APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama Bahasa Indonesia di BAB ketujuh.

Yuk, mulai belajar bersama!

Pengertian Teks Persuasif



PENGERTIAN TEKS PERSUASIF

Kata persuasi atau persuasif berarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Lantas, apa ya teks persuasi itu?

Jadi, teks persuasi itu merupakan sebuah wacana yang berisi tentang memberi bujukan dan ajakan untuk pembacanya agar memiliki pemikiran yang sama, mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis dalam teks persuasi

Dengan kata lain paragraf ini memiliki arti tersirat bahwa setiap asumsi dan pemahaman manusia tentang pendapat, pandangan dan manusia sewaktu-waktu dapat berubah dikarenakan faktor tertentu.

Bahasa yang persuasi seringkali ada di dalam teks iklan. Karena bahasa persuasi mengandung kata-kata yang bersifat ajakan atau bujukan. Teks iklan sendiri kan tujuannya untuk mengajak pembaca agar mau membeli barang!

Ciri-Ciri Teks Persuasif


CIRI-CIRI TEKS PERSUASIF

 

Ciri-ciri teks persuasi adalah sebagai berikut:

  1. Paragraf persuasi meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis, berusaha mengajak dan membujuk.
  2. Paragraf persuasi banyak menggunakan kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah, dan lain-lain.
  3. Paragraf persuasi biasanya menghindari masalah atau konflik agar kepercayaan pembacanya.
  4. Penulis paragraf persuasi akan memahami bahwa pegangan dan pengertian pembaca dapat diubah.
  5. Berusaha menjelaskan dan menarik perhatian serta kepercayaan pembaca.
  6. Paragraf persuasi harus memiliki alasan-alasan yang kuat disertai dengan data dan fakta.

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Yang merupakan ciri-ciri paragraf persuasif adalah....

A. Pembacanya hanya membaca yang ditulis oleh penulis

B. Menggunakan kata-kata perintah

C. Menyebabkan masalah atau konflik

D. Memahami bahwa pegangan dan pengertian pembaca dapat diubah

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Berikut ini yang benar merupakan teks persuasi adalah….

A. Teks persuasif untuk memberi informasi berupa suatu kejadian

B. Teks persuasif mengandung kalimat ajakan

C. Teks persuasif selalu menimbulkan konflik

D. Teks persuasif tidak mengandung unsur yang bersifat mengajak

Struktur Teks Persuasif


STRUKTUR TEKS PERSUASIF

Teks persuasi dibentuk oleh beberapa bagian, yang antar bagiannya disusun secara sistematis dan saling berhubungan. Bagian-bagian yang merupakan struktur pembangun teks persuasi tersebut adalah:

1. Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.

2. Rangkaian argumen, yakni berupa sejumlah pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumennya itu. Kehadiran argumen ini berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan itu.

3. Pernyataan ajakan, yakni sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat maupun tersirat.

4. Penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, yang biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah.

Cara Membuat Teks Persuasif


CARA MEMBUAT TEKS PERSUASIF

 

1. Tentukan Topik
Sebelum membuat, tentunya sobat pintar harus menentukan topik terlebih dahulu! Banyak topik yang bisa dibahas dalam teks persuasi contohnya seperti topik pencemaran lingkungan, bahaya merokok dan narkoba, dan pencegahan Covid-19.

2. Tentukan Tujuan
Setelah menemukan topik apa yang akan diangkat dalam teks persuasi, sobat pintar harus menentukan tujuan untuk apa sobat pintar membuat teks persuasi tersebut! Misalnya, sobat pintar mengambil topik pencemaran lingkungan, berarti tujuannya adalah untuk mengajak warga stop pencemaran lingkungan.

3. Buat Kerangka Paragraf
Setelah sudah siap dengan topik dan tujuan yang akan dibahas saatnya menyusun suatu kerangka paragraf. Adapun penulisan kerangka paragraf ini dibuat agar paragraf lebih sistematis dan logis. Sobat pintar buat kerangka seperti pengembangan sebab-akibat. Letakkan dulu sebabnya di awal, lalu berikan akibatnya di akhir paragraf.

4. Mengumpulkan Data
Setelah semua sudah siap saatnya melakukan pengumpulan data. Mencari data ini penting, loh! Data yang tepat dan akurat membantu pembaca dan pendengar untuk percaya pada teks persuasif yang sobat pintar buat. Oleh karena itu cari data semaksimal mungkin dan jangan sampai merekayasa data karena itu sangat tidak baik.

5. Menyusun Paragraf
Kemudian ke tahap terakhir, yaitu menyusun sebuah paragraf sesuai dengan topik, tujuan, kerangka dan fakta yang sudah dikumpulkan. Gunakan pemilihan kata yang baik agar mudah meyakinkan para pembaca maupun pendengar. Baca lagi untuk memastikan kalau itu merupakan teks persuasi yang baik.

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Dalam teks persuasif, bagian yang menjadi inti dari teks persuasif adalah….

A. Rangkaian argumen

B. Pernyataan kesimpulan

C. Penegasan ulang

D. Pernyataan ajakan

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Dibawah ini merupakan cara membuat paragraf persuasif:

1. Buat Kerangka Paragraf

2. Tentukan Tujuan

3. Menyusun Paragraf

4. Tentukan Topik

5. Mengumpulkan Data

Urutkan cara diatas sesuai dengan cara membuat paragraf persuasif yang benar....

A. 4-3-5-1-2

B. 4-1-2-5-3

C. 4-2-1-5-3

D. 3-2-4-5-1

Latihan Soal

Pilihlah jawaban yang benar!

Hal yang dilakukan ke dalam tahapan pengumpulan data adalah....

A. Mengumpulkan data dari narasumber

B. Merangkai karangan data

C. Mencari data dari sumber terpercaya

D. Menyusun data menjadi sebuah paragraf

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Tahapan selanjutnya dalam pembuatan teks ppersuasif setelah mengumpulkan data adalah....

A. Menulis judul

B. Membuat kerangka

C. Menyusun paragraf

D. Memberi salam penutup

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

Bagian penegasan kembali biasanya berisi tentang....

A. Pengantar topik yang akan dibahas

B. Kesimpulan dari bagian sebelumnya

C. Ajakan untuk melakukan sesuatu

D. Memaparkan pendapat opini dan menunjukkan data

Jenis Teks Persuasif

JENIS-JENIS TEKS PERSUASIF

Paragraf persuasif dapat dibedakan ke dalam 4 jenis paragraf yaitu:

1. Teks Persuasif Politik
Teks persuasif dengan bentuk ajakan atau usaha dalam mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau berkecimpung di dunia politik. Paragraf jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang politik untuk kepentingan partai/kampanye atau juga bisa untuk kepentingan negara.

2. Teks Persuasif Pendidikan
Teks persuasif jenis ini digunakan oleh lembaga atau orang-orang yang bergelut di dunia pendidikan untuk membantu tujuan pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa himbauan, anjuran, motivasi atau panduan. Selain oleh lembaga, paragraf ini juga digunakan oleh guru untuk mempengaruhi siswanya untuk lebih rajin belajar dan menggapai cita-citanya.

3. Teks Persuasif Advertensi
Teks ini dibuat untuk tujuan periklanan yang digunakan oleh produsen-produsen produk tertentu untuk memperkenalkan barang atau jasa kepada para konsumen. Persuasi advertensi bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa sehingga konsumen berminat untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang dipromosikan.

4. Teks Persuasif Propaganda
Teks persuasif ini berisi tentang informasi yang  bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan dari masyarakat atau sekelompok orang.

Contoh Teks Persuasif

TETAP PAKAI MASKER WALAU SUDAH VAKSIN

Pengenalan Isu
Sudah hampir 2 tahun lebih berlalu, tapi Covid-19 masih tetap ada di negara kita yang tercinta ini. Namun upaya pemerintah dalam melakukan vaksin massal kepada warga Indonesia sudah banyak dilakukan. Banyak orang yang sudah melakukan vaksin merasa, akhirnya mereka bisa bebas tidak memakai masker saat bepergian kemanapun. Tapi ternyata, sudah vaksin bukanlah satu-satunya hal yang dapat mencegah tubuh kita terkena Covid-19.

Rangkaian Argumen
Satgas Covid-19 mengatakan, walau sudah melakukan vaksin dosis kedua kita tetap harus menjaga protokol kesehatan yaitu dengan tetap memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. Dengan tetap memakai masker, kita juga bisa terhindar dari segala jenis penyakit lainnya dan lebih mengefektifkan vaksin yang sudah kita terima.

Pernyataan Ajakan
Karena itu walau sudah vaksin marilah kita tetap harus menggunakan masker dan tetap selalu cuci tangan saat melakukan aktivitas. Mari kita jaga kesehatan diri sendiri dan juga orang lain di sekitar kita.

Penegasan Kembali
Demikianlah pentingnya tetap memakai masker meski sudah melakukan vaksinasi. Tapi bukan berarti kita harus tidak vaksin. Kita tetap harus vaksin untuk menguatkan tubuh kita dari virus corona.

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Teks persuasif dengan bentuk ajakan atau usaha dalam mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau berkecimpung di dunia politik adalah....

A. Teks persuasif advertensi

B. Teks persuasif politik

C. Teks persuasif propaganda

D. Teks persuasif pendidikan

Latihan Soal

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Tahukah Anda bahwa setiap harinya populasi manusia di bumi semakin bertambah? Salah satu dampak yang dihasilkannya adalah luas hutan yang semakin berkurang karena dijadikan tempat tinggal. Menurut analisis data satelit yang dirilis Universitas Maryland (UMD) dan World Resources Institute (WRI), sejak 2002, lebih dari 60 juta hektar hutan primer telah hilang di daerah tropis, setara dengan 1,3 kali luas Sumatera. Dengan begitu, pemanasan bumi semakin terasa karena meningkatnya kadar CO2.

Kutipan teks di atas merupakan teks persuasif bagian....

A. Pengenalan isu

B. Rangkaian argumen

C. Pernyataan ajakan

D. Penegasan kembali

redesain-navbar Portlet