redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Teks Ekposisi

Teks eksposisi, pernahkah Sobat pintar mendengar istilah ini? Istilah teks satu ini sangat erat kaitannya dengan keilmuan Bahasa Indonesia. Secara harfiah, pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf yang memuat sejumlah informasi penting. Paragraf tersebut ditulis secara jelas, singkat, padat, dan juga mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya. Sehingga dengan membaca teks tersebut, seseorang mampu memperoleh informasi terkait suatu persoalan.

Secara umum teks eksposisi ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan suatu topik pembahasan melalui paragraf yang singkat dan padat. Sehingga jika seseorang membaca paragraf tersebut, maka Ia akan mendapatkan sejumlah informasi terkait topik itu sendiri. Kemudian teks ini diketahui pula memiliki kalimat-kalimat yang sifatnya mengajak atau menarik perhatian dari pembacanya. Dengan kata lain, seorang pembaca mampu tertarik untuk mengikuti atau melakukan sesuatu yang dijelaskan melalui teks tersebut.

Beberapa ahli di bidang bahasa turut memberikan pendapatnya mengenai definisi teks eksposisi yang antara lain:

1. Gorys Keraf

Karangan eksposisi merupakan suatu bentuk wacana yang bertujuan untuk menguraikan objek atau permasalahan tertentu agar dapat memberikan pemahaman dan memperluas pandangan wawasan pembaca. Tujuan utama dari teks eksposisi adalah tidak lain untuk memberikan informasi mengenai permasalahan tertentu dan sama sekali tidak dibuat untuk memengaruhi atau mengubah sikap pembacanya.

Menurut Gorys Keraf, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis yang hendak menulis teks eksposisi adalah: Penulis mengetahui dan menguasai objek permasalahan yang akan ia tulis. Pastikan juga penulis memiliki bukti dan fakta yang kuat agar tidak menyesatkan pembaca. Penulis harus mampu menganalisis persoalan dengan jelas dan konkret.

2. Alwasilah

Karangan eksposisi merupakan tulisan yang memiliki tujuan untuk mengklarifikasi, menjelaskan, atau mendidik pembaca mengenai isu tertentu. Penulis eksposisi berniat untuk memberikan informasi maupun petunjuk mengenai permasalahan yang semula tidak dipahami oleh pembaca awam. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk memberikan pengetahuan terhadap pembaca.

3. Nasucha

Teks eksposisi merupakan karya ilmiah yang bertujuan menjabarkan, memaparkan, dan menguraikan informasi tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengubah sikapnya terhadap suatu hal. Teks eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan ilmu, definisi, langkah-langkah, atau proses terjadinya sesuatu yang disusun secara kronologis dan rinci.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Sobat Pintar Apa ya kira-kira Ciri-ciri Teks Eksposisi  ?

Seperti jenis teks lainnya, teks eksposisi mempunyai beberapa macam ciri umum. Ciri-ciri dalam teks eksposisi ini digunakan untuk membedakan dan juga menentukan apakah sebuah teks termasuk dalam golongan teks ekposisi atau bukan. Adapun ciri-ciri dari teks eksposisi adalah :

1. Tidak ada paksaan kepada penulis untuk setuju dengan apa yang ditulis oleh penulis.

2. Teks ini berisi penjabaran informasi dan juga pengetahuan.

3. Mempunyai gaya informasi yang persuasif ataupun mengajak.

4. Penyampaian teksnya dilakukan secara jelas dan lugas serta memakai bahasa yang baku.

5. Teks eksposisi bersifat netral dan juga obyektif tidak subyektif.

6. Menyajikan sebuah fakta dan dapat digunakan sebagai sebuah alat kontribusi dalam suatu hal yang sedang dijelaskan.

7. Penjelasannya disertai dengan data yang sifatnya akurat serta terpercaya.

Tujuan Teks Eksposisi

TUJUAN TEKS EKSPOSISI

Adanya teks ekposisi sebenarnya mempunyai tujuan untuk menjelaskan dan juga memaparkan pada para pembaca mengenai suatu permasalahan tertentu yang ditulis dalam teks eksposisi yang bersangkutan.

Sehingga, dengan membaca teks eksposisi etrsebut, nantinya pembaca akan memperoleh pengetahuan secara rinci dari sebuah hal dan/atau kejadian yang mungkin menarik minat mereka yang telah ditulis dalam sebuah karangan teks eksposisi oleh si Penulis serta telah banyak dibagikan kepada khalayak umum baik itu di dunia maya maupun dunia nyata.

Berikut adalah tujuan dan fungsi teks eksposisi di antaranya adalah:

1. Memberikan informasi yang disertai data dan fakta mengenai suatu permasalahan.

2. Mengangkat sebuah permasalahan melalui sudut pandang ilmiah yang disertai dengan teori penunjang dan bukti-bukti ilmiah.

3. Menjelaskan permasalahan tertentu secara terperinci sehingga pembaca dipastikan dapat memperoleh pemahaman yang utuh.

4. Menggambarkan permasalahan yang tengah dibahas secara komprehensif.

5. Menyampaikan data faktual terkait permasalahan tertentu.

6. Mengutarakan pendapat secara objektif dan bertanggungjawab sebab didasari oleh fakta dan data

Latihan Soal

Yang merupakan ciri-ciri teks eksposisi kecuali. . .

A. Berisi penjabaran informasi

B. Gaya informasi yang persuasif

C. Dilakukan secara jelas dan lugas

D. Terdapat paksaan

E.  Menyajikan sebuah fakta

JENIS-JENIS TEKS EKSPOSISI

JENIS-JENIS TEKS EKSPOSISI

Teks eksposisi terbagi menjadi beberapa jenis. Teks eksposisi dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis, yaitu :

1. Teks eksposisi ilustrasi dimana teks ini memakai sebuah penggambaran sederhana dan juga bisa dalam suatu bentuk konkret atas sebuah ide yang dikemukakan. Menggambarkan sesuatu yang mempunyai kesamaan sifat. Jenis teks eksposisi ini banyak memakai frasa penghubung.

2. Teks eksposisi berita yang menyajikan sebuah informasi tentang suatu kejadian. Teks eksposisi jenis ini biasanya tercantum dalam berita dan surat kabar.

3. Teks eksposisi perbandingan, yang menerangkan ide atau gagasan dalam kalimat utama yang menggunakan metode perbandingan.

4. Teks eksposisi proses, berisikan tentang panduan ataupun tata cara atau prosedur dalam membuat sesuatu.

5. Teks eksposisi definisi berisikan mengenai pengertian suatu obyek.

6. Teks eksposisi pertentangan, yang berisikan pertentangan antara suatu obyek tertentu dengan jenis obyek lainnya. Dalam teks eksposisi ini biasanya juga digunakan beberapa frasa penghubung, seperti halnya akan tetapi, sebaliknya, dan meskipun begitu, serta masih banyak lagi.

7. Teks eksposisi analisis, merupakan suatu proses dalam memilah dan memisahkan sebuah masalah dari gagasan yang paling utama menjadi beberapa bagian untuk kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengembangan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang logis dan berurutan antara satu masalah dengan masalah yang lainnya.

Meskipun macam macam teks eksposisi ini agak sedikit susah dipahami dalam bentuk konkrit. Namun, anda dapat mencari tahu tentang seluk beluk dari teks eksposisi guna menambah pengetahuan dan mempermudah dalam menentukan jenis teks eksposisi mana yang sedang dipakai baik itu dalam sebuah wacana atau karangan yang ditulis oleh seorang penulis.

Struktur Teks Eksposisi

Apa Saja Ya Struktur Teks Eksposisi ?

1. Tesis

Tesis merupakan bagian awal dari penulisan paragraf eksposisi. Tesis berisikan pendapat penulis secara pribadi terkait topik yang akan dibahas pada paragraf tersebut. Bagian tesis sering pula disebut sebagai bagian pembukaan dari teks tersebut.

2. Argumentasi

Struktur teks eksposisi berikutnya dikenal dengan istilah argumentasi. Struktur ini berisikan berbagai macam pendapat yang dapat memperkuat pernyataan dari penulis sebelumnya. Pada bagian penulis dapat menggunakan berbagai sumber untuk memperkuat pernyataannya tersebut. Bisa dari hasil penelitian para peneliti, maupun dari pendapat para pakar di bidangnya. Sehingga sumber-sumber tersebut dapat memperkuat pendapat pribadi dari penulis sendiri.

3. Penegasan Kembali

Setelah dinyatakan argumentasi terkait topik tersebut, maka perlu adanya penegas kembali penyataan sebelumnya. Sehingga dengan penegasan tersebut, pembaca benar-benar dapat memahami sepenuhnya isi/ informasi dari teks tersebut. Struktur ini sering pula di sebut dengan kesimpulan dan biasanya terletak di akhir dari teks tersebut.

Latihan Soal

(i)  Teks eksposisi ilustrasi

(ii) Teks eksposisi perbandingan

(iii) Teks eksposisi pertentangan

(iv) Teks eksposisi perbaikan

Diatas yang merupakan jenis teks eksposisi yaitu . . .

A.

(i), (ii), (iii)

B. (i), (ii), (iv)

C. (i), (iii), (iv)

D. (ii), (iii), (iv)

E. Semua benar

Kaidah Teks Eksposisi

KAIDAH TEKS EKSPOSISI

Dalam suatu teks ekposisi, terdapat beberapa kaidah yang memerlukan perhatian, diantaranya adalah :

1. Adanya topik yang dijelaskan agar dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi para pembacanya. Penjelasan itu dapat berisikan fakta, data, contoh, tabel, dan juga grafik yang dapat memperjelas informasi dan mempermudah pemahaman.

2. Menyajikan fakta, sehingga teks eksposisi banyak digunakan dalam sebuah karya ilmiah. Ciri utama dari teks eksposisi ini adalah senantiasa menampilkan sejumlah fakta yang dipakai untuk memperjelas informasi.

3. Bahasa yang ditulis dalam teks eksposisi adalah bahasa yang baku dan informatif. Hal ini berkaitan dengan tujuan teks eksposisi yang tidak hanya berusaha untuk meyakinkan ataupun mempengaruhi pembaca, tetapi juga menguraikan topik sampai sejelas-jelasnya agar mudah dipahami oleh para pembaca

4. Pronomina, hal ini digunakan terutama saat terdapat sebuah pernyataan atau pendapat pribadi (klaim) yang diungkapkan dalam sebuah karangan yang ditulis oleh Penulis yang bersangkutan.

5. Kata-kata leksikal, biasanya akan memberikan kekuatan teks eksposisi dalam tujuannya mempengaruhi dan mengubah persepsi pembaca. Diharapkan nantinya pembaca dapat mengikuti ataupun menerima pendapat penulis dari teks eksposisi tersebut, baik itu berupa verba, nomina, adjektifa ataupun sifat, serta suatu adverbia atau kata keterangan.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

UNSUR KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI

 

Unsur kebahasaan dari teks eksposisi atau disebut juga sebagai kaidah kebahasaan dalam sebuah teks eksposisi adalah ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan teks ekposisi. Beberapa kaidah teks eksposisi yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Pronomina

Pronomina merupakan kata ganti dimana terdapat sebuah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina sendiri dapat dibagi menjadi pronomina persona (yang terdiri dari kata ganti orang tunggal dan kata ganti orang jamak) dan juga pronomina nonpersona yang merupakan kata ganti bukan orang ataupun pronomina penanya seperti apa, siapa, dan mana.

2. Kata leksikal baik itu adjectiva, adverbia, verba ataupun nomina serta terdapat tambahan berupa konjungsi yang menjadi salah satu ciri khas dari adanya teks eksposisi.

Latihan Soal

Dibawah ini merupakan kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi kecuali . . .

A.

Adanya topik

B. Menyajikan fakta

C. Bahasa yang informatif

D. Bahasa yang kaku

E. Pronomina

redesain-navbar Portlet