redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Teks Tanggapan

Pengertian Teks Tanggapan Kritis 

Kita terlahir sebagai makhluk sosial sobat pintar yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya akan berinteraksi dengan berbagai macam orang dengan pandangan yang beragam. Perbedaan pendapat mestinya akan selalu kita temukan, apalagi di Indonesia yang sangat majemuk ini.

Lantas bagaimana cara kita menyampaikan pendapat yang tepat? Nah, kita perlu belajar tentang Teks Tanggapan Kritis agar tidak menyinggung perasaan orang lain dan juga bisa menggunakan bahasa yang mudah digunakan serta efisien.

Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Biasanya terjadi jika ada debat , orang B memberi kritik kepada orang A karena apa yang disampaikannya kurang pas. Bisa disebut juga dengan menganalisa suatu pendapat. Kita harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang atau teman kita saat kita memberikan pendapat. Karena setiap tanggapan yang mereka berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.

Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Adapun tujuan teks tanggapan kritis yakni untuk memilih salah satu pernyataan, karena pada teks tanggapan kritis berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Sebelum menuju pembahasan contoh teks tanggapan kritis, sebaiknya kita harus mengetahui seperti apa ciri ciri dari teks tanggapan kritis sobat pintar. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah mengenalinya.

Ciri teks tanggapan kritis ini berfungsi agar kita dapat lebih mudah untuk mengenali apakah teks yang kita baca merupakan teks tanggapan kritis atau bukan. Jika suatu teks memiliki semua ciri teks tanggapan kritis, maka dapat dikatakan bahwa teks tersebut adalah sebuah teks tanggapan kritis. Berikut ciri teks tanggapan kritis :

1.  Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.

2.  Mempunyai 3 Struktur teks yaitu : Evaluasi , Deskripsi Teks , dan Penegasan Ulang.

3.  Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis.

Latihan Soal

Yang bukan merupakan ciri teks tanggapan yaitu . . .

A. Memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar

B. Terdapat evaluasi

C. Mamuat deskripsi teks

D. Mengandung penegasan ulang

E. Terdapat saran dan kesimpulan

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis memiliki struktur yang berbeda dengan teks jenis lainnya. terdiri dari apa saja strukturnya? Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari evaluasi, deskripsi dan penegasan. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak strukturnya berikut ini:

1. Evaluasi

Evaluasi yaitu bagian awal dari teks tanggapan kritis. Di bagian evaluasi ini berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan yang telah disampaikan oleh penulis.

2. Deskripsi teks

Deskripsi merupakan bagian yang berisi tentang informasi. Informasi ini berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks berada di bagian tengah dari teks tanggapan kritis.

3. Penegasan ulang

Bagian ini merupakan penegasan ulang atau kesimpulan sekaligus saran terhadap sesuatu yang sudah diputuskan oleh individu dalam sebuah teks tanggapan kritis.

Jenis Kalimat Tanggapan

Jenis Kalimat Tanggapan

Dalam berdiskusi, kita diharuskan untuk aktif baik dengan menyampaikan pertanyaan, menyatakan pendapat, atau menanggapi suatu pendapat orang lain. Nah, dalam menanggapi suatu pendapat, kita kadang setuju, menolak, atau menyanggah pendapat seseorang sesuai dengan pola pikir kita.

Adapun untuk menanggapi suatu pendapat kita dituntut untuk menyampaikan tanggapan tersebut dengan cara yang baik dan sopan.  Berikut ini merupakan jenis jenis alimat tanggapan :

1. Contoh Kalimat Persetujuan

Secara umum, kalimat persetujuan diartikan sebagai suatu kalimat yang menyatakan kesetujuan seseorang terhadap ide, gagasan, atau pendapat orang lain. Ciri-ciri kalimat persetujuan adalah adanya kata “setuju”, “sependapat”, “sejalan”, atau kata lain yang menunjukan keberpihakan pada suatu pendapat.

Ada beberapa contoh kalimat persetujuan yang bisa Anda gunakan dalam diskusi. Berikut ini contoh-contoh tersebut:

A.  Terus terang saya sangat setuju dengan pendapat Anda!

B.  Kita sejalan! Apa yang Anda sampaikan sangat sesuai dengan apa yang saya pikirkan!

2. Contoh Kalimat Penolakan

Kalimat penolakan adalah kebalikan dari kalimat persetujuan. Kalimat penolakan adalah kalimat yang menyatakan penolakan atau pengingkaran terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat orang lain. Dalam menyampaikan kalimat penolakan, kita dituntut untuk dapat bersikap sopan sehingga orang yang pendapatnya kita tolak tidak tersinggung.

