redesain-navbar Portlet

Blog

Prospek Kerja Teknik Informatika Peluang Gaji Besar

Suatu profesi tak selalu diraih melalui satu jalan saja.

Prospek Kerja Teknik Informatika, image by Christina Morillo from pexels

Salah satu prospek Teknik Informatika yang cukup digemari saat ini adalah software developer. Sudahkah Sobat Pintar mengenal profesi ini? Ayo, cari tahu lebih banyak tentang prospek Jurusan Teknik Informatika, Sobat!

 

Software Developer, Apa Itu?

Prospek kerja Informatika sebagai software developer artinya kita menciptakan, mengembangkan, dan memodifikasi program atau software komputer. Pula, seorang software developer diharapkan mampu menganalisis kebutuhan user, kemudian merancang dan mengembangkan software yang sesuai dengan kebutuhan user tersebut.

Seluruh pekerjaan Teknik Informatika di atas bukan menu baru bagi Sarjana Komputer dari Jurusan Teknik Informatika. Sedari berstatus sebagai mahasiswa, Jurusan Teknik Informatika sudah sangat akrab dengan pemanfaatan teknologi komputer. Apalagi, mereka yang memilih untuk kuliah di Jurusan Teknik Informatika memang rata-rata memiliki penalaran, ketelitian, hingga kreativitas yang baik.

 

Pengetahuan Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Software Developer?

Lantas, apakah setelah lulus kuliah dari Jurusan Teknik Informatika, berarti seseorang bisa menjadi software developer yang handal? The answer is, unfortunately, no. Serupa dengan bidang pekerjaan yang lain, pekerjaan Teknik Informatika juga membutuhkan jam terbang, Sobat.

Menjadi seorang software developer artinya kita harus terus bertumbuh dengan belajar. Dengan kata lain, tak ada masa berhenti belajar bagi seorang software developer. Jika pekerjaan Teknik Informatika ini sudah menjadi cita-citamu, pastikan Sobat terus mengembangkan diri di bidang:

- Elektronik dan komputer: tentang aplikasi, pemrograman, perangkat keras, perangkat lunak, dan lain sebagainya

- Rekayasa dan teknologi: pahami bagaimana menerapkan prinsip, prosedur, teknik desain dan produksi barang/ jasa

- Bahasa Inggris: kenali struktur, tata bahasa, komposisi, kata, ejaan, hingga artinya

- Matematika: kuasai statistik, kalkulus, geometri, aljabar, aritmatika, dan aplikasinya

Wah, banyak juga yang harus dikuasai oleh seorang software developer ya, Sobat? Ternyata menekuni salah satu prospek kerja Informatika ini tak cukup hanya berbekal ijazah kuliah saja!

 

Kemampuan Apa Saja yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan Teknik Informatika?

Sensitivitas dalam menghadapi masalah dan sikap yang fleksibel sangat dibutuhkan seorang software developer dalam bekerja. Bagaimanapun juga, peluang kerja Teknik Informatika di bidang pemrograman memang tak terbatas pada sekedar membangun dan mengembangkan sebuah sistem ataupun aplikasi.

Selain software developer, berbagai peluang kerja Teknik Informatika berikut ini memerlukan kemampuan penaralan deduktif-induktif dan kreativitas yang setara:

- game developer

- software tester

- programmer

- konsultan IT

- network engineer

- computer forensic investigator

- cloud architect

- system analyst

- software engineer

- quality assurance analyst

- UX researcher

- database administrator

- SEO specialist

- data scientist

- cyber security analyst

- web designer

­- iOS developer

- back/front end developer

- full stack developer, dan lain-lain.

Pada setiap prospek Teknik Informatika di atas, ada keterampulan identifikasi dan penyelesaian masalah yang cukup kompleks yang terlibat di dalamnya. Nah, apakah Sobat Pintar siap untuk belajar di Jurusan Teknik Informatika sebagai langkah awal kariermu di bidang IT?

 

Belajar di Mana untuk Menjadi Software Developer ataupun Prospek Teknik Informatika yang Lain?

As it's mentioned, software developer adalah salah satu peluang kerja Teknik Informatika. Akan tetapi, karakter dari profesi software developer mengharuskanmu untuk terus belajar dan berkembang secara mandiri. Sehingga, kuliah di Jurusan Teknik Informatika bukan satu-satunya cara untuk menjadi seorang software developer.

Selain kuliah di Jurusan Teknik Informatika, Sobat Pintar boleh mempertimbangkan belajar di Jurusan Ilmu Komputer. Sebenarnya kedua jurusan ini tak jauh berbeda. Sebagai gambaran sederhana, Teknik Informatika adalah jurusan di ITB, sedangkan Ilmu Komputer berada di UI.

Jurusan lain yang bisa dijadikan sumber bekal ilmu software development yaitu Sistem Informasi. Perlu diketahui, Sistem Informasi tak sama dengan Teknik Informatika ya, Sobat.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga bisa menjadi pilihan Sobat yang ingin belajar software development di bangku SMK. Meskipun tak banyak, beberapa kampus swasta sekarang sudah memiliki jurusan Software Engineering yang sering disamakan dengan RPL. The choice is, indeed, all yours, Sobat.

 

Bisakah Belajar tentang Software Development tanpa Kuliah Teknik Informatika?

Saat ini, sudah banyak kampus dengan Jurusan Teknik Informatika terbaikOne of your best options may lay here.

Anyway, jika Sobat Pintar ingin menjadi seorang software developer tanpa latar belakang pendidikan formal, coding bootcamp bisa menjadi alternatifmu mengembangkan diri di dunia IT. Share ilmu dari instruktur programming yang sudah berpengalaman dapat membantumu menjadi seorang software developer profesional.

Masih ada pula cara lain untuk menjadi seorang software developer, ataupun pekerjaan Teknik Informatika yang lain, yaitu dengan belajar secara mandiri atau otodidak. Memang dibutuhkan kedisiplinan diri untuk belajar mandiri, tapi bukan tak mungkin untuk dilakukan. So, manakah jalan yang akan Sobat pilih untuk menjadi seorang software developer?

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet