redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Sistem klasifikasi 1

Sobat, dalam sejarah perkembangan biologi, terdapat beberapa sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan makhluk hidup agar memudahkan kita dalam mempelajari berbagai keanekaragaman hayati di dunia ini dan mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Sistem Klasifikasi 2 Kingdom (Linnaeus, 1735)

1. Kingdom Vegetabilia (Tumbuhan)

Plantae meliputi makhluk hidup yang memiliki dinding sel dari bahan selulosa dan berklorofil sehingga mampu melakukan fotosintesis.

Contoh: Ganggang, tumbuhan lumut, tumbuhan paku. Dalam klasifikasi 2 kingdom, bakteri dan jamur termasuk dalam kingdom plantae walaupun tidak memiliki klorofil.

2. Kingdom Animalia (Hewan)

Animalia meliputi makhluk hidup yang tidak memiliki dinding sel, tidak berklorofil dan bisa bergerak bebas.

Contoh: hewan berpori (Porifera), cacing (Vermes), hewan berongga (Coelenterata), hewan bersel satu (Protozoa), hewan lunak (Mollusca), dan hewan bertulang belakang (Chordata).

Sistem Klasifikasi 3 Kingdom (Ernst Haeckel, 1866)

Dalam klasifikasi sistem ini, Haeckel menambahkan kingdom protista sebagai organisme netral yang tidak memiliki ciri sebagai tumbuhan maupun hewan. Jadi Sistem klasifikasi 3 kingdom terdiri dari Protista, Plantae, dan Animalia.

Sistem klasifikasi 2

Masih banyak sistem klasifikasi yang perlu Sobat Pintar ketahui, sekarang kita lanjut lagi yuk.....

Sistem Klasifikasi 4 Kingdom (Herbert. F. Copeland, 1938)

Dalam sistem klasifikasi 4 Kingdom, terjadi penambahan satu kingdom, yakni kingdom monera yang meliputi bakteri dan alga biru-hijau.

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom (Robert Whittaker, 1969)

Robert mengusulkan kingdom tambahan untuk fungi dengan pertimbangan perbedaan organisme dalam mendapatkan makanan (nutrisi). Klasifikasi lima kingdom inilah yang banyak dijadikan sebagai standar pembelajaran hingga saat ini.

Sistem Klasifikasi 6 Kingdom (Woese dkk., 1969)

Woese mengusulkan untuk memisahkan kingdom monera (kelompok mikroorganisme prokariotik) menjadi dua kingdom, yaitu kingdom eubacteria dan kingdom archaebacteria dengan alasan bahwa archaea memiliki RNA polimerase yang lebih kompleks dari bacteria, kemudian dinding sel archaea juga tidak mengandung peptidoglikan seperti bacteria.

Untuk informasi tambahan bagi Sobat Pintar, selain sistem kingdom masih ada sistem lain yang digunakan sebagai dasar klasifikasi, yaitu sistem 2 empire oleh Chatton tahun 1925 dan sistem 3 domain oleh Woese, dkk tahun 1990.

Untuk memudahkan Sobat Pintar memahami perkembangan sistem klasifikasi, simak tabel sistem klasifikasi berikut ya.....

Latihan 1

Anggota kingdom apakah yang dimiliki oleh domain Eukariota?

A. Plantae, Fungi, Monera, Protista, dan Animalia

B. Plantae, Fungi, Protista, dan Animalia

C. Plantae, Fungi, Monera, dan Animalia

D. Plantae, Fungi, dan Animailia

E. Plantae dan Animalia

Latihan 2

Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, termasuk apakah organisme yang memiliki karakteristik uniseluler, heterotrof, tanpa membran inti, dan tanpa organel sel?

A. Fungi

B. Monera

C. Protista

D. Plantae

E. Animalia

Latihan 3

Di dalam klasifikasi, jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), dan jeruk keprok (Citrus nobilis) termasuk dalam satu kelompok, yaitu pada tingkat....

A. spesies

B. genus

C. familia

D. ordo

E. kelas

Latihan 4

Tingkatan takson paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah....

A. divisio

B. kelas

C. ordo

D. famili

E. genus

Latihan 5

Kucing, anjing, dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu....

A. filum

B. kelas

C. ordo

D. familia

E. genus

Cara menggunakan kunci determinasi

Untuk mengidentifikasi makhluk hidup yang baru saja dikenal, kita memerlukan alat pembanding berupa gambar, realia atau spesimen (awetan hewan dan tumbuhan), hewan atau tumbuhan yang sudah diketahui namanya, atau kunci identifikasi. Kunci identifikasi disebut juga kunci determinasi.

Penggunaan kunci determinasi pertama kali diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus. Namun, sebenarnya Lammarck (1778) juga pernah menggunakan kunci modern untuk identifikasi. Salah satu kunci identifikasi ada yang disusun dengan menggunakan ciri-ciri taksonomi yang saling berlawanan. Tiap langkah dalam kunci tersebut terdiri atas dua alternatif (dua ciri yang saling berlawanan) sehingga disebut kunci dikotomi.

Cara menggunakan kunci determinasi antara lain sebagai berikut:

1. Bacalah dengan teliti kunci determinasi mulai dari permulaan, yaitu nomor 1a.

2. Cocokkan ciri-ciri tersebut pada kunci determinasi dengan ciri yang terdapat pada makhluk hidup yang diamati.

3. Jika ciri-ciri pada kunci tidak sesuai dengan ciri makhluk hidup yang diamati, harus beralih pada pernyataan yang ada di bawahnya dengan nomor yang sesuai. Misalnya, pernyataan 1a tidak sesuai, beralihlah ke pernyataan 1b.

4. Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci determinasi sesuai dengan ciri yang dimiliki organisme yang diamati, catatlah nomornya. Lanjutkan pembacaan kunci pada nomor yang sesuai dengan nomor yang tertulis di belakang setiap pernyataan pada kunci.

5. Jika salah satu pernyataan ada yang cocok atau sesuai dengan makhluk hidup yang diamati, alternatif lainnya akan gugur. Sebagai contoh, kunci determinasi memuat pilihan:

a. tumbuhan berupa herba, atau

b. tumbuhan berkayu.

Jika yang dipilih adalah 1a (tumbuhan berupa herba), pilihan 1b gugur.

6. Begitu seterusnya hingga diperoleh nama famili, ordo, kelas, dan divisio atau filum dari makhluk hidup yang diamati. Pada umumnya, buku penuntun identifikasi makhluk hidup dilengkapi dengan kunci determinasi dan hanya berlaku setempat (lokal).

Contoh kunci determinasi tumbuhan

Setelah memahami cara menggunakan kunci determinasi sederhana, sekarang Sobat Pintar coba untuk mendeterminasikan klasifikasi tumbuhan berikut ini yuk.....

Contoh kunci determinasi hewan

Lanjut lagi ya Sobat Pintar, sekarang dicoba juga untuk mendeterminasikan klasifikasi hewan

Latihan 1

Kunci dikotomi filum Arthropoda:

1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ......... Insekta

1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ............. 2

2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut .................3

2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ................ 4

3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki .................... ... Arachnida

3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ................ Crustacea

4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki...... Chilopoda

4b. Badan gilig beruas-ruas, tiap ruas terdapat 2 pasang kaki...... Diplopoda

Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri....

A. 1a, 2b, 3a, 4b

B. 1b, 2a, 3a, 4a

C. 1b, 2b, 3b, 4b

D. 1b, 2b, 4a

E. 1b, 2a, 3b

Latihan 2

Perhatikan kunci determinasi berikut

1. a. Tanaman bergetah................8.

b. Tanaman tanpa getah.................2.

