redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Teks Persuasif

Pengertian Teks Persuasif

Sobat Pintar, pernahkah sobat pintar membaca teks persuasi? Persuasi atau persuasif berarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Nah, sesuai dengan arti katanya, paragraf persuasif atau persuasi merupakan sebuah paragraf yang memiliki isi memberi bujukan dan ajakan untuk pembacanya agar memiliki pemikiran yang sama, mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis didalam paragraf persuasi. Dengan kata lain paragraf ini memiliki arti tersirat bahwa setiap asumsi dan pemahaman manusia tentang pendapat, pandangan dan manusia sewaktu-waktu dapat berubah dikarenakan faktor tertentu.

Pada dasarnya pengertian paragraf persuasi menurut para ahli adalah sama mengarah menuju pengetian umum yakni paragraf persuasi adalah paragraf yang bersifat mengajak dan mempengaruhi pembacanya lewat kalimat-kalimat ajakan dan propaganda. Sedangkan contoh paragraf persuasi sendiri dapat dengan mudah anda temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti di media masa, koran televisi hingga internet sekalipun kerap memunculkan contoh paragraf persuasi tanpa kita sadari.

Ciri Teks Persuasif

Ciri-ciri paragraf persuasi

Dari pernyataan yang sudah saya jelaskan di atas dapat disumpulkan bahwa ciri-ciri paragraf persuasi adalah sebagai berikut:

1. Paragraf persuasi meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis, berusaha mengajak dan membujuk.

2. Paragraf persuasi banyak menggunakan kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah, dan lain-lain.

3. Paragraf persuasi biasanya menghindari masalah atau konflik agar kepercayaan pembacanya.

4. Penulis paragraf persuasi akan memahami bahwa pegangan dan pengertian pembaca dapat diubah.

5. Berusaha menjelaskan dan menarik perhatian serta kepercayaan pembaca.

6. Paragraf persuasi harus memiliki alasan-alasan yang kuat disertai dengan data dan fakta.


Karena memiliki ciri-ciri tersebut, Paragraf persuasi banyak dijadikan dan diterapkan sebagai teks iklan dalam media masa baik itu online maupun media cetak dengan harapan orang yang membaca dan mendengar paragraf ini dapat berpikiran sama dengan penulis.

Latihan Soal

Yang merupakan ciri-ciri paragraf persuasif adalah . . .

A. Pembacanya hanya membaca yang ditulis oleh penulis

B. Menggunakan kata-kata perintah

C. Menyebabkan masalah atau konflik

D. Memahami bahwa pegangan dan pengertian pembaca dapat diubah

E. Memiliki opini yang kuat tanpa sesuai fakta

Struktur Teks Persuasif

Apa Ya Struktur Teks Persuasi Sobat Pintar ?

Teks Persuasi dibentuk oleh beberapa bagian, yang antarbagiannya disusun secara sistematis dan saling berhubungan. Bagian-bagian yang merupakan struktur pembangun teks persuasi tersebut adalah:

1. Pengenalan isu

2. Rangkaian argument

3. Pernyataan ajakan

4. Penegasan kembali

Seperti halnya teks yang bertopik perlunya peringatan Hari Sumpah Pemuda pada pelajaran sebelumnya, teks itu diawali dengan pengenalan isu, diikuti dengan paparan sejumlah rgumen. Setelah itu, dinyatakan ajakan-ajakan, yang diakhiri dengan penegasan kembali.

1. Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.

2. Rangkaian argumen, yakni berupa sejumlah pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumennya itu. Kehadiran argumen ini berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan itu.

3. Pernyataan ajakan, yakni sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat ataupun tersirat.

4. Penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, yang biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah.

Kaidah Teks Persuasif

Kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai teks persuasi itu di antaranya sebagai berikut.

1. Menyajikan sejumlah fakta dan pendapat.

2. Menggunakan pernyataan-pernyataan bujukan.

3. Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas.

4. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif.

