan maleo (Macrochepalon maleo) di Sulawesi

Beberapa jenis hewan endemik yang terdapat di Indonesia

Dua orang ilmuwan, yaitu Alfred R.Wallace dan Weber membagi wilayah persebaran hewan dan tumbuhan yang ada di Indonesia menjadi tiga kelompok berbeda. Wallace dan Weber membagi penyebaran hewan Indonesia menjadi tiga zona, yaitu orientalis (Asia), peralihan, dan australis (Gambar dibawah ini). Artinya, hewan dan tumbuhan di Indonesia ada yang mirip dengan hewan dan tumbuhan di benua Asia dan benua Australia.

Zona persebaran hewan dan tumbuhan menurut Wallace dan Weber

Di wilayah Indonesia bagian barat (orientalis), hewan-hewannya mirip dengan hewan-hewan yang ada di Asia, namun tetap memiliki ciri khas yang hanya dimiliki oleh hewan di Indonesia.

Hewan-hewan yang ada di Indonesia bagian barat, antara lain:

  • orangutan (Pongo pygmaeus)
  • harimau jawa (Panthera tigris sondaicus)
  • harimau sumatera (Panthera tigris sumatrensis)
  • buaya muara (Crocodylus porosus)
  • gajah (Elephas maximus)
  • badak (Rhinoceros sondaicus)
  • banteng jawa (Bos javanicus)
  • rusa (Cervus timorensis)
  • tapir (Tapirus indicus)
  • burung rangkong (Buceros rhinoceros)
  • ikan arwana (Scleropages formosus)
  • biawak (Varanus salvator)

Berbagai fauna yang tersebar di Indonesia bagian barat

Perlindungan Alam Umum

Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman hayati. Contohnya, ikut berpartisipasi ketika ada kegiatan penghijauan di daerah dekat rumahmu.

Penghijauan dapat dilakukan dengan mudah, seperti menanam pohon di ruang terbuka di sekitar rumah Sobat Pintar atau di taman perumahan. Dengan menanam tanaman di tempat-tempat tersebut, Sobat Pintar telah ikut melestarikan jenis-jenis tanaman yang kalian tanam itu. Mungkin saja tanaman yang kalian tanam tersebut mulai jarang ditemui di masa yang akan datang.

Ada banyak contoh kegiatan-kegiatan lain yang dapat Sobat Pintar lakukan dan dapat berakibat baik terhadap keanekaragaman hayati. Pemerintah kita juga telah mengeluarkan undang-undang tentang usaha perlindungan alam atau konservasi untuk sumber daya hayati yang jumlahnya semakin menyusut. Perlindungan alam itu sendiri dapat dikelompokkan menjadi perlindungan alam umum dan perlindungan alam khusus.

Perlindungan alam umum berguna untuk menjaga alam sebagai satu kesatuan flora, fauna, dan tanahnya. Perlindungan alam umum terbagi menjadi perlindungan alam ketat dan perlindungan alam terbimbing.

  • Perlindungan alam ketat adalah perlindungan alam yang tidak memperbolehkan campur tangan manusia dalam usaha perlindungannya. Misalnya, di Taman Nasional Ujung Kulon.
  • Perlindungan alam terbimbing adalah perlindungan alam di bawah bimbingan para ahli, misalnya di kebun raya dan taman nasional. Taman nasional memiliki area yang lebih besar dibandingkan kebun raya. Di daerah ini tidak diperbolehkan adanya bangunan rumah tinggal maupun industri.

Kebun raya maupun taman nasional selain sebagai tempat pelestarian juga dimanfaatkan untuk penelitian, pendidikan, atau tempat wisata. Contoh kebun raya adalah Kebun Raya Bogor. Adapun contoh taman nasional antara lain:

  • Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (+ 15.000 ha)
  • Taman Nasional Kerinci Seblat (+ 1,5 juta ha)
  • Taman Nasional Meru Betiri (+ 50.000 ha)

Latihan 1

Di antara pernyatan berikut ini yang tidak benar tentang daerah dan hewan Oriental di Indonesia adalah....

A. burung mempunyai warna bulu yang menarik

B. wilayahnya meliputi Jawa, Sumatera, dan Kalimantan

C. banyak ditemukan mamalia besar

D. ditemukan hewan Primata

E. tidak ditemukan mamalia berkantung

Latihan 2

Berikut ini adalah upaya pelestarian keanekaragamanhayati yang dilakukan di Indonesia.

  1. Pemeliharaan taman laut Bunaken
  2. Perlindungan bunga bangkai di Bengkulu
  3. Pelestarian kebun plasma nutfah di Cibinong
  4. Pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon
  5. Pembangunan bman buah mekarsari di Cileungsi

Yang merupakan upaya pelestarian secara ex situ adalah....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 3 dan 5

E. 4 dan 5

Latihan 3

Komodo merupakan satu-satunya kadal raksasa yang hanya hidup di Indonesia. Oleh karena itu, komodo harus dilindungi dari kepunahan. Untuk tujuan tersebut, habitat tempat hidup komodo perlu dijadikan....

A. taman nasional

B. daerah prioritas reboisasi

C. cagar alam

D. suaka margasatwa

E. hutan lindung

Latihan 4

Berikut ini adalah daerah-daerah yang termasuk kawasan Malesiana, kecuali....

