redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Apa sih yang dimaksud Teks Prosedur Kompleks ?

Teks prosedur kompleks merupakan sebuah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan suatu hal; baik melakukan kegiatan tertentu, maupun membuat sesuatu yang disajikan dengan tahapan tertentu. Langkah-langkah tersebut dilakukan agar tujuan atau hasil yang inginkan dapat tercapai.

Tujuan dan Manfaat Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompeks bertujuan memberikan penjelasan tentang cara melakukan, menggunakan, dan membuat sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Tujuan komunikatif teks prosedur adalah memberi petunjuk cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah. Agar sobat pintar dapat mengerti langkah atau tahap tertentu yang harus dilakukan agar tujuan akhir dapat tercapai.

Manfaat dari teks prosedur sendiri sebagai berikut :

1. Membantu dalam menggunakan suatu alat secara benar tanpa membahayakan diri pengguna dan tanpa merusak alat itu sendiri.

2. Membantu dalam melakukan cara-cara atau aktivitas tertentu dan kebiasaan hidup.

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Ciri-ciri dari Teks Prosedur Kompleks terbagi menjadi dua bagian yaitu

a. Ciri Umum

Suatu teks prosedur kompleks pasti memiliki ciri-ciri. Sobat pintar ayo pelajari ciri-ciri umum dari teks prosedur kompleks berikut ini :

1. Berisikan langkah-langkah

2. Disusun secara informatif

3.Dijelaskan secara mendetail

4. Bersifat objektif

5. Langkah berkelanjutan dengan penjelasan

6. Menggunakan syarat/pilihan

7. Bersifat universal

8. Bersifat aktual dan akurat

9. Bersifat logis

 

b. Ciri Kebahasaan

Teks prosedur kompleks umumnya berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu. Petunjuk-petunjuk ini biasanya diungkapkan dalam kalimat imperatif (kalimat perintah), kalimat deklaratif (kalimat pernyataan), kalimat introgatif (kalimat pertanyaan), terdapat bilangan urutan, partisipan manusia secara umum, verbal material (kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik), verbal tingkah laku (ungkapan verbal), konjungsi temporal (konjungsi urutan waktu sekaligus menjadi sarana kohesi teks), menggunakan kata baku, dan menggunakan konjungsi syarat.

Penggunaan kalimat perintah otomatis menggunakan kata- kata yang menyatakan perintah, larangan, maupun kata- kata yang menyatakan keharusan. Misalnya kata ambillah, tutuplah, bacalah, isilah, tidak, jaga, harus. Teks prosedur kompleks berupa rangkaian petunjuk untuk melakukan sesuatu.

Contoh Kalimat Imperatif

 

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Sobat Pintar Mari Pelajari Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian material, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya sobat pintar bisa lihat dibawah.

1. Bagian tujuan, bagian tujuan dari teks prosedur dapat berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

2. Bagian material, berisikan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan, namun tidak tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti makanan dan sebagainya.

3. Bagian langkah-langkah, bagian ini berisikan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan secara urut tidak boleh secara acak dalam melakukannya.

Latihan

Sup Ayam

Bahan:

3 pon, ayam goreng utuh

6 hingga 8 gelas air

1 cengkeh bawang putih potong dadu

1 cangkir irisan bawang

1 cangkir seledri diiris

½ cangkir wortel yang diiris

2 cangkir daun bawang cincang

3 sendok makan peterseli cincang segar

Lada hitam yang baru digiling

Sedikit garam

Metode:

-Bilas ayam.

-Tempatkan ayam dalam mangkuk dan tambahkan sayuran, dan air yang cukup untuk menutupi mereka.

-Taruh mangkuk ke dalam oven dan didihkan dengan api sedang-tinggi.

-Kurangi panas ke rendah dan didihkan, tutup selama 90 menit. Keluarkan ayam dari panas.

-Sajikan ayam panas yang dikukus, hiasi dengan peterseli, garam, dan lada hitam

 

Apa tujuan dari teks itu?

A. Untuk menggambarkan tentang sup ayam

B. Untuk menjelaskan apa sup ayam itu

C. Untuk menunjukkan cara membuat sup ayam

D. Untuk menghibur para pembaca tentang sup ayam

E. Untuk memakan sup ayam

Latihan

Apa yang kita lakukan pertama setelah membilas ayam?

A. Masukkan mangkuk ke dalam oven

B. Tempatkan ayam dalam mangkuk

C. Kurangi panas ke rendah dan didihkan

D. Tambahkan sayuran dan air secukupnya

E. hiasi dengan peterseli

Latihan

“…, dan cukup air untuk menutupnya.” (Baris 2) Apa arti kata “mereka”?

A. Ayam dan mangkuk

B. Sayuran dan mangkuk

C. Sayuran dan ayam

D. Mangkok, ayam, dan tumbuh-tumbuhan

E. Tumbuh-tumbuhan

Unsur KebahasaanTeks Prosedur Kompleks

Apa saja ya Unsur KebahasaanTeks Prosedur Kompleks ?

Unsur KebahasaanTeks Prosedur Kompleks

Ciri kebahasaan yang ada pada teks prosedur adalah banyak terdapat konjungsi, adanya kalimat perintah, adanya kata kerja imperatif, verba material dan tingkah laku, dan juga partisipan manusia secara umum. Untuk lebih jelasnya lagi bisa lihat dibawah.

1. Konjungsi, terdapat banyak sekali konjungsi pada teks prosedur yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu, dan selanjutnya. Kata-kata seperti itu hadir sebagai konsekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.

2. Kata kerja imperatif (perintah), pada teks prosedur banyak dijumpai kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah, banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan.

3. Verba material dan tingkah laku, verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

4. Partisipan manusia, dalam segi partisipan manusia secara umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosdur kompleks yang kita sunting terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.

Sobat pintar kalau kurang paham bisa gunakan tombol diskusi.

Syarat dan Kriteria Teks Prosedur Kompleks

Iniloh Syarat dan Kriteria Teks Prosedur Kompleks

Syarat dan Kriteria Teks Prosedur Kompleks

Teks Laporan Prosedur pasti berbeda dengan teks-teks yang lain sehingga pasti memiliki syarat dan kriteria sendiri yaitu kata-kata atau kalimat sesuai dengan karakteristik teks prosedur, kejelasan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang diberikan agar dapat dimengerti pembaca, bahasa yang digunakan sesuai dengan sobat pintar; kepada siapa teks tersebut ditujukan, urutan instruksi yang sistematis.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Kalian juga bisa menggunakan menu diskusi jika teman teman masih kurang paham.

redesain-navbar Portlet