5. Menggunakan kata-kata kerja mental.

6. Mengunakan kata ganti kita

Cara Membuat Paragraf Persuasi atau Persuasif

Cara Membuat Paragraf Persuasi atau Persuasif

1. Tentukan Topik

Untuk menulis paragraf persuasif anda harus menentukan dulu apa topik yang akan dibahas dalam paragraf tersebut. Banyak topik yang bisa dibahas dalam paragraf persuasi seperti masalah narkoba,rokok dan kebiasaan sehari hari. Topik merupakan lingkup pembicaraan dalam suatu paragraph

2. Tentukan Tujuan

Setiap paragraf persuasi pasti punya tujuan. Tujuan utama setiap paragraf persuasi jelas yaitu meyakinkan pembaca dan pendengar. Oleh karena itu buat tujuan yang jelas dan masuk akal untuk bisa dipercayai oleh pembaca dan pendengar. Dalam menyampaikan tujuan berusahalah jelas dan singkat agar mudah ditangkap oleh para pendengar maupun pembaca.

3. Buat Kerangka Paragraf

Setelah sudah siap dengan topik dan tujuan yang akan dibahas saatnya menyusun suatu kerangka paragraf. Adapun penulisan kerangka peragraf ini dibuat agar paragraf lebih sistematis dan logis. Buat kerangka seperti pengembangan sebab akibat. Dimana letakkan dulu sebabnya diawal lalu berikan akibatnya di akhir paragraf.

4. Mengumpulkan Data

Setelah semua sudah siap saatnya melakukan pengumpulan data yang tidak kalah pentingnya. Data yang tepat dan akurat membantu pembaca dan pendengar untuk percaya pada anda. Oleh karena itu cari data semaksimal mungkin dan jangan sampai merekasaya data karena itu sangat tidak baik.

5. Menyusun Paragraf

Setelah semua siap inilah tahap terakhir susun sebuah paragraf sesuai dengan topik, tujuan, kerangka dan fakta yang sudah dikumpulkan, Gunakan pemilihan kata yang baik agar mudah meyakinkan para pembaca maupun pendengar. Baca lagi untuk memastikan kalau itu merupakan paragraf persuasi yang baik

Latihan Soal

Dibawah ini merupakan cara membuat paragraf persuasif.

1. Buat Kerangka Paragraf

2. Tentukan Tujuan

3. Menyusun Paragraf

4. Tentukan Topik

5. Mengumpulkan Data

Urutkan cara diatas sesuai dengan cara membuat paragraf persuasif yang benar . . .

A. 4-3-5-1-2

B. 4-1-2-5-3

C. 4-2-1-5-3

D. 3-2-4-5-1

E. 3-5-1-4-3

Jenis Teks Persuasif

Aa Saja Ya Sobat Pintar Jenis-Jenis Paragraf Persuasi ?

Paragaf persuasi dapat dibedakan ke dalam 4 jenis paragraf yaitu persuasi politik, pendidikan, advertensi dan propaganda.

1. Paragraf Persuasi Politik

Paragraf ini adalah bentuk ajakan atau usaha dalam mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau berkecimpung di dunia politik. Paragraf jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang politik untuk kepentingan partai/kampanye atau juga bisa untuk kepentingan Negara.

2. Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi ini digunakan oleh lembaga atau orang-orang yang bergelut di dunia pendidikan untuk membantu tujuan pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa himbauan, anjuran, motivasi atau panduan. Selain oleh lembaga, paragraf ini juga digunakan oleh guru untuk mempengaruhi siswanya untuk lebih rajin belajar dan menggapai cita-citanya.

3. Paragraf Persuasi Advertensi

Paragraf ini dibuat untuk tujuan periklanan yang digunakan oleh produsen-produsen produk tertentu untuk memperkenalkan barang atau jasa kepada para konsumen. Persuasi advertensi bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa sehingga konsumen berminat untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang dipromosikan. Paragraf persuasi jenis ini kerap kali disebut iklan.

4. Paragraf Persuasi Propaganda

Persuasi propaganda biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar pembacanya mau melakukan atau mempercayai apa yang disampaikan oleh penulis. Terkadang, paragraf persuasi propaganda digunakan untuk memprovokasi pihak tertentu atas sudutu pandang orang terhadap sesuatu. Paragraf persuasi propaganda serin kita temukan media cetak maupun elektronik, seperti blog, majalah, surta kabar dan lain-lain.

Contoh Teks Persuasif

HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG

Alinea pembuka

Rokok mengandung bahan dan Zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernafasan. Tar dan nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun.

Alinea penjelas

Semakin besar isi kandungan Tar dan Nikotin dalam sebatang rokok, Maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif.

Alinea penutup

Karena dampak negatifnya begitu bear maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.

redesain-navbar Portlet