A. Filipina

B. Indonesia

C. Semenanjung Malaya

D. Australia

E. Papua Nugini

Latihan 5

Berikut ini adalah suatu daerah dengan ciri-ciri:

  • Pohonnya homogen
  • Daunnya bentuk jarum dan meranggas
  • Di indonesia, terdapat di jawa

Daerah tersebut adalah....

A. stepa

B. sabana

C. hutan musim

D. hutan hujan tropis

E. padang rumput

Persebaran Fauna

Di Indonesia bagian timur (australis) terdapat hewan-hewan khas Indonesia yang berbeda dengan hewan-hewan di Indonesia bagian barat. Contoh-contoh hewan yang terdapat di Indonesia bagian timur antara lain:

  • burung cendrawasih (Paradisaea sp.)
  • burung kasuari (Casuarius bennetti)
  • kakatua raja (Probosciger atterrimus)
  • nuri (Psittrichas fulgidus)
  • kanguru pohon (Dendrolagus inustus)
  • kuskus (Phalanger sp.)
  • walabi (Macropus agilis)

Hewan yang tersebar di Indonesia bagian timur

Di daerah peralihan terdapat hewan-hewan yang tidak ditemui di bagian barat maupun di bagian timur, contoh hewan-hewan yang terdapat di daerah peralihan ini adalah:

  • anoa (Bubalus sp.)
  • komodo (Varanus komodoensis)
  • burung maleo
  • babi rusa (Babyroussa babyrussa).

Hewan Indonesia daerah peralihan

Persebaran Flora

Selain hewan-hewannya, Indonesia juga memiliki tumbuhan yang tidak kalah beragam. Indonesia memiliki ekosistem yang memiliki tumbuhan yang beraneka ragam jenisnya, seperti ekosistem hutan bakau, hutan hujan tropis, padang rumput, dan ekosistem pantai. Bahkan ada yang memperkirakan bahwa di hutan dengan luas sekitar 2 hektar terdapat sekitar 250 jenis tumbuhan.

Jika demikian, dapatkah Sobat Pintar membayangkan sebanyak apa jenis tumbuhan yang terdapat di seluruh hutan yang ada di Indonesia? Oleh karena itu, Indonesia sering juga disebut sebagai Megabiodiversity Country.

Mengapa keanekaragaman hayati di Indonesia berbeda dengan di negara-negara subtropis seperti negara Eropa?

Banyak sekali tumbuhan khas yang dimiliki Indonesia, seperti salak (Salacca zalacca), durian (Durio zibethinus), kedongdong (Canarium ovatum), sukun (Artocarpus altilis), dan mengkudu (Morinda citrifolia).

Selain itu, terdapat juga tumbuhan endemik Indonesia yang cukup terkenal, yaitu bunga bangkai (Raflesia arnoldii) dan matoa (Pometia pinnata). Perhatikan Gambar dibawah ini

Keanekaragaman flora di Indonesia

Sobat Pintar, masih banyak keanekaragaman flora Indonesia yang perlu kita pelajari lagi.

Perlindungan Alam Khusus

Perlindungan alam khusus melindungi unsur alam tertentu. Misalnya, perlindungan Botani untuk melindungi tumbuhan tertentu; perlindungan Zoologi untuk melindungi hewan tertentu; perlindungan Geologi untuk melindungi formasi geologi tertentu; perlindungan Antropologi untuk melindungi suku bangsa tertentu; dan perlindungan suaka margasatwa untuk melindungi hewan tertentu.

Perlindungan alam juga terbagi berdasarkan tempat dilakukannya perlindungan, yaitu menjadi perlindungan alam in situ dan ex situ.

Pelestarian in situ merupakan pelestarian alam yang dilakukan di habitat aslinya. Pelestarian ini dapat berupa:

  • taman wisata
  • taman nasional
  • hutan lindung

Pelestarian ex situ merupakan pelestarian alam yang dilakukan bukan di habitat aslinya. Contoh pelestarian ex situ adalah

  • kebun koleksi
  • kebun botani
  • kebun binatang
  • kebun plasma nutfah

Di kebun koleksi, dikumpulkan plasma nutfah unggul semua varietas dari spesies tertentu sesuai tujuan pelestarian. Contoh kebun koleksi adalah Kebun Koleksi Kelapa di Bone-Bone. Di kebun botani dikumpulkan berbagai jenis tumbuhan sehingga di lahan yang terbatas dapat ditemukan ribuan jenis tumbuhan. Contoh kebun botani adalah Kebun Raya Bogor (Gambar dibawah), Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat, dan Kebun Raya Purwodadi di Jawa Timur.

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu contoh kebun botani sebagai tempat pelestarian ex situ.

Di kebun binatang disimpan berbagai jenis binatang untuk keperluan pelestarian, pendidikan, dan rekreasi. Contoh kebun binatang adalah Kebun Binatang Ragunan, Kebun Binatang Bandung, dan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Di kebun plasma nutfah, plasma nutfah dari suatu spesies beserta kerabat-kerabatnya dilestarikan. Adapun contoh kebun plasma nutfah adalah kebun plasma nutfah di Cibinong.

Peta Konsep

Sebelum kita mulai pembelajaran tentang Keanekaragaman Hayati, Sobat Pintar perlu simak peta belajar bersama berikut.

 

redesain-navbar Portlet