Salah satu cara untuk menimbulkan kesan sopan pada kalimat penolakan adalah adanya pembubuhan kata “maaf”, “mohon maaf”, “izin”, dan lain sebagainya. Selain itu, kalimat penolakan juga dicirikan dengan adanya kata “tidak setuju”, “tidak sejalan”, “kurang sependapat”, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh kalimat penolakan yang sopan untuk dapat Anda terapkan.

A.  Mohon maaf. Saya tampaknya tidak sejalan dengan apa yang telah Anda kemukakan.

B.  Izin menanggapi. Saya terus terang tidak setuju dengan gagasan yang Anda tawarkan.

3. Contoh Kalimat Sanggahan

Kalimat sanggahan adalah kalimat penolakan terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat yang dirangkai dengan kesan persetujuan agar tidak menimbulkan konotasi kasar dalam menyatakan penolakan. Kalimat sanggahan sering digunakan dalam diskusi untuk mempengaruhi seseorang yang pendapatnya kita tolak agar dapat menerima saran, masukan, dan pendapat kita. Selain itu, kalimat sanggahan umumnya juga dibubuhi dengan argumentasi logis yang memungkinkan penolakan kita terhadap suatu pendapat dapat diterima. Ciri ciri khusus kalimat sanggahan adalah adanya kata tetapi, namun, atau kata sambung lain yang menimbulkan pertentangan.

Adapun berikut ini beberapa contoh kalimat sanggahan yang dapat Anda kembangkan untuk menghadapi diskusi yang panas.

A.  Pada dasarnya saya setuju dengan pendapat Anda, akan tetapi tentu menjadi lebih baik bila kita memperhatikan unsur estetika atau keindahan dari karya seni yang kita buat.

B.  Pada prinsipnya pendapat Anda sudah sangat baik, namun menurut saya akan menjadi lebih baik lagi bila kita juga melakukan perencanaan yang matang. 

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Selain terdapat struktur dan ciri-ciri, teks tanggapan kritis terdapat kaidah pembahasan. Apa saja kaidah pembahasannya? Mari simak ulasannya berikut ini:

1.  Kalimat yang biasa digunakan dalam teks tanggapan kritis termasuk kalimat yang bersifat kompleks. Komplek disini dalam artian kalimat yang terdiri dari 2 verba dan 2 stuktur.

2.  Teks tanggapan kristis menggunakan konjungsi atau penghubung. Konjungsi bertujuan untuk menghubungkan antar kalimat dalam teks tanggapan kritis.

3.  Menggunakan pilihan kata. Tujuan dari pemilihan kata ini agar bisa memilih kata yang yang tepat untuk digunakan dalam teks tanggapan kritis.

4.  Teks yang menggunakan rujukan. Rujukan ini biasanya digunakan sebagai penguat argumen yang disampaikan oleh penulis, karena dalam penulisannya teks tanggapan kritis memang harus membutuhkan bukti.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Fenomena Alam

Gerhana Matahari dan Mitos Kebutaan

Evaluasi

Berbicara mengenai gerhana matahari, mungkin banyak diantara kita yang bertanya, sebenarnya melihatnya secara langung bisa menyebabkan buta, itu sebuah mitos atau fakta?

Deskripsi

Ketika menanggapi tentang fenomena alam tentunya kita bisa mengetahuinya lewat ilmu sains. Namun sebenarnya gerhana matahari itu?

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena dimana posisi bumi, matahari dan bulan sejajar dan berada pada satu garis lurus. Pada saat itu Bulan akan melintas diantara bumi dan matahari, untuk beberapa waktu cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan Bulan.

Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi matahari, korona matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi oleh bulan. Lantas apa hubungan fenomena tersebuat dengan kebutaan mata?

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara langsung bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.

Yang benar ialah cahaya matahari pada saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung sebab dapat merusak mata, lebih tepatnya pada bagian retina.

Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap kamu memandang, dan penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya bisa jadi ketika fase gerhana Matahari total terjadi, suasana menjadi sangat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin . Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali, perpindahan dari gelap menjadi terang itulah yang sangat berbahaya.

Penegasan Ulang

Melihat dari faktor yang sudah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern. Faktanya sinar matahari sangat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik ketika gerhana atau dalam kehidupan sehari-hari.

Latihan Soal

Yang tidak termasuk kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis adalah . . .

A. Kalimat bersifat sederhana

B. Menggunakan konjungsi atau penghubung

C. Menggunakan pilihan kata

D. Menggunakan rujukan

E. Bersifat kompleks

redesain-navbar Portlet