 2. a. Daun berbentuk ginjal atau jantung, bertulang menjari, tepi daun beringgit atau berlekuk, merayap, bunga berbentuk payung...................Umbeliferae.

b. Daun tidak berbentuk ginjal atau jantung.......................3

3. a. Mempunyai seludang daun yang memeluk batang, kadang-kadang mempunyai selaput bumbung yang memeluk batang..................4

b. Tidak ada seludang daun yang jelas...................7.

4. a. Tulang lateral banyak, lurus dan segar, tegak lurus, atau bersudut besar dengan ibu tulang daun.................5.

b. Tulang lateral tidak demikian....................6

5. a. Batang berdaun tegak dengan pelepah daun memeluk batang, ada rishoma (akar rimpang)................Zingiberaceae

b. Batang tidak demikian...................9

Tahapan identifikasi dari famili Zingiberaceae adalah....

A. 1a, 2b, 3a, 4b, 5a

B. 1b, 2b, 3a, 4,a, 5a

C. 1a, 2a,3a, 4a, 5a

D. 1a, 2b, 3a, 4b, 5a

E. 1a, 2b,3a, 4a, 5b

Latihan 3

Berikut adalah benar mengenai kunci determinasi adalah....

A. berisi deskripsi ciri-ciri organisme yang disajikan dengan karakter berlawanan

B. berisi deskripsi ciri-ciri organisme yang disajikan dengan karakter yang sama

C. digunakan untuk membuat pohon filogenetik

D. digunakan untuk membuat kladogram

E. digunakan untuk mencari nenek moyang

Latihan 4

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kunci determinasi, kecuali....

A. kunci dikotomi memiliki sifat yang berlawanan

B. deskripsi karakter menggunakan istilah khusus

C. membuat nomor untuk setiap kuplet

D. kata pertama yang berasal dari setiap pernyataan di dalam satu kuplet haruslah identik

E. menggunakan kalimat yang dibuat sesingkat mungkin agar mudah untuk dimengerti

Latihan 5

1a. Berpembuluh............................. 2
1b. Tak berpembuluh....................... Bryophyta
2a. Berspora..................................... Pteridophyta
2b. Berbiji........................................ 3
3a. Berbiji terbuka........................... Gymnospermae
3b. Berbiji tertutup ......................... 4
4a. Memiliki satu kotiledon............ 7
4b. Memiliki dua kotiledon............. 5
5a. Menghasilkan getah.............. .... Euphorbiaceae
5b. Tidak menghasilkan getah......... 6
6a. Bunga kupu-kupu....................... Papilionaceae
6b. Bunga terompet......................... Solanaceae
7a. Memiliki rhizoma........................ Zingiberaceae
7b. Tidak memiliki rhizoma............ 8
8a. Batang berpelepah..................... Musaceae
8b. Daun berpelepah....................... 9
9a. Batang berongga...................... Cyperaceae
9b. Batang tak berongga................ Poaceae
Berdasarkan kunci determinasi tumbuhan diatas, kunyit diklasifikasikan sebagai....

A. 1a, 2b, 3b, 4a, 7a

B. 1a, 2b, 3b, 4a, 7b, 8b, 9a

C. 1a, 2b, 3a

D. 1a, 2b, 3b, 4a

E. 1a, 2b, 3b, 4a, 6a

Kladogram

Sobat, terkadang banyak yang beranggapan bahwa kladogram dan pohon filogeni adalah sama, perlu diingat bahwa kladogram berbeda dengan pohon filogeni meskipun pada prinsipnya keduanya bertujuan untuk mengetahui kekerabatan antara organisme satu dengan lainnya.

Kladogram

Kladogram adalah diagram yang menunjukkan hubungan dari organisme yang terkait erat. Kladogram adalah salah satu jenis pohon filogeni, tapi kladogram hanya menunjukkan hubungan antara klad (suatu kelompok taksonomi yang memiliki satu leluhur bersama dan semua keturunannya juga berasal dari moyang tersebut) dengan nenek moyang yang sama.

Sebagai contoh, suatu kladogram menunjukkan bahwa manusia memiliki hubungan lebih jauh dengan simpanse daripada gorila, tapi tidak menunjukkan waktu evolusi dan jarak yang tepat dari nenek moyang yang sama. Kladogram adalah diagram yang mirip dengan pohon yang digambar menggunakan garis. Simpul kladogram akan mewakili antar dua kelompok dari nenek moyang yang sama.

Klad akan disatukan di ujung garis sehingga anggota anggota klade tertentu bisa memiliki karakteristik yang sama. Klade disusun menggunakan perbedaan molekuler, bukan karakteristik morfologi. Namun, Kladogram dapat disusun dengan menggunakan data morfologi dan perilaku.

Berikut contoh kladogram Dinosaurus

Pohon Filogenetik

Selain kladogram, untuk mengklasifikasikan makhluk hidup, Sobat Pintar perlu memahami tentang pohon filogenetik.

Pohon Filogenetik

Studi filogeni berguna untuk menemukan jawaban atas berbagai masalah dalam biologi evolusioner seperti hubungan antara spesies dan asal usulnya, penyebaran infeksi virus, pola migrasi spesies, dll. Teknik biologi molekuler lanjutan telah membantu ahli biologi untuk mengevaluasi hubungan filogenetik antara organisme yang mana digunakan untuk mengamati perubahan evolusioner organisme.

Pohon filogenetik adalah diagram yang menunjukkan hubungan antara organisme berdasarkan karakteristik, latar belakang genetik, dan hubungan evolusioner. Dibandingkan dengan kladogram, pohon filogenetik lebih lengkap karena disusun dengan jarak yang menandakan waktu evolusi. Pohon filogenetik digambar seperti diagram pohon bercabang dimana panjang cabang sebanding dengan jarak evolusioner.

Ahli biologi mempertimbangkan banyak karakteristik organisme termasuk karakteristik morfologi, anatomi, perilaku, biokimia, molekuler dan fosil untuk membangun pohon filogenetik.

Berikut contoh pohon filogenetik Plasmodium

Latihan 1

 

Dari kladogram di atas dapat disimpulkan....

A. 4 spesies hipotetis terkait satu sama lain dengan nenek moyang yang sama

B. Spesies 1 dan 3 memiliki nenek moyang yang berbeda

C. Spesies 1 dan 2 memiliki nenek moyang berbeda dengan spesies 3

D. Ketiga spesies memiliki nenek moyang yang berbeda

E. 3 spesies hipotetis terkait satu sama lain dengan nenek moyang yang sama

Latihan 2

Pernyataan berikut benar mengenai kladogram dan pohon filogenetik adalah....

A. Kladogram digambar dengan panjang yang sama. Panjang cabang mewakili jarak evolusi

B. Kladogram digambar dengan panjang yang berbeda. Panjang cabang tidak mewakili jarak evolusi

C. Kladogram digambar dengan panjang yang berbeda. Panjang cabang mewakili mewakili jarak evolusi

D. Pohon filogenetik digambar dengan panjang yang sama. Panjang cabang tidak mewakili jarak evolusi

E. Pohon filogenetik menunjukkan jumlah waktu evolusioner saat memisahkan taksa organisme

Latihan 3

Dasar klasifikasi dalam sistem filogenik adalah....

A. waktu evolusi

B. kedekatan hubungan kekerabatan

C. kemiripan secara morfologi

D. kemiripan secara anatomi

E. jarak garis evolusi

Latihan 4

Sistem klasifikasi filogenik pertama kali dicetuskan oleh....

A. Charles Darwin

B. George Buffon

C. Lamarck

D. Aristoteles

E. August Weismann

Latihan 5

Kelompok keturunan dari satu nenek moyang yang sama disebut....

A. filogeni

B. ancestor

C. spesies

D. populasi

E. clade

Peta Belajar Bersama

Sobat, yuk belajar bagaimana mengklasifikasikan makhluk hidup. Apa yang perlu sobat pelajari ada di peta belajar bersama berikut ini nih....

redesain-navbar